Bantuan

Ini Cara Atasi Sakit Gigi Saat Puasa yang Tidak Membatalkan Puasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Apr 2022

Bagikan

cara mengatasi sakit gigi

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara atasi sakit gigi saat puasa? Sakit gigi saat puasa, merupakan salah satu kondisi yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, Anda sudah haus dan lapar masih dihadapkan dengan rasa sakit yang kadang tidak tertahankan. 

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi ini tanpa harus batal puasa. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti terus penjelasan yang ada di dalam artikel ini. 

Cara Atasi Sakit Gigi Saat Puasa

Lantas bagaimana cara atasi sakit gigi saat puasa tersebut? Perlu diketahui, beberapa cara berikut mungkin membuat Anda bertanya, benarkah cara tersebut tidak membuat puasa jadi batal. Selama Anda tidak memasukkan apa pun ke dalam tubuh, cukup sampai di mulut saja, maka puasa Anda tidak batal. Jadi, pastikan tidak menelan beberapa obat yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Adapun cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi saat puasa agar tidak batal, adalah sebagai berikut. 

  1. Mengompres gigi sakit dengan es batu

Cara yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan mengompres gigi yang sakit dengan es batu. Berkat sensasi dingin dari es batu ini, akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga rasa nyeri akan mereda. Tidak hanya itu, kompres es batu ini juga mampu meredakan pembengkakan dan peradangan. Caranya cukup mudah, yaitu bungkus es batu menggunakan kain lembut lalu tempelkan ke area yang sakit. 

  1. Menggunakan air garam untuk berkumur

Cara atasi sakit gigi saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu berkumur menggunakan air garam. Hal ini karena, garam memiliki sifat analgesik yang mampu meredakan rasa nyeri. Tidak hanya itu, air garam juga mampu membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Caranya yaitu dengan mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah beberapa saat namun jangan sampai tertelan. 

  1. Menggunakan cairan hidrogen peroksida untuk berkumur

Selain berkumur dengan air garam, Anda juga bisa menggunakan cairan hidrogen peroksida untuk berkumur. Namun saat Anda menggunakan carian ini perlu berhati-hati, karena cairan hidrogen peroksida murni dapat membuat gusi menjadi terluka. Oleh karena itu, Anda perlu mencampurkan hidrogen peroksida dengan air terlebih dahulu sebelum menggunakan untuk berkumur. 

  1. Mengoleskan minyak cengkeh

Apakah Anda memiliki minyak cengkeh di rumah? Jika ada, maka Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi sakit gigi saat puasa. Pasalnya, minyak cengkeh ini memiliki sifat sebagai anestesi alami, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh ke kapas. Setelah itu tempelkan pada gigi yang terasa sakit beberapa saat.

  1. Mengistirahatkan tubuh dengan kepala lebih tinggi

Apabila Anda tidak tahan dengan rasa sakitnya, cobalah untuk berbaring dan beristirahat sejenak. Akan tetapi, pastikan kepala Anda lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga peredaran darah menuju kepala tetap lancar. Jika peredaran darah ini terhambat, maka akan membuat sakit semakin parah. 

Penyebab Sakit Gigi

Agar sakit gigi tidak datang lagi, tentunya Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab sakit gigi ini. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan Anda mengalami sakit gigi

  • Jarang menyikat gigi: Penyebab sakit gigi yang paling sering yaitu jarang menyikat gigi. Hal ini membuat mulut dan gigi menjadi kotor dan bakteri bisa tumbuh dengan subur. Jadi, wajar saja orang yang jarang sikat gigi sering mengalami sakit gigi. 

  • Terlalu banyak mengonsumsi makan manis: Puasa identik dengan berbuka yang manis-manis. Akan tetapi, terlalu banyak konsumsi makan manis dapat membuat jaringan di sekitar gigi rusak, sehingga menimbulkan  sakit gigi. 

  • Makan dan minuman terlalu panas: Saat Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, dapat membuat gigi menjadi sensitif. Ditambah lagi saat puasa produksi air liur berkurang sehingga bisa berdampak pada sakitnya gigi 

Demikianlah penjelasan mengenai cara atasi sakit gigi saat puasa yang tidak membuat puasa batal. Apabila sakit gigi yang Anda alami tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sering Dikeluhkan, Coba Lakukan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cronkleton, Emily. 2021. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache

WebMD. 2020. Toothache Home Remedies. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache 

Johnson, Jon. 2019. How to get rid of a toothache at night. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133#9-remedies

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang