Bantuan

Sering Dikeluhkan, Coba Lakukan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Apr 2022

Bagikan

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut saat puasa? Bau mulut merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi saat bulan Ramadan. Bau mulut ini wajar terjadi, karena mulut tidak mengunyah makanan dan minuman selama beberapa jam. Kondisi ini membuat air liur berkurang, sehingga sisa-sisa makanan tidak dapat dibersihkan. Pada akhirnya sisa-sisa makanan ini mengeluarkan bau tidak sedap. 

Bau tidak sedap ini membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri, terutama yang memiliki banyak aktivitas bersama orang lain. Namun sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa Anda lakukan. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Lantas apa saja cara menghilangkan bau mulut saat puasa tersebut? Bagi Anda yang ingin bebas dari bau mulut saat puasa, wajib perhatikan beberapa tips di bawah ini. 

  1. Jangan lupa menyikat gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama yaitu jangan pernah melupakan sikat gigi. Sebaiknya Anda menyikat gigi saat setelah sahur dan berbuka. Dengan begitu, sisa-sisa makanan yang ada di mulut dapat terangkat. Pasalnya, sisa-sisa makanan ini dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak dan menimbulkan bau tidak sedap. Jangan lupa juga rutin mengganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali. 

  1. Berkumur dengan obat kumur

Menyikat gigi saja sebenarnya tidak cukup, oleh karena itu Anda perlu berkumur dengan obat kumur. Obat kumur ini mampu membunuh bakteri yang berada di tempat-tempat yang tidak terjangkau sikat gigi. Dengan begitu, bakteri penyebab bau mulut saat puasa akan hilang. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya pilihlah obat kumur yang bebas alkohol namun dapat membunuh bakteri di dalam mulut. 

  1. Bersihkan lidah

Rangkaian terakhir dalam membersihkan mulut yaitu membersihkan bagian lidah. Mungkin beberapa dari Anda jarang membersihkan bagian ini, karena menganggapnya bersih. Namun sebenarnya, lidah merupakan sarang bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Jika Anda ingin membersihkan lidah, tidak perlu menggunakan pasta gigi. Cukup gunakan alat pembersih lidah yang higienis. 

  1. Minum air putih

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang selanjutnya yaitu dengan minum air putih. Mungkin Anda bertanya-tanya, semalam puasa tidak boleh makan dan minum, lalu bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya, Anda tidak perlu minum  di siang hari. Anda hanya perlu mencukupi kebutuhan  cairan saat diperbolehkan makan dan minum. Jadi, dari berbuka puasa hingga sahur, pastikan minum air sejumlah yang dibutuhkan tubuh. 

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Anda juga bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Hal ini karena, buah dan sayur memiliki kandungan mineral, vitamin dan air yang dapat meningkatkan produksi air liur. Berkat air liur yang banyak ini, maka bakteri dan kuman di dalam mulut dapat dicegah pertumbuhannya. Jadi, mulailah memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka puasa. 

  1. Hindari makan manis

Mungkin Anda sudah sangat familier dengan slogan, berbukalah dengan yang manis-manis. Namun  tahukah Anda, sebenarnya berbuka dengan yang manis dapat menjadi penyebab bau mulut saat puasa, pasalnya, makanan manis ini dapat membuat bakteri penyebab bau mulut dapat berkembang biak dengan pesat. Oleh karena itu, sebaiknya batasi terlebih dahulu makanan manis jika tidak ingin memiliki mulut yang bau. 

  1. Jaga gusi tetap sehat

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu menjaga gusi tetap sehat. Hal ini karena, bukan hanya gigi yang menjadi penyebab bau mulut. Pasalnya di dasar gigi sering kali ditemukan bakteri yang berkumpul sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Untuk dapat memastikan kondisi gusi yang Anda miliki, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa Anda lakukan. Apabila bau mulut tidak kunjung menghilang, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya dapat diketahui.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga:  Mengapa Mulut Terasa Pahit Saat Puasa? Ini Dia Jawabannya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Seeber, Barbara H. 2016. 11 Ways to Fight Bad Breath Naturally. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ways-fight-bad-breath-naturally/

Jaret, Peter. 2015. What You Can Do About Bad Breath. https://www.webmd.com/oral-health/features/get-rid-bad-breath?page=1 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang