Bantuan
Free Tele x

Seluk Beluk Tentang Psoriasis yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Seluk Beluk Tentang Psoriasis yang Perlu Diketahui

Termasuk salah satu jenis penyakit kulit, kondisi psoriasis sejatinya jauh berbeda dengan jenis penyakit kulit lainnya, yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Selain itu, penyakit kulit ini juga tidak termasuk ke dalam jenis penyakit menular layaknya jenis penyakit kulit lain. 

Psoriasis merupakan penyakit yang berhubungan dengan jaringan kulit dan bahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kondisi psoriasis membuat penderitanya memiliki kulit yang tampak merah, kering, mudah terkelupas, dan terasa sangat gatal. Umumnya kondisi ini terjadi pada daerah siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bagian bawah. 

Penyebab Psoriasis

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan psoriasis. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya gejala penyakit psoriasis. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit psoriasis. 

  1. Autoimun 

Autoimun itu sendiri merupakan suatu kelainan pada imun. Pada dasarnya, imun merespon serangan berbahaya dari berbagai mikroorganisme seperti virus, parasit, jamur. Akan tetapi, kondisi autoimun justru membuat imun menyerang dan menghancurkan sel-sel sehat. Gangguan ini dapat menyebabkan reaksi yang berlebihan dari sel limfosit T di dalam sel darah sehingga memproduksi zat sitokin yang berlebihan. Kondisi inilah yang memicu terjadinya peradangan pada kulit dan organ lainnya. 

Baca Juga: Sistem Imun Manusia Menyerang Tubuh, Autoimun Artinya?

  1. Genetik 

Penyebab psoriasis yang selanjutnya, yaitu genetik. Pada saat genetik di dalam tubuh mengalami kelainan maka sistem kerja yang berkaitan dengan genetik bisa terpengaruh.  Hal ini karena genetik sangat berperan dalam fungsi fisiologis di dalam tubuh. Dalam sebuah studi ditemukan mutasi gen CARD14 lah yang memicu munculnya penyakit psoriasis. Dalam penelitian lain ditemukan mutasi gen inilah yang menjadi penyebab psoriasis. 

Gejala Psoriasis

Setelah mengetahui apa penyebab penyakit psoriasis, Anda juga perlu tahu apa saja gejala atau tanda-tanda psoriasis. Gejala yang muncul akan berbeda-beda dan tergantung dari jenis psoriasis yang dialami. Berikut ini beberapa gejala psoriasis berdasarkan jenisnya. 

  1. Psoriasis gutata

Psoriasis gutata merupakan psoriasis yang biasanya dialami oleh anak-anak hingga remaja. Psoriasis jenis ini akan menimbulkan gejala berupa benjolan kecil di kulit secara tiba-tiba yang umumnya menutupi bagian kaki dan lengan. Selain itu, benjolan kecil yang muncul ini biasanya disertai sisik dan berwarna merah muda. Akan tetapi, teksturnya tidak terlalu tebal. 

  1. Psoriasis plak

Psoriasis merupakan jenis penyakit psoriasis yang paling umum. Beberapa gejala yang biasanya muncul akibat jenis ini, yaitu bercak merah pada kulit, lapisan kering, kulit pecah-pecah, rasa gatal, dan sensasi terbakar. Umumnya gejala ini muncul di kulit kepala, lutut, siku, dan punggung bawah. Namun tidak hanya itu, terkadang penyakit ini juga dapat menyebarkan ke kuku dan tangan. 

  1. Psoriasis inversa

Jenis psoriasis yang satu ini umumnya muncul di bagian lipatan bokong, ketiak, dan alat kelamin. Beberapa gejala yang muncul yaitu kulit terasa sakit, bercak merah halus di kulit, peradangan pada kulit yang semakin memburuk saat bergesekan, dan muncul lapisan putih keperakan yang tipis. Pada umumnya, psoriasis inversa ini disebabkan oleh infeksi jamur di kulit. 

  1. Psoriasis pustulosa

Untuk jenis psoriasis yang satu ini, biasanya akan timbul gejala-gejala seperti kulit kemerahan dan membengkak. Selain itu, biasanya timbul pula gejala seperti muncul benjolan-benjolan berisi nanah, terasa nyeri di kulit hingga munculnya titik-titik berwarna coklat ketika benjolan mengering. Tidak hanya gatal, psoriasis pustulosa ini menyebabkan penderitanya merasakan sakit ketika beraktivitas dengan tangan atau kaki. 

  1. Psoriasis arthritis

Berbeda dengan jenis psoriasis lainnya, psoriasis arthritis dapat menyerang bagian sendi mana pun yang ada di tubuh seseorang. Apabila sudah terserang psoriasis ini, sendi akan kaku, rusak hingga pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk sendi yang bersifat permanen. 

Demikianlah penjelasan mengenai psoriasis, yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda atau orang terdekat mengalami gejala-gejala dari psoriasis sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi, seperti hipertensi, penyakit ginjal, diabetes tipe 2 hingga penyakit autoimun lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Mayo Clinic. 2020. Psoriasis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/symptoms-causes/syc-20355840
  2. ADD. Psoriasis: Causes. https://www.aad.org/public/diseases/psoriasis/what/causes#Treatment
  3. Stuart, Annie. 2020. 7 Types of Psoriasis. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/psoriasis-types
  4. Holland, Kimberly. 2020. Everything You Need to Know About Psoriasis. https://www.healthline.com/health/psoriasis
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami