Bantuan

Hipertensi Disebabkan oleh Gaya Hidup yang Tidak Sehat, Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

hipertensi karena gaya hidup

Tahukah Anda, ternyata hipertensi disebabkan oleh kebiasan buruk yang Anda lakukan sendiri. Hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di atas batas normal. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, sebelum terlanjur mengalaminya Anda perlu mengetahui apa saja penyebab hipertensi ini. 

Penyebab Hipertensi

Seperti disebutkan sebelumnya, hipertensi disebabkan oleh berbagai kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Lantas apa saja kebiasan buruk tersebut? Berikut ini beberapa kebiasan buruk yang menjadi penyebab hipertensi yang perlu Anda hindari. 

  1. Asupan garam berlebihan

Makanan tanpa garam akan terasa hambar dan terasa tidak enak. Namun, jika berlebihan maka dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Pasalnya, garam atau natrium ini dapat membuat ginjal sulit untuk membuang sisa cairan dalam tubuh. Pada akhirnya, terjadi penumpukan cairan sehingga tekanan darahnya meningkat. Tidak hanya itu, asupan garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan pembuluh darah arteri akan tertekan. Jadi, perhatikan asupan garam Anda baik dalam masakan dan juga makanan kemasan. 

  1. Malas bergerak

Mager atau malas bergerak sepertinya saat ini menjadi hal yang lumrah terdengar. Namun tahukah Anda, hal ini merupakan salah satu kebiasan buruk yang menyebabkan naiknya tekanan darah. Pasalnya, orang yang malas bergerak akan menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan menyalurkan ke seluruh tubuh. Kerja keras yang dilakukan jantung ini akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Padahal Anda cukup melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, maka jantung menjadi lebih sehat. 

  1. Merokok

Selain malas bergerak, hipertensi disebabkan oleh merokok. Hal ini karena di dalam rokok terdapat zat-zat yang berbahaya. Salah satunya nikotin yang dapat merusak lapisan pembuluh arteri. Kondisi ini menyebabkan pembuluh arteri akan menyempit sehingga aliran darah menjadi terhambat. Oleh karena itu, jika Anda seorang perokok sebaiknya untuk berhenti sekarang juga. Pasalnya, rokok dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada tubuh. 

  1. Mengonsumsi minuman keras

Kebiasan buruk yang menjadi penyebab hipertensi yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yaitu mengonsumsi minuman keras atau alkohol secara berlebihan. Jika Anda mengonsumsi minuman keras sebanyak 3 gelas dalam sekali waktu, maka dapat menyebabkan naiknya tekanan darah sementara. Namun jika Anda mengonsumsinya berulang kali, maka naiknya tekanan darah akan berlangsung dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena alkohol akan menyebabkan meningkatnya kadar lemak yang menyumbat pembuluh darah. 

  1. Stres terlalu sering

Tahukah Anda, saat Anda stres maka tensi darah Anda akan naik. Pasalnya, saat Anda stress, maka tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat menyebabkan denyut jantung meningkat. Tidak hanya itu, hormon yang dilepaskan tubuh ini juga menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit sehingga tekanan darah pun meningkat. Jadi, sebaiknya Anda mulai mencari cara untuk mengendalikan stres Anda akan tidak berkepanjangan. 

  1. Obesitas

Makan merupakan hal yang banyak disukai oleh banyak orang. Akan tetapi, Anda juga perlu mengendalikan nafsu makan Anda agar berat badan tidak berlebihan. Pasalnya, berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menyebabkan hipertensi. Pasalnya, semakin berat tubuh Anda maka semakin banyak darah yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh. Tentu saja hal ini membuat jantung akan bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah. 

  1. Kurang tidur

Kebiasaan buruk terakhir yang menjadi penyebab hipertensi adalah kurang tidur. Mungkin banyak dari Anda yang merelakan waktu tidurnya untuk bermain game atau menonton film favorit. Pasalnya, saat Anda tidur maka tekanan darah akan menurun. Jadi, jika Anda kurang tidur maka tekanan darah tidak akan menurun bahkan menjadi lebih tinggi. Jadi, sebaiknya cukupi waktu tidur Anda minimal 7-8 jam sehari. Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur, cobalah untuk menjadi tips agar bisa tidur lebih cepat.

Nah, itulah dia beberapa hal yang menjadi penyebab hipertensi. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar hipertensi disebabkan oleh perilaku diri sendiri yang tidak peduli pada kesehatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Deretan Makanan untuk Hipertensi yang Bisa Anda Konsumsi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Penn Medicine. 2019. How 5 Bad Habits Affect Your Heart Health .https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/heart-and-vascular-blog/2019/september/how-5-bad-habits-affect-heart-health

Mayo Clinic. Sleep deprivation: A cause of high blood pressure?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/sleep-deprivation/faq-20057959

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang