Bantuan

Ampuh dan Efektif, Begini Cara Mengusir Semut yang Mengganggu di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Ampuh dan Efektif, Begini Cara Mengusir Semut yang Mengganggu di Rumah

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengusir semut yang mengganggu di rumah? Mungkin beberapa dari Anda sering merasa terganggu dengan kehadiran semut yang selalu mengerubungi minuman hingga makanan. Bahkan, ada sedikit remahan makanan dan tumpahan minuman manis akan langsung mengundang hewan terbanyak di dunia ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa terganggu dengan kehadiran semut ini di rumah wajib menyimak penjelasan dalam artikel ini. 

Cara mengusir semut

Mungkin beberapa dari Anda sering mengusir semut dengan cara menyemprotkan semprotan serangga. Namun, terlalu sering menggunakan cara ini bisa berakibat buruk pada kesehatan. Pasalnya, beberapa semprotan serangga ini mengandung bahan kimia sehingga berbahaya jika terkena makanan atau minuman. 

Lalu bagaimanakah cara mengusir semut yang mengganggu di rumah yang aman? Mari simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan cara mengusir semut yang mengganggu dengan baik dan benar. 

  1. Menyemprotkan cairan cuka

Cara yang bisa Anda lakukan pertama untuk mengusir semut yaitu dengan menyemprotkan cairan cuka. Hal ini karena, aroma yang dimiliki cuka tidak disukai oleh semut. Bahkan, saat cairan cuka suka kering pun tetap bisa dicium oleh semut dan semut akan menghindarinya. Cara menggunakannya yaitu dengan menyemprotkan cairan cuka pada area yang sering dilewati oleh semut. 

  1. Menaburkan tepung terigu

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengusir semut yang mengganggu yaitu dengan menaburkan tepung terigu. Anda cukup taburkan tepung terigu pada bagian-bagian yang sering dilewati oleh semut seperti belakang rak. Semut tidak akan berani untuk melewati barisan tepung yang sudah Anda taburkan sebelumnya. 

  1. Menyemprotkan cairan lemon

Anda juga bisa menggunakan bahan alami lain untuk mengusir semut, salah satunya yaitu lemon. Pasalnya, lemon memiliki aroma asam yang tidak disukai semut. Cara menggunakannya yaitu dengan menyemprotkan air perasan lemon ke bagian yang tidak ingin ditempati semut. Anda juga bisa meneteskan perasan lemon langsung ke sarang semut dan meletakkan irisan kulit lemon pada lokasi-lokasi tertentu. 

  1. Menaburkan bubuk lada

Semut tidak menyukai aroma cabai bubuk. Saat semut mencium aroma cabe bubuk, mereka akan menghindar dan enggan untuk mendekat. Jadi, Anda bisa menggunakan bubuk lada ini sebagai bahan alami pengusir semut. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk lada sepanjang garis atau jalur yang sering dilalui oleh semut. Anda juga bisa menaburkannya di sekitar tembok atau meja makan, agar semut tidak mendekati makanan yang ada di meja. 

  1. Menaburkan garam

Tahukah Anda, salah satu bahan yang sudah pasti ada di setiap dapur yaitu garam juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir semut. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menaburkan garam membentuk gundukan dengan ketebalan 3 cm di sekitar sarang semut. Anda juga bisa membuat gundukan garam ini di pinggir teras untuk memblokir semut masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, semut tidak bisa pergi dari sarangnya dan tidak berani masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Rumahan Lainnya

  1. Menaburkan ampas kopi

Anda sering minum kopi? Sebaiknya ampasnya jangan dibuang, karena bisa digunakan untuk mengusir semut yang mengganggu di rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menaburkan ampas kopi ke halaman rumah yang sering dijadikan sebagai sarang semut. Dengan begitu, semut akan enggan membuat sarang di sekitar rumah Anda. 

  1. Menyemprotkan minyak peppermint

Cara mengusir semut yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan menyemprotkan minyak peppermint. Pasalnya, minyak peppermint merupakan pembasmi serangga alami. Caranya yaitu dengan mencampurkan 500 ml air dengan 10-20 tetes minyak peppermint. Setelah itu, Anda hanya perlu menyemprotkan campuran tersebut ke pintu dan tembok agar semut tidak masuk rumah. Selain itu, semprotkan juga pada kaki-kaki meja makan, agar semut tidak dapat naik meja. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengusir semut yang mengganggu di rumah. Selain menerapkan beberapa cara tersebut, Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah seperti tidak membiarkan remahan makanan begitu saja agar tidak mengundang semut untuk datang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Durairaj, Amialya & Corey Whelan. 2021. How to Kill and Repel Ants Safely. https://www.healthline.com/health/how-to-kill-ants#are-ants-harmful
Bagikan artikel ini