Bantuan

Bunda Wajib Tahu! Ini Tips agar ASI Tetap Banyak Saat Puasa di Bulan Ramadan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

agar ASI tetap banyak saat puasa

Halo ibu menyusui, sudahkah Anda tahu bagaimana tips agar ASI tetap banyak saat puasa? Bagi sebagian ibu menyusui, terkadang khawatir saat memasuki bulan Ramadan karena ditakutkan produksi ASI mengalami gangguan. Padahal, selama memiliki kondisi tubuh yang sehat, maka Anda bisa berpuasa meskipun sedang menyusui.

Selama bulan Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Tentu saja, tidak makan dan minum selama berpuasa ini akan memberikan pengaruh pada produksi ASI. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar produksi ASI tetap banyak saat puasa. , 

Tips agar ASI Tetap Banyak Saat Puasa

Lantas apa saja tips agar ASI tetap banyak puasa tersebut? Tanpa perlu berbasa-basi lebih lama lagi, mari simak beberapa tips agar ASI tetap banyak saat puasa di bawah ini. 

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Tips agar ASI tetap banyak saat puasa yang pertama yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selama menyusui, Anda memerlukan kebutuhan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Pasalnya, bila Anda mengalami kekurangan cairan maka akan berpengaruh pada pasokan ASI. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, Anda bisa minum beberapa gelas saat berbuka, menjelang salat Tarawih, setelah salat Tarawih, sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan sahur. 

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi merupakan salah satu tips penting yang perlu Anda lakukan agar ASI tetap lancar. Selain sebagai energi untuk menjalankan puasa seharian, makanan yang dikonsumsi ibu juga akan berpengaruh pada kesehatan anak. Jadi, sebisa mungkin sajikan makanan yang sehat saat sahur ataupun  berbuka puasa. Nutrisi penting yang Anda perlukan yaitu vitamin, lemak, protein dan karbohidrat. 

  1. Konsumsi makanan yang melancarkan ASI

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mampu merangsang ASI menjadi lancar. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyusui si kecil tanpa takut ASI tidak lancar. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan ASI yaitu sayuran berdaun hijau seperti kelor, bayam dan katuk. Selain itu, Anda juga bisa melancarkan ASI dengan mengonsumsi kacang almon atau biji wijen.

  1. Pastikan waktu istirahat cukup

Tips agar ASI tetap banyak saat puasa yang selanjutnya yaitu pastikan waktu istirahat telah terpenuhi. Mungkin beberapa ibu hamil mengalami masalah yang sama yaitu kurang tidur karena harus tetap terjaga saat anak bangun di tengah malam. Oleh karena itu, saat memiliki waktu untuk beristirahat maka gunakanlah untuk tidur. Usahakan juga menyempatkan  waktu untuk tidur siang walaupun hanya 1 jam. 

  1. Pijat payudara saat malam hari

Memijat payudara di malam hari merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar ASI tetap banyak saat puasa. Dengan memijat payudara ini, maka tubuh akan terasa lebih rileks sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar. Ada beberapa teknik pijatan payudara yang bisa Anda lakukan. Untuk melakukannya dengan benar, cobalah cari tutorial memijat payudara. 

  1. Tingkatkan frekuensi menyusui

Tahukah Anda, ternyata meningkatkan frekuensi menyusui dapat membuat ASI tetap banyak saat puasa. Pasalnya, saat sedang menyusui, maka puting akan mengalami rangsangan yang memicu let down reflex. Let down reflex merupakan suatu kondisi di mana otot-otot payudara telah berkontraksi sehingga siap mengeluarkan ASI. 

  1. Perah ASI sebelum tidur

Tips agar ASI tetap banyak saat puasa yang terakhir yaitu memerah ASI sebelum tidur. Hal ini dilakukan karena malam hari merupakan waktu yang di mana ASI diproduksi lebih banyak. Dengan memerah ASI sebelum tidur ini, maka Anda memiliki cadangan ASI untuk  si kecil yang cukup. Sebelum mulai memerah ASI, sebaiknya pijat payudara dengan perlahan agar ASI menjadi lebih banyak. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai tips agar ASI tetap banyak saat puasa yang bisa Anda lakukan. Untuk memastikan apakah Anda bisa berpuasa saat sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Semoga Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan  sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ketahui Berbagai Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat Berikut ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Patwal, Swati. 2022. 5 Useful Tips For Intermittent Fasting When Breastfeeding. https://www.momjunction.com/articles/tips-to-make-fasting-easier-while-breastfeeding_00119775/#gref

Murray, Donna 2021. How to Increase Breast Milk Supply by Pumping. https://www.verywellfamily.com/pumping-and-increasing-the-supply-of-breast-milk-431851

Healthline. 2018. 5 Ways to Increase Breast Milk Production. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-breast-milk

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang