Ingin Tingkatkan Produksi ASI? Coba Cara Pijat Laktasi Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Ingin Tingkatkan Produksi ASI? Coba Cara Pijat Laktasi Berikut Ini

Pijat laktasi merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam meningkatkan produksi ASI bagi Anda yang sedang menyusui. Tentunya banyak dari kita yang mengetahui pentingnya ASI bagi proses tumbuh kembang si kecil. Dalam hal ini, ASI yang tidak lancar dapat sangat mengganggu proses pemberian ASI ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir ketika menghadapi permasalahan ini, karena pijat laktasi dapat menjadi solusi terbaik. Pijat laktasi itu sendiri merupakan teknik pemijatan yang dapat melancarkan produksi ASI, terutama apabila ditemukan sumbatan di payudara.


Manfaat Pijat Laktasi

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda temukan apabila melakukan pijat laktasi. Dalam hal ini, beberapa manfaat pijat laktasi adalah sebagai berikut. 

  1. Melancarkan produksi ASI

Manfaat dari melakukan pijat laktasi yang pertama yaitu dapat melancarkan produksi ASI. Pada umumnya, wanita yang baru saja melahirkan tidak memiliki ASI yang berlimpah. Hal ini disebabkan karena belum stabilnya produksi ASI di dalam payudara. Nah, ASI yang belum lancar setelah melahirkan ini dapat dilancarkan dengan melakukan pijat laktasi. 

  1. Relaksasi bagi ibu menyusui

Ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Oleh karena itu, setelah melahirkan ibu menyusui membutuhkan relaksasi untuk membuat tubuhnya menjadi lebih nyaman dan rileks. Dalam hal ini pijat laktasi dapat membantu ibu menyusui merasa lebih nyaman dan rileks. 

  1. Mengencangkan payudara

Manfaat pijat laktasi yang selanjutnya yaitu dapat mengencangkan payudara. Pada wanita yang pernah melahirkan, terutama pasca menyusui akan mengalami perubahan postur tubuh dan payudara yang signifikan. Dalam hal ini, pijat laktasi tidak hanya berguna untuk melancarkan ASI namun juga membuat payudara tetap kencang. 


Cara Melakukan Pijat Laktasi

Sebelum mulai melakukan pijat laktasi, ada beberapa hal yang dapat Anda persiapkan. Pertama-tama, Anda harus berada dalam keadaan yang rileks dan tidak terburu-buru. Selanjutnya, cucilah tangan dengan bersih, lalu kompres payudara dengan sebuah lap yang sebelumnya telah direndam dengan air panas. Terakhir, bersihkan sekujur puting dan area payudara yang kotor.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara melakukan pijat laktasi yang dapat dilakukan untuk memperlancar produksi ASI. 

  1. Gerakan memutar

Tuangkan sedikit baby oil pada permukaan tangan, kemudian bersiaplah di depan cermin agar Anda dapat mengamati teknik memijat yang benar. Setelah berada dalam posisi nyaman, cobalah untuk mengangkat satu sisi payudara dengan tangan kiri kemudian tahan bagian atas payudara tersebut dengan tangan kanan. Setelah itu, lakukan gerakan memutar dengan arah berlawanan sebanyak 20 kali. 

  1. Gerakan naik turun

Setelah melakukan gerakan yang pertama, ambillah kembali baby oil lalu oleskan pada telapak tangan. Kemudian letakkan telapak tangan di samping payudara dan rasakan apakah terdapat sumbatan atau bagian yang keras pada payudara. Setelah itu, gerakkan tangan naik dan turun secara bergantian. Sebagai contoh, apabila tangan kanan bergerak naik, maka tangan kiri bergerak ke bawah. 

  1. Memijat sekitar puting

Pada ASI yang terhambat, biasanya ditemukan sumbatan pada area puting. Jika Anda mengalami hal ini juga, maka lakukanlah gerakan memijat di area sekitar puting tersebut. Mula-mula angkat salah satu sisi payudara dengan tangan kiri, kemudian posisikan 4 jari tangan kanan Anda pada bagian atas puting payudara yang diangkat tersebut. Buatlah gerakan melingkar pada area tersebut, hingga ditemukan area yang terasa seperti melunak karena ada sumbatan. Lakukan pijatan ini secara berulang pada bagian puting secara perlahan selama 20 kali hingga sumbatan tersebut menghilang dan ASI menjadi lebih lancar. 

  1. Memijat area sekitar ketiak

Cara melakukan pijat laktasi yang terakhir yaitu memijat area di sekitar ketiak. Cara melakukannya yaitu dengan memijat secara lembut dari bagian di bawah ketiak, kemudian ke belahan dada hingga menuju puting. Pada saat melakukan pijatan, pastikan tidak ada lagi bagian yang terasa keras. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat pijat laktasi serta cara melakukannya yang perlu Anda ketahui. Dengan menerapkan cara-cara di atas, ASI akan menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, saat melakukannya Anda perlu mempersiapkan wadah untuk menampung ASI yang keluar saat proses pemijatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

LaVie Mom. 5 Reasons Why Every Breastfeeding Mom Needs a Lactation Massage Roller

Bradley, Sarah. 2018. Lactation Massage for Breastfeeding Moms: Is It Worth It?.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi