Hati-Hati, Berikut Ini Beberapa Bahaya Kaporit di Kolam Renang yang Buruk Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Hati-Hati, Berikut Ini Beberapa Bahaya Kaporit di Kolam Renang yang Buruk Bagi Kesehatan

Pada saat berenang, seringkali kita tidak menyadari tentang bahaya kaporit yang membahayakan kesehatan. Meskipun sebenarnya kaporit ini membawa banyak fungsi pada kolam renang yang digunakan, namun bahayanya tetap menjadi suatu hal yang harus diwaspadai.

Lantas apa saja bahaya kaporit di kolam renang? Nah sebelum membahas jawaban atas pertanyaan ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kaporit itu sendiri, kemudian memahami fungsi dan kegunaan kaporit dalam kolam renang sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini. 

Apa itu kaporit?

Kaporit atau yang kerap dikenal pula sebagai kalsium hipoklorit, adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki rumus Ca(CIO)2. Senyawa kimia yang pada umumnya diperuntukkan sebagai zat untuk mendesinfeksi air ini, bersifat relatif stabil dan memiliki kandungan klorin bebas yang cukup banyak dibanding pada cairan pemutih atau natrium hipoklorit. 

Baca Juga: Menakjubkan! 4 Gaya Renang Ini Dapat Membakar Kalori Tubuh

Kegunaan kaporit untuk kolam renang

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kaporit merupakan salah satu jenis desinfektan yang kerap digunakan untuk mendesinfeksi air. Dalam hal ini, kaporit pun pada akhirnya umum digunakan untuk kolam renang. Untuk penggunaan pada kolam renang ini, kaporit biasanya berbentuk bubuk berwarna putih, yang nantinya akan terpecah dalam air untuk menghasilkan oksigen serta gas klorin.

Lantas apa kegunaan dari kaporit ini untuk kolam renang? Sejatinya, kaporit ini digunakan untuk membasmi bakteri-bakteri patogen berbahaya pada air dalam kolam renang. Jadi, apabila kolam renang yang digunakan tidak memiliki konsentrasi kaporit yang cukup, maka bakteri yang ada pada air kolam renang ini tidak akan dibasmi dengan tuntas, sehingga dapat menyebabkan penyakit dan membahayakan kesehatan. 

Selain untuk kegunaan itu, kaporit di kolam renang juga dapat sangat bermanfaat dalam menjaga air dalam kolam renang Anda tetap jernih dan tidak keruh. Dengan begitu, proses berenang akan berlangsung dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Mari Telaah 9 Manfaat Berenang bagi Kesehatan

Bahaya kaporit dalam kolam renang

Meskipun cukup berguna untuk menjernihkan air dan membasmi mikroorganisme berbahaya di air kolam renang, bahaya kaporit ternyata cukup banyak dan mengintai kesehatan Anda. Adapun bahaya-bahaya kaporit di kolam renang adalah sebagai berikut. 

  1. Gangguan kesehatan kulit

Bahaya kaporit yang sering digunakan di dalam kolam renang yaitu memicu gangguan pada kesehatan kulit. Kaporit dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan juga iritasi. Tidak hanya itu, kaporit yang berlebihan dalam kolam renang juga dapat menimbulkan infeksi kulit dan munculnya ruam merah. Selain itu, klorin juga dapat mengalami reaksi terhadap materi organik yang menghasilkan zat-zat yang merusak kulit. 

  1. Gangguan penglihatan

Bahaya kaporit dalam kolam renang yang selanjutnya yaitu menyebabkan gangguan pada penglihatan. Hal ini terjadi karena kaporit di dalam kolam dapat menghasilkan senyawa nitrogen triklorida yang menyebabkan iritasi mata. Senyawa nitrogen triklorida ini tercipta dari reaksi zat-zat organik seperti keringat dan urin dengan kaporit. Apabila mata terlalu sering terkena air yang mengandung senyawa tersebut, maka dapat menyebabkan masalah penglihatan lainnya. 

  1. Gangguan sistem pernapasan

Kaporit juga dapat menimbulkan bahaya seperti gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini karena, sistem pernapasan sangat rentang terhadap klorin yang ada di kolam renang. Kandungan klorin dalam kolam renang tersebut dapat menyebabkan masalah pada paru-paru seperti asma atau bronkitis. Oleh karena itu, banyak atlet perenang yang mengalami asma atau sering disebut juga dengan swimmers asthma

Demikianlah penjelasan mengenai kaporit serta bahaya kaporit itu sendiri apabila digunakan di kolam renang. Selain ketiga bahaya tersebut, kaporit di kolam renang juga dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan pada warna gigi Anda, gangguan pada sistem pencernaan, iritasi mata, dan masih banyak lagi bahaya lainnya bagi kesehatan. Oleh karena itu, pastikan konsentrasi kaporit pada kolam renang tetap berada pada batasan normal.

Untuk dapat mengantisipasi bahaya kaporit di kolam renang, ada baiknya Anda mencoba untuk melindungi diri pada saat melakukan olahraga renang, dengan menggunakan beberapa alat pelindung seperti kacamata renang dan penyumbat hidung. Selain itu, cobalah untuk berhati-hati ketika berenang agar tidak menelan air kolam renang yang mengandung kaporit dengan terlalu banyak. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Renang sebagai Aktivitas Fisik dan Manfaatnya

 

Sumber:

Chemical Safety Facts. How Chlorine Keeps Pools Safe For Summertime Fun. 

Water Quality and Health Council. 2016. The Truth About Chlorine In Swimming Pools.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi