Bantuan
Free Tele x

Waspada! Inilah Risiko dan Manfaat Makan Ikan Mentah yang Sebenarnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jun 2022

Bagikan

Waspada! Inilah Risiko dan Manfaat Makan Ikan Mentah yang Sebenarnya

Sudahkah Anda tahu risiko dan manfaat makan ikan mentah untuk kesehatan? Ikan adalah sajian yang memiliki ragam variasi untuk dihidangkan. Di beberapa negara, ikan sering dijumpai disajikan dalam keadaan mentah. Salah satu hidangan ikan mentah yang populer adalah sashimi, yang mana hidangan ini berasal dari negeri tirai bambu Jepang. Kemudian, yang menjadi pertanyaan adalah adakah risiko dan juga manfaat dari mengonsumsi ikan mentah ini?

Baca juga: Ketahui Manfaat & Nutrisi Ikan Gabus yang Lezat untuk Disantap

 

 

Risiko dan Manfaat Makan Ikan Mentah

Jika Anda ingin mengonsumsi ikan mentah, maka alangkah lebih baiknya jika Anda juga mengetahui risiko dan manfaat makan ikan mentah. Dibawah ini adalah penjelasannya.

1. Risiko mengonsumsi ikan mentah

Mengetahui risiko dan manfaat makan ikan mentah tentu akan baik untuk Anda yang ini mencobanya. Hal pertama yang akan dibahas yakni risiko dari mengonsumsi ikan mentah, apa saja? Simak penjelasan di bawah ini:

  • Infeksi parasit, terdapat beberapa jenis ikan mentah yang bisa memicu terjadinya infeksi parasit. Berbeda jika ikan dimasak dengan matang, yang mana parasit akan mati saat dibekukan atau dimasak. Jenis parasit yang bisa ditularkan ke manusia sesudah mengonsumsi ikan mentah yakni cacing hati, cacing gelang, dan cacing pita ikan. 

  • Infeksi bakteri, mengonsumsi ikan mentah juga dapat menjadi pemicu terjadinya pemicu bakteri. Terutama infeksi yang disebabkan bakteri vibrio vulnificus, yang mana hidup dalam ikan yang tinggal di laut hangat. Bakteri lainnya yakni salmonella, yang mana sangat umum ada dalam ikan mentah. 

  • Kontaminasi silang, mengonsumsi ikan mentah mungkin saja tidak aman sebab adanya kontaminasi silang. Hal ini bisa terjadi bahkan saat ikan dengan kualitas tinggi, bersentuhan dengan benda yang mempunyai kuman. Misalnya saja benda seperti pisau atau piring. 

  • Kualitas ikan, tidak sedikit toko yang memiliki klaim bahwa ikan mentah yang mereka sajikan adalah segar dengan kualitas tinggi. Akan tetapi, bila Anda tidak berhati-hati maka mungkin Anda bisa mendapat ikan yang memiliki kualitas buruk. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda memilih ikan mentah yang memiliki kualitas terjamin.

2. Manfaat mengonsumsi ikan mentah

Jika Anda ingin mencoba ikan mentah, maka mengetahui risiko dan manfaat makan ikan mentah menjadi hal penting yang tidak dapat Anda sepelekan. Setelah mengetahui risiko makan ikan mentah, di bawah ini adalah manfaat dari mengonsumsinya. 

  • Mencegah kontaminan terbentuk, ketika ikan dipanggang atau digoreng, maka beberapa jenis nutrisi dapat rusak. Bukan hanya itu, proses masak tersebut juga dapat menyebabkan kontaminan terbentuk saat ikan dimasak. Seperti misalnya, senyawa amina heterosiklik yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker. Senyawa tersebut bisa terbentuk ketika ikan dimasak menggunakan api besar.

  • Kandungan nutrisi yang terjaga, salah satu manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan mentah yakni kebutuhan nutrisi yang terjaga. Berbeda jika ikan dimasak, yang mana dapat menyebabkan nutrisi ikan yang rusak bahkan hilang dan berkurang. Misalnya asam lemak omega 3 yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti otak dan jantung. Ikan yang dimasak bisa berkurang jumlah asam lemak omega 3-nya, yang mana dibutuhkan dan penting untuk tubuh.

Baca juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Dia Manfaat Ikan Tuna!



Tips Aman Mengonsumsi Ikan Mentah

Beberapa tips yang bisa ketahui setelah mengetahui risiko dan manfaat makan ikan mentah, dan ingin mencobanya yakni:

1. Penyimpanan

  • Bila ikan tidak akan langsung dikonsumsi, maka Anda dapat membungkus ikan sebaik mungkin. Kemudian, letakkan ikan dalam wadah yang kedap udara, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin.

  • Simpan ikan dalam lemari pendingin dengan suhu lebih rendah dari 4.44 derajat Celsius. 

  • Tidak menyimpan ikan lebih dari 2 hari dalam kulkas.

2. Memilih ikan mentah

  • Ketika Anda ingin membeli ikan, maka pastikan bahwa ikan didinginkan dalam suhu di bawah 4.44 derajar Celsius.

  • Cari ikan yang memiliki daging keras, mengkilat, tidak memiliki bau amis. 

  • Membeli ikan yang sudah dibekukan guna meminimalisir risiko kontaminasi parasit.

Jika ingin mengonsumsi ikan mentah, banyak hal penting yang perlu Anda perhatikan. Sebab jika tidak berhati-hati, maka ikan mentah yang Anda konsumsi dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

https://www.healthline.com/nutrition/eating-raw-fish

https://www.eatright.org/homefoodsafety/safety-tips/food/is-raw-seafood-safe-to-eat

https://www.health.com/nutrition/too-much-raw-fish

https://www.webmd.com/diet/is-it-safe-to-eat-raw-salmon

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami