Gunakan Obat Herbal Asam Lambung Ini Ketika Kambuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Berbagai Obat Herbal Untuk Atasi Asam Lambung Ketika Kambuh

Apakah Anda tahu apa saja obat herbal asam lambung? Mungkin selama ini Anda berpikir untuk mengatasi asam lambung harus menggunakan obat dari dokter. Namun sebenarnya, Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa bahan alami. Lalu apa saja obat herbal asam lambung tersebut? Untuk mengetahuinya, simak terus penjelasan di bawah ini.

Obat Herbal Asam Lambung

Ketika Anda mengalami gejala asam lambung, sebaiknya jangan disepelekan. Pasalnya, gejala yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan lainnya. Berikut ini ada beberapa obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan. 

  1. Jahe Merah

Obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan pertama yaitu jahe merah. Pasalnya, di dalam  jahe merah terdapat kandungan sifat anti peradangan yang dapat meredakan rasa mual. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki sifat gastroprotektif yang dapat menekan bakteri penyebab naiknya asam lambung. Cara menggunakan jahe merah sebagai obat herbal asam urat bisa Anda buat menjadi wedang jahe atau susu jahe. 

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat tradisional yang dapat meringankan berbagai gangguan pada lambung. Manfaat ini berasal dari kandungan polifenol yang ada di dalam kunyit sehingga mampu meredakan gejala asam lambung. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kunyit mampu mencegah peradangan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung.

Dalam penelitian itu juga menyebutkan bahwa gejala asam lambung dapat diredakan dengan anti peradangan dan juga antioksidan yang keduanya bisa dijumpai di dalam kunyit. 

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai lalapan. Namun siapa sangka, daun kemangi ternyata merupakan  salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung yang kambuh. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat karminatif, anti peradangan dan juga antibakteri.

Berkat berbagai sifat tersebut, daun kemangi mampu meredakan kejang pada saluran pencernaan. Namun perlu diperhatikan, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daun kemangi maka dapat menyebabkan sakit perut.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung 

  1. Lidah Buaya

Mungkin banyak dari Anda yang mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kulit dan juga rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga bermanfaat dalam mengobati asam lambung yang kambuh. Hal ini karena lidah buaya memiliki senyawa anti peradangan, asam amino, mineral dan vitamin yang dapat memberikan efek menenangkan pada lambung. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kandungan yang bersifat laksatif yang berfungsi seperti obat pencahar.

  1. Licorice

Obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu licorice atau akar manis. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa licorice  mampu menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan serta meningkatkan sekresi lambung. Akan tetapi, ketika Anda mengonsumsi licorice  sebaiknya tidak berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi licorice secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi atau efek samping yang lebih serius lainnya. 

  1. Daun Mint

Obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu daun mint. Berbagai kandungan yang ada di dalam daunt mint mampu meredakan gejala naiknya  asam lambung. Tidak hanya itu, daunt mint juga mampu merilekskan otot perut yang sakit karena kembung. Akan tetapi, bagi Anda penderita GERD tidak direkomendasikan menggunakan daun mint sebagai pengobatan. 

  1. Madu 

Obat herbal asam lambung yang kambuh terakhir yaitu madu. Sudah bukan rahasia lagi, madu sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya sejak zaman dahulu. Madu dapat meredakan sensasi terbakar di dada dan juga mencegah naiknya asam lambung. Hal ini karena madu memiliki sifat antioksidan yang dapat mengatasi berbagai gejala asam lambung, tidak hanya itu, madu juga dapat memberikan fungsi cincin esofagus dan mengurangi peradangan yang terjadi pada esofagus. 

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan. Jika  Anda mengalami gejala asam lambung seperti sensasi terbakar di dada, mual, muntah, sakit tenggorokan, serak, bau mulut, dan  sendawa secara terus menerus, sebaiknya segeralah untuk mengobatinya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

 

Sumber:

1. King, Charlotte. 2021. Natural and home remedies to help acid reflux and heartburn.

2. Harvard Health Publishing. 2021. Herbal remedies for heartburn.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi