Fisioterapi di Jakarta

08 Jan 2021 • Tips Kesehatan

Fisioterapi di Jakarta Kini Makin Mudah Diakses Lewat Aido Health

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, saat ini Anda tidak perlu sulit untuk menemukan jasa fisioterapi di Jakarta.

Bahkan tidak jarang mereka memberikan layanan perawatan jemput bola, yakni mereka sendiri yang datang menemui Anda di rumah.

Teknik layanan ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga Anda, namun juga mampu memberikan peluang kesembuhan yang lebih cepat karena pasien bisa memaksimalkan jatah istirahatnya di rumah, tanpa harus khawatir tidak ditangani dengan baik.

Apa Itu Fisioterapi?

Sebelum Anda mencari dan menemukan seorang Fisioterapis di Jakarta, ada baiknya Ada mengenal terlebih dulu apa itu fisioterapi. Secara umum, fisioterapis merupakan orang yang ahli di bidang gangguan gerak dan fungsi tubuh.

Sebelum disebut sebagai seorang fisioterapis, mereka terlebih dulu harus menyelesaikan pendidikan sarjana fisioterapi, paling tidak selama 4 tahun.

Tidak hanya itu, untuk jadi fisioterapi profesional, mereka harus punya sertifikat kompetensi di bidang tersebut, serta mengantongi surat tanda registrasi fisioterapis.

Jika semuanya sudah terpenuhi, maka mereka sudah bisa bertugas di rumah sakit atau membuka klinik fisioterapi sendiri.

Kondisi Yang Bisa Ditangani Fisioterapis

Dalam menjalankan tugasnya, seorang fisioterapis akan berusaha untuk membantu pasien memulihkan, atau meminimalkan gangguan sistem gerak yang disebabkan karena cedera atau penyakit tertentu, serta mengembalikan fungsi tubuh secara maksimal.

Secara umum, ada beberapa kondisi yang bisa ditangani oleh seorang fisioterapis, diantaranya:

  1. Gangguan neurologis, seperti penyakit parkinson, multiple sclerosis, dan stroke.
  2. Pasien yang mengalami gangguan pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, dan fibrosis kistik.
  3. Gangguan kardiovaskular, seperti penyakit jantung, dan rehabilitasi pasca serangan jantung.
  4. Gangguan neuromuskular, seperti cedera leher, radang sendi, nyeri punggung, dan patah tulang lengan hingga tungkai.

Sebagai catatan, penanganan fisioterapi bukan hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa, tapi juga bisa digunakan untuk menangani anak-anak dengan kondisi yang sama seperti disebutkan di atas.

Selain itu, anak yang mengalami cerebral palsy, dan spina bifida, bisa juga ditangani oleh fisioterapis.

Fisioterapis Bukan Tukang Urut

Perlu diluruskan, fisioterapis merupakan tenaga medis yang bekerja berdasarkan evidence based, dan penelitian.

Dalam prakteknya, fisioterapis bekerja dengan cara mendiagnosa, kemudian menentukan metode perawatan yang cocok diterima oleh pasien tersebut.

Terkadang satu pasien dengan kondisi sama akan mendapatkan metode perawatan yang sedikit berbeda. Tentu saja semua itu sudah teruji secara medis.

Selain itu, meski salah satu kemampuan fisioterapis adalah mampu memijat dan mengenali titik-titik pijatan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kesembuhan pasien, namun kemampuan mereka jauh lebih lengkap ketimbang tukang urut atau tukang pijat profesional.

Lebih Nyaman Perawatan di Rumah

Meski sudah banyak rumah sakit dan klinik yang menyediakan jasa Fisioterapis di Jakarta, namun perawatan dari rumah jauh lebih disarankan.

Metode home visit ini akan memungkinkan pasien dapat beristirahat lebih maksimal, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Jangan khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi kesehatan Aido Health yang memungkinkan Anda menemukan fisioterapis.

Jangan khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi kesehatan Aido Health yang memungkinkan Anda menemukan Fisioterapis di Jakarta dengan sangat mudah.

Selain itu, Aido Health pun memungkinkan Anda memilih fisioterapis sendiri sesuai dengan keinginan.

Kelebihan lainnya, Aido Health memastikan seluruh perawatan yang Anda terima akan dilakukan oleh tenaga medis profesional yang sudah terlatih, berpengalaman, dan mengantongi sertifikat keahlian sesuai dengan bidangnya.

Untuk menemukan fisioterapis Jakarta, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Aido Health di Play Store untuk perangkat Android, dan App Store untuk perangkat Apple.

Selanjutnya registrasikan diri Anda untuk mendapatkan akun yang dibutuhkan saat Login nanti.