Bantuan
Free Tele x

Berpengaruh pada Sistem Imunitas Tubuh, Antigen adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Berpengaruh Pada Sistem Imunitas Tubuh, Antigen adalah?

Selama masa pandemi COVID 19 ini, istilah antigen adalah salah satu hal yang sering terdengar, karena menjadi bagian dari tes untuk mengidentifikasi infeksi virus penyebab COVID 19. Namun, sebenarnya apa itu antigen? Perlu diketahui bahwa selama ini antigen adalah suatu hal yang penting dalam memicu produksi antibodi. 

Nah untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai antigen ini dan bagaimana hal tersebut dapat berpengaruh pada sistem imunitas tubuh, simak terus penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Antigen?

Antigen adalah zat yang dapat merangsang imun tubuh untuk memproduksi antibodi dalam rangka melawan mikroorganisme berbahaya yang menyerang tubuh.

Untuk lebih dapat memahaminya, secara singkat antigen adalah bagian dari tubuh virus atau bakteri. Namun, antigen ini juga dapat hadir dalam tubuh dalam bentuk bahan kimia, seperti lipid, asam nukleat, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Rapid Test Antibodi vs Rapid Test Antigen, Mana Yang Lebih Efektif?

Hubungan Antigen Dengan Antibodi

Telah kita ketahui bersama bahwa antigen dapat merangsang produksi antibodi. Dalam hal ini, sistem imun tubuh menganggap bahwa antigen adalah zat asing yang berbahaya dan dapat mengancam tubuh.

Karena itulah, sistem imun kemudian terdorong untuk menghasilkan antibodi yang berperan sebagai benteng pertahanan tubuh dalam melawan ancaman kuman, bakteri, virus, dan berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Baca Juga: Rapid Test Antigen dan Antibodi Untuk Tes Penyaringan Covid-19

Jenis-Jenis Tes Antigen

Nah, setelah mengetahui apa itu antigen dan hubungannya dengan antibodi, selanjutnya Anda perlu mengetahui jenis-jenis tes antigen. Dalam dunia kedokteran, berbagai macam tes dilangsungkan demi mendeteksi keberadaan antigen tertentu.

Dengan cara ini, dokter dapat segera mendiagnosis penyakit serta mengambil langkah penanganan yang diperlukan agar antigen tersebut tidak membahayakan tubuh. Adapun berbagai jenis tes antigen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Antigen HIV

Tes antigen yang pertama yaitu antigen HIV atau P24. Tes antigen ini dilakukan untuk memeriksa apakah ada virus HIV di dalam tubuh seseorang ataukah tidak. P24 itu sendiri merupakan protein yang terdapat pada virus HIV dan akan terdeteksi pada minggu pertama setelah terjadinya infeksi. Tes antigen HIV di Indonesia sendiri masih belum terlalu umum dan jarang dilakukan. 

  1. Hepatitis B Surface Antigen

Tes antigen yang selanjutnya yaitu hepatitis B surface antigen. Tes antigen ini dilakukan untuk mendeteksi, apakah protein dari virus hepatitis B terdapat di ubuh seseorang. Selain itu, tes hepatitis B surface antigen biasanya juga digunakan juga untuk mendeteksi infeksi yang hepatitis B Kronis dan akut. 

  1. Prostate Specific Antigen

Tes prostate specific antigen bertujuan untuk mendeteksi gangguan pada prostat. Hal ini karena, tes ini dapat mengukur kadar prostate specific antigen (PSA) di dalam darah pria. PSA itu sendiri merupakan zat kimia yang tercipta oleh kelenjar prostat. Apabila prostat mengalami gangguan, maka kadar PSA akan meningkat. 

  1. Dengue Virus Nonstructural Protein 1 Antigen

Dengue virus nonstructural protein 1 antigen (NS1) merupakan tes antigen yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit demam berdara dengue. Hal ini karena, tes ini dapat mendeteksi keberadaan protein NS1 di dalam tubuh. Apabila menunjukkan hasil positif, maka bisa disimpulkan seseorang telah terinfeksi oleh virus dengue.  

Mencegah Diri Dari Infeksi

Tidak semua antigen berbahaya bagi tubuh, dan dapat menghilang dengan sendirinya karena bantuan antibodi. Meskipun begitu, beberapa antigen dapat sangat membahayakan kesehatan dan bahkan mengancam nyawa. Untuk itu, agar tubuh terhindar dari ancaman antigen berbahaya, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yakni:

  • Melakukan imunisasi. Biasanya imunisasi dilakukan sejak masih bayi hingga kanak-kanak.

  • Mencuci tangan. Usahakan Anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau menggunakan cairan  antiseptik.

  • Mengonsumsi obat. Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat menjauhkan Anda dari gangguan infeksi yang disebabkan oleh kuman ataupun virus. 

Demikianlah penjelasan mengenai antigen, hubungannya dengan antibodi, serta jenis-jenis dan cara mencegahnya. Nah, di masa pandemi COVID 19 ini sendiri, tes antigen adalah salah satu jenis tes yang kerap dilakukan untuk mengidentifikasi infeksi virus corona. Apabila Anda mengalami gejala-gejala terinfeksi, segera lakukan isolasi diri dengan menjaga jarak dari orang lain. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Itu Reaktif COVID? Tidak Perlu Bingung, Simak Penjelasannya di Sini

 

Sumber:

1. Bottaro, Angelica. 2021. What Is an Antigen?.

2. MacDonald, Anna. 2017. Antigen vs Antibody-What Are The Differences?.

3. Dutta, Sanchari Sinha. What is an Antigen?.

Bagikan artikel ini