Fungsi dan Manfaat Fisioterapi Bagi Penderita Stroke

05 Mar 2020 • Stroke

Ditulis oleh               : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh  : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Pasca stroke, biasanya dokter akan menyarankan Anda melakukan perawatan fisioterapi dengan didampingi terapis profesional. Fisioterapi sendiri bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh, agar pasien stroke bisa kembali beraktivitas secara normal.

Kenapa Harus Melakukan Fisioterapi?

Stroke merupakan kondisi ketika otak tidak mendapat pasokan darah yang cukup akibat adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan otak tidak mendapat asupan nutrisi dan oksigen yang cukup, sehingga sel-sel di area otak pun secara perlahan akan mati.

Saat sel-sel otak mati, anggota tubuh yang dikendalikan oleh sel otak tersebut akan kehilangan fungsinya. Inilah alasan kenapa beberapa penderita stroke terkadang hanya mengalami kekakuan sebelah (organ sebelah kiri atau kanan), atau hanya terjadi pada organ tubuh tertentu saja.

Secara garis besar, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari perawatan fisioterapi pasca stroke.

1. Mengatasi Kekakuan Otot

Beberapa penelitian membuktikan jika spastisitas atau kekakuan otot bisa disembuhkan dengan fisioterapi,

Biasanya, terapis akan mengevaluasi dulu kondisi Anda, baru kemudian menentukan program terapi apa yang cocok dengan Anda. Mereka pun akan memberi petunjuk terkait gaya hidup yang harus dijalani, termasuk menyarankan pola diet yang efektif untuk mengatasi kekakuan otot tersebut.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Beberapa penderita stroke tidak hanya kesulitan untuk melakukan aktivitas, tapi juga akan merasakan sakit saat mencoba untuk menggerakan salah satu organ tubuh yang terserang, misalnya tangan atau kaki. Dengan fisioterapi, rasa sakit tersebut bisa diatasi.

Biasanya, untuk menanggulangi rasa sakit tersebut, terapis akan menggunakan terapi menggunakan stimulasi listrik, ultrasound, terapi panas, dan lain-lain. Tergantung dari kebutuhan Anda.

3. Meningkatkan Kemampuan Bergerak

Kekakuan otot yang Anda derita pasca serangan stroke akan membuat Anda sulit bergerak, seperti tidak bisa berdiri, berjalan, menggunakan tangan untuk makan, bahkan membuat Anda kesulitan berbicara. Dengan fisioterapi, masalah tersebut bisa diatasi.

Seperti disebutkan diatas, fisioterapi akan mengevaluasi dan menentukan teknik fisioterapi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

aido health Siap Membantu Anda

Untuk memudahkan Anda menjalani proses pemulihan pasca stroke, aido health menawarkan solusi praktis dengan cara terapis akan mengunjungi rumah Anda dan memandu Anda melakukan latihan fisik guna mengembalikan fungsi tubuh seperti semula.

Cara mendapatkan layanan ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi aido health, kemudian pilih terapis yang paling pas menurut Anda. Selanjutnya, tinggal susun jadwal terapi, dan dengan senang hati mereka akan membawa Anda menuju perbaikan.

Ingat! Komplikasi setelah stroke dapat diperbaiki. Jangan menyerah karena aido health siap membantu semaksimal mungkin.