Bantuan
Free Tele x

Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo adalah salah satu bentuk jerawat yang paling umum. Meski orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terkena komedo, siapa pun bisa mendapatkannya. Mereka terbentuk ketika pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) dari kelenjar sebaceous kamu.

Tidak seperti komedo putih, yang membuat pori-pori tertutup, komedo memiliki permukaan terbuka, yang menciptakan oksidasi berwarna gelap. Kamu mungkin tergoda untuk mencoba mencubit atau mendorong sumbat hitam keluar, tetapi ini dapat menyebabkan jaringan parut yang tidak perlu dan kerusakan lain pada kulit kamu. Maka dari itu, lakukanlah ke 5 cara dibawah ini untuk menghilangkan komedo!

  1. Bersihkan dengan asam salisilat

Asam salisilat adalah bahan yang disukai untuk mengatasi komedo dan komedo putih karena dapat mengurai bahan yang menyumbat pori-pori:

·         Minyak berlebih

·         Sel kulit mati

Dengan memilih pembersih harian dengan asam salisilat, kamu dapat menghilangkan unsur-unsur ini:

·         Kotoran sehari-hari

·         Minyak

Meski kamu masih perlu mencuci muka dua kali sehari, coba gunakan pembersih yang mengandung asam salisilat hanya sekali sehari sebagai permulaan. Suatu penelitian mencatat bahwa asam salisilat sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya hanya di malam hari dan kemudian menggunakan pembersih biasa di pagi hari. Saat kulit kamu terbiasa dengan produk ini, kamu dapat memilih untuk menggunakannya pagi dan malam.

Banyak orang sensitif terhadap asam salisilat. Kamu mungkin tidak dapat menggunakannya lebih dari sekali setiap beberapa hari. Jika kamu terus bereaksi atau alergi, hentikan penggunaan.

  1. Eksfoliasi secara lembut dengan alpha hydroxy acids (aha) dan beta hydroxy acids) (bha)

Di masa lalu, kamu mungkin pernah mendengar bahwa pengelupasan kulit menghasilkan efek negatif pada jerawat. Hal ini mungkin benar untuk peradangan jerawat, karena prosesnya dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan lebih lanjut.

Untuk komedo, pengelupasan secara teratur dapat membantu mengangkat sel kulit mati dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Prosesnya juga dapat menghilangkan komedo yang ada dengan lembut.

Daripada mencari scrub yang kasar, kamu sebaiknya berfokus pada asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis aha yang paling umum, dan asam salisilat adalah BHA yang menonjol.

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit kamu. Secara teori, hal ini dapat memperbaiki tampilan kerutan dan bintik-bintik penuaan, sekaligus membersihkan pori-pori dan membuat kulit kamu lebih lembut. Kamu akan menemukan bahwa BHA lebih banyak tersedia di pasar, dan dalam beberapa kasus, biayanya juga lebih terjangkau!

3. Gunakan sikat kulit

Sikat kulit (scrub) dapat memberikan manfaat pengelupasan yang serupa dengan aha dan bha dengan menghilangkan sel kulit mati yang berlebihan. Ahli merekomendasikan agar sikat kulit hanya digunakan sesekali dengan pembersih yang lembut dan untuk menghindari penggunaan sikat sama sekali jika kamu memiliki kulit sensitif. Bergantung pada kebutuhan dan budget kamu, ada beragam sikat kulit yang tersedia untuk digunakan dengan pembersih harian kamu.

4. Cobalah retinoid topikal

Retinoid mungkin berguna untuk kasus jerawat yang membandel dengan membantu mencabut pori-pori. Proses ini juga dapat membuat produk otc lainnya menjadi lebih efektif dengan membantu mereka untuk lebih dapat masuk ke dalam folikel. Tetapi jika kamu memiliki kulit kering, para ahli merekomendasikan untuk menghindari exfoliant yang kuat, seperti retinoid, sama sekali.

5. Gunakan clay mask

Masker clay membantu mengeluarkan minyak dan racun dari kulit, yang membantu membuka pori-pori. Masker clay sering dianggap harus dimiliki untuk kulit berminyak. Beberapa masker clay juga mengandung belerang. Sulfur merupakan bahan lain yang berfungsi untuk memecah sel kulit mati yang membentuk komedo.

Apa pun masker yang kamu pilih, kamu dapat menggunakannya seminggu sekali sebagai tambahan dari perawatan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu.

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Referensi

 

1.     12 ways to get rid of blackheads [internet]. Healthline. 2020 [cited 2021 feb 2]. Available from: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads

Bagikan artikel ini