Bantuan
Free Tele x

Penyebab Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Jun 2022

Bagikan

Penyebab Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya

Apakah Anda memiliki stretch mark dan tidak percaya diri? Apakah penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Mari cek artikel ini.

Stretch mark merupakan garis-garis halus yang muncul di permukaan kulit. Walaupun tidak berbahaya, namun garis-garis halus ini dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkannya.

Lantas apa penyebab stretch mark dan cara menghilangkannya? Mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Penyebab Stretch Mark

Umumnya, orang mengetahui bahwa penyebab stretch mark adalah kehamilan. Pasalnya, saat hamil akan terjadi perubahan ukuran perut yang membuat kulit meregang. Saat melahirkan, maka perut yang meregang tersebut akan kembali ke bentuk semula sehingga meninggalkan bekas berupa stretch mark

Namun tahukah Anda, ternyata penyebab stretch mark bukan hanya karena hamil. Berikut ini beberapa penyebab stretch mark yang perlu Anda ketahui. 

  1. Olahraga berlebihan

Penyebab stretch mark yang pertama yaitu karena olahraga yang berlebihan. Pada dasarnya, olahraga adalah kegiatan yang baik karena menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Akan tetapi, olahraga yang berlebihan akan memicu peningkatan massa otot yang cepat sehingga menyebabkan stretch mark muncul. Oleh karena itu, atur porsi olahraga Anda agar tidak berlebihan.

  1. Kenaikan berat badan

Penyebab stretch mark yang selanjutnya yaitu karena kenaikan berat badan. Sama halnya dengan hamil, saat Anda mengalami kenaikan berat badan, maka akan membuat kulit meregang sehingga menciptakan stretch mark. Oleh karena itu perhatikan pola makan Anda dan pastikan mengonsumsi makan-makanan sehat agar berat badan tetap ideal. 

  1. Kurangnya asupan cairan

Tahukah Anda, ternyata kurangnya asupan cairan bisa menyebabkan munculnya stretch mark. Hal ini karena, dehidrasi membuat keelastisitasan kulit berkurang. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Anda setidaknya perlu air sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya 

 

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Lantas bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Agar kulit Anda kembali bersih dan sehat, coba terapkan beberapa cara menghilangkan stretch mark berikut ini. 

  1. Gosokkan gula

Cara menghilangkan stretch mark yang bisa Anda lakukan pertama yaitu menggosokkan gula pada stretch mark. Hal ini karena gula dianggap sebagai metode mikrodermabrasi naturopati. Mikrodermabrasi adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter untuk memudarkan stretch mark. Cara menggunakannya yaitu mencampurkan gula dengan minyak kelapa atau minyak almond. Setelah itu, gunakan  campuran tersebut untuk menggosokkan bagian yang terdapat stretch mark

  1. Oleskan lidah buaya

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengoleskan lidah buaya. Sudah tidak dapat dipungkiri, lidah buaya sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit, salah satunya yaitu memudarkan stretch mark. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya ke stretch mark. Namun perlu diperhatikan, mungkin pada beberapa orang akan menimbulkan iritasi atau alergi.

  1. Oleskan minyak zaitun

Anda juga bisa menghilangkan stretch mark dengan cara mengoleskan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang dapat meregenerasi kulit rusak. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan zat linoleic acid yang dipercaya mampu menghilangkan stretch mark. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu meratakan minyak zaitun di kulit yang terdapat stretch mark.

  1. Perbanyak asupan vitamin A

Vitamin A memiliki manfaat untuk kesehatan kulit salah satunya yaitu membuat kulit menjadi lebih halus. Tidak hanya itu, vitamin A juga dipercaya mampu meredakan stretch mark di kulit. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin A bisa menjadi cara untuk menghilangkan stretch mark. Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran. 

  1. Terapi laser

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu melalui terapi laser. Cara yang satu ini menggunakan cahaya yang diarahkan ke kulit. Terapi laser ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen serta memudarkan warna kulit yang tidak sama. Namun, perlu dilakukan berulang kali hingga stretch mark bisa benar-benar hilang.

Itulah dia pembahasan mengenai penyebab stretch mark dan cara menghilangkannya. Jika stretch mark yang Anda menimbulkan rasa tidak nyaman, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Tips Mencegah & Mengatasi Stretch Marks Pada Ibu Hamil

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Carey, Elea & Adrienne Santos Longhurst. 2022. Everything You Need to Know About Stretch Marks. https://www.healthline.com/health/stretch-marks

Marin, Ashley. 2018. 7 Tips to Help Prevent Stretch Marks. https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-stretch-marks 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang