Bantuan
Bantuan

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Baik dan Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Oct 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Baik dan Benar

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara eksfoliasi wajah yang baik dan benar? Melakukan eksfoliasi wajah pada dasarnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam hal ini, cara eksfoliasi wajah yang salah hanya akan membuat kondisi kulit semakin parah dari sebelumnya.

Lantas bagaimana cara eksfoliasi wajah yang baik dan benar? Sebelum menjawab pertanyaan ini, alangkah baiknya jika Anda bisa memahami pentingnya melakukan eksfoliasi wajah secara rutin.

Mengapa perlu mengeksfoliasi wajah?

Setiap orang tentu mendambakan kondisi wajah yang cerah dan bersih. Untuk mendapatkan hal ini, diperlukan eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan wajah yang menjadi penyebab kulit kusam dan berjerawat. Eksfoliasi sendiri merupakan sebuah proses pengikisan sel-sel kulit mati agar lapisan kulit yang lebih baru dan bersih dapat muncul ke permukaan. 

Pada akhirnya, Anda akan dapat merasakan manfaat dari eksfoliasi itu sendiri, mulai dari pori-pori yang lebih bersih, terhindar dari jerawat, hingga warna kulit yang lebih merata dan tampak glowing bercahaya. Lebih dari itu, eksfoliasi juga dapat membantu meningkatkan kadar kolagen di wajah sehingga wajah tampak lebih segar, kenyal, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan. Jika dilakukan secara rutin, eksfoliasi wajah pada tipe kulit oily juga bisa membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah

Cara eksfoliasi wajah

Mengingat begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengeksfoliasi wajah secara rutin, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai membiasakannya. Sebelum memulai eksfoliasi, Anda perlu mengetahui cara eksfoliasi wajah yang baik dan benar agar tidak timbul efek samping yang tidak diinginkan pada kulit. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan eksfoliasi wajah di antaranya adalah dengan memilih jenis produk yang cocok untuk kulit, menentukan waktu yang tepat untuk melakukannya, hingga memperhatikan kondisi kulit sebelumnya. Apabila semuanya sudah berada dalam kondisi yang pas, Anda bisa mulai mengeksfoliasi wajah dengan cara ini.

  1. Mulai dengan membersihkan wajah

Cara eksfoliasi wajah yang paling tepat namun kerap diabaikan adalah membersihkan kulit terlebih dahulu. Padahal, hal ini sangat penting karena kotoran pada permukaan kulit wajah akan mampu menyerap kandungan dari produk eksfoliasi. 

  1. Memilih jenis eksfoliator

Pada umumnya, terdapat 2 jenis eksfoliator yang bisa Anda gunakan, yakni physical dan chemical exfoliator. Untuk physical exfoliator, sebaiknya Anda memilih produk dengan scrub yang lembut, kecil, dan tidak mengiritasi. Adapun untuk chemical exfoliator, yang paling penting adalah Anda memulai dengan produk dengan persentase bahan kimia paling kecil terlebih dahulu. 

  1. Membasuh wajah setelah eksfoliasi

Pastikan Anda tidak lupa untuk membasuh wajah setelah melakukan eksfoliasi, terutama jika Anda menggunakan produk wash off. Adapun untuk produk leave-on seperti toner, Anda tidak perlu membasuh wajah setelahnya.

  1. Menggunakan pelembap

Perlu diketahui bahwa beberapa produk eksfoliator dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kering. Untuk itu, setelah wajah Anda kering pasca eksfoliasi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Dalam hal ini, pelembap dapat menjaga kulit Anda agar tetap ternutrisi dan dehidrasi. 

  1. Tidak melupakan tabir surya

Penggunaan tabir surya pada dasarnya adalah hal terpenting yang tidak bisa dilupakan pada berbagai kesempatan, terutama setelah Anda melakukan eksfoliasi wajah. Hal ini karena proses eksfoliasi dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Tanpa tabir surya, wajah Anda mungkin akan mengalami kemerahan pasca eksfoliasi. Untuk itu, jangan pernah lupakan penggunaan tabir surya setelah proses eksfoliasi wajah, bahkan jika eksfoliasi ini dilakukan pada malam hari, Anda harus tetap menggunakan tabir surya keesokan harinya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara eksfoliasi wajah yang baik dan benar. Sebelum melakukan eksfoliasi, sebaiknya Anda tidak lupa untuk memerhatikan kondisi kulit. Apabila kulit berada pada kondisi berjerawat atau mengalami luka maka sebaiknya tunda keinginan untuk eksfoliasi terlebih dahulu. Selain itu, ingatlah untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena hanya akan membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sensitif dan rawan mengalami inflamasi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

 

Sumber:

American Academy of Dermatology Association. How to Safely Exfoliate at Home. 

Chertoff, Jane. 2018. Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely. 

Santos-Longhurst, Adrienne. 2018. What Does It Mean to Exfoliate? Why You Should and How to Start.

Tag :
Bagikan artikel ini