Bantuan
Free Tele x

Disebut Dapat Cegah Corona, Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Diminum?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Diminum Untuk Cegah Corona?

Pada masa Covid-19 sekarang ini, beredar informasi bahwa minyak kayu putih bisa diminum untuk mencegah Corona. Namun benarkah minyak kayu putih bisa diminum?

Menurut sebuah penelitian senyawa terpineol dan linalol yang terdapat dalam kayu putih, memiliki potensi untuk mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh. Meskipun begitu, belum ada penelitian pada manusia yang mengonfirmasi kebenaran penelitian ini. 

Maka dari itu Anda perlu berhati-hati terhadap informasi yang beredar, termasuk mengenai informasi bahwa minyak kayu putih bisa diminum untuk mencegah Corona. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui seputar fakta mengenai minyak kayu putih dan Corona. 

Fakta Seputar Minyak Kayu Putih dan Corona

  1. Minyak Kayu Putih Bisa Diminum Beberapa Tetes

Menurut Natalia Kristian, anggota Komisariat MAFINDO, Universitas Indonesia, menjelaskan bahwa minyak kayu putih bisa diminum beberapa tetes, tetapi harus dicampur dengan air minum.

Dalam kaitannya untuk mencegah Covid-19, sebaiknya Anda mengikuti petunjuk atau aturan yang sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

  1. Memiliki Efek Samping Jika Diminum

Sebaiknya Anda tidak mudah percaya dengan kabar minyak kayu putih bisa diminum. Minyak kayu putih yang diminum sembarangan bisa menimbulkan efek samping keracunan dan mengancam jiwa.

Terutama jika diberikan pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Tidak ada penawar khusus untuk mengobati keracunan minyak kayu putih, terutama yang bersifat  suportif dan simtomatik.

  1. Mengandung Bahan Kimia Eucalyptol

Menurut NMCD, minyak kayu putih mengandung eucalyptol atau bahan kimia aktif yang tidak aman jika dikonsumsi selama 12 minggu dan tidak diencerkan terlebih dahulu.

Eucalyptol yang diminum bisa menimbulkan  tanda- tanda keracunan seperti sakit perut, pusing, rasa terbakar, kelemahan otot, rasa lemas, pupil mata mengecil atau diare.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Selama Pandemi

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut salah satu dosen IPB, Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Dr. Hanny Wijaya, mengatakan bahwa minyak kayu putih berpotensi bisa mencegah virus Corona. Minyak atsiri pada kayu putih diyakini memiliki potensi mencegah virus Corona dan mengandung antioksidan yang berperan dalam proses penyembuhan penyakit saluran pernapasan.

Selain itu, minyak kayu putih bisa meningkatkan respons fagositik sistem kekebalan terhadap patogen dalam percobaan hewan tikus. Meskipun demikian, informasi minyak kayu putih bisa diminum masih harus diteliti secara empiris.

  1. Tidak Murni

Minyak kayu putih yang beredar di pasaran tidak dianjurkan untuk diminum, karena minyak kayu putih yang beredar pada umumnya sudah dicampur dengan kerosin, minyak lemak dan minyak palsu.

Bagi Anda yang ingin mencoba ramuan minyak kayu putih, disarankan membuatnya sendiri dengan merebus 12 gram daun kayu putih segar dan mencampurkan 400 ml air, rebus hingga air tersisa setengahnya. 

Efek Samping Minyak Kayu Putih

Beberapa penjelasan di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan apakah minyak kayu putih bisa diminum? Bisa Anda tarik kesimpulan bahwa minyak kayu putih yang beredar tidak terjamin kemurniannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin tetap mencoba usaha ini perlu berhati-hati atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan daun kayu putih. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika terjadi efek samping setelah meminum minyak kayu putih, di antaranya:

  1. Minum Susu atau Arang Aktif

Jika Anda atau anak Anda mengalami keracunan karena meminum minyak air kayu putih, Anda tidak perlu berusaha untuk memuntahkan minyak kayu putih tersebut karena bisa menimbulkan iritasi.

Anda atau anak Anda bisa segera meminum susu atau arang aktif yang terdapat dalam obat-obat anti diare tertentu, sebagai penanganan pertama.

  1. Larikan ke Rumah Sakit

Setelah Anda melakukan penanganan awal di rumah, segeralah bawa ke UGD rumah sakit terdekat, agar dokter bisa langsung mengecek kondisi tubuh Anda serta melakukan tindakan selanjutnya.

Jika diperlukan, dokter akan memberikan oksigen, memasang infus, serta melakukan tindakan pembiusan lambung untuk mengeluarkan minyak kayu putih yang belum terserap di lambung.

Itulah beberapa penjelasan seputar informasi minyak kayu putih bisa diminum atau tidak. Bahkan bagi Anda yang ingin mengkonsumsi minyak kayu putih beberapa tetes dengan dicampurkan air putih sebaiknya pertimbangkan kembali, dan konsultasikan dengan dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cegah Infeksi Virus Dengan 5M Covid Berikut Ini!

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami