Bantuan

Mengenal Berbagai Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

manfaat daun jarak untuk bayi

Apakah Anda tahu apa saja manfaat daun jarak untuk bayi? Ternyata daun jarak memiliki beberapa manfaat untuk bayi. Hal ini karena daun jarak dipercaya memiliki beberapa senyawa penting yang berguna dalam mengobati macam-macam penyakit. Beberapa senyawa yang dipercaya ada di dalam daun arak yaitu, alkaloid, fitonutrien, nicotiflorin, astragalin dan quercetin.

Overview Daun Jarak

Daun jarak memiliki nama latin yaitu Ricinus communis dan berasal dari keluarga Euphorbiaceae. Tumbuhan ini menghasilkan biji jarak yang umumnya digunakan dalam dunia kesehatan dengan cara diolah menjadi minyak jarak. Minyak jarak ini dipercaya memiliki banyak manfaat mulai dari melancarkan buang air besar hingga membantu melancarkan ASI. 

Sedangkan daun jarak dikenal sebagai obat pencahar alami yang dapat melancarkan buang air besar. Selain itu, daun jarak juga memiliki sifat lactogogue yang dapat merangsang, mempertahankan, dan meningkatkan produksi air susu ibu. 

Manfaat Daun Jarak Untuk Bayi

Lantas apa saja manfaat daun jarak untuk bayi? Simak terus penjelasan mengenai manfaat daun jarak untuk bayi di bawah ini. 

  1. Mengatasi BAB

Manfaat daun jarak untuk bayi yang pertama yaitu dapat mengatasi buang air besar. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan memanaskan daun jarak di atas kompor terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan minyak telon pada daun jarak yang telah dipanaskan. Kemudian letakkan daun jarak di atas perut bayi dan bungkus menggunakan kasa gulung. 

  1. Mengatasi Iritasi Kulit

Kulit bayi pada umumnya lebih sensitif apabila dibandingkan kulit orang dewasa. Oleh karena itu, bayi lebih mudah mengalami iritasi. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menggunakan daun jarak pada bayi. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk daun jarak hingga halus lalu oleskan pada kulit bayi yang mengalami iritasi. Anda bisa melakukannya secara rutin hingga iritasi pada kulit bayi sembuh. 

  1. Mengatasi Demam

Demam pada bayi umumnya akan membuat sang ibu khawatir dan panik. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir, karena demam merupakan reaksi alami tubuh dalam melawan kuman atau bakteri. Namun Anda juga bisa menggunakan daun jarak untuk mengatasi demam pada bayi. Caranya yaitu dengan menempelkan daun jarak pada ubun-ubun bayi hingga demamnya mulai mereda. 

  1. Mengatasi Kembung

Daun jarak sudah sejak lama dikenal dapat mengatasi perut kembung pada bayi. Cara menggunakan yaitu dengan memanggang daun jarak hingga layu. Setelah layu, Anda perlu memberikan minyak kelapa sedikit pada daun jarak yang  telah layu. Kemudian tempelkan daun jarak yang telah diolesi minyak di atas perut bayi yang kembung. 

  1. Mengobati Masuk Angin

Anak yang mengalami masuk angin pada umumnya akan rewel tiada henti sehingga sang ibu akan khawatir. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan daun jarak. Cara menggunakan yaitu dengan memanggang daun jarak hingga layu. Setelah itu oleskan sedikit minyak kayu putih pada daun jarak yang layu. Kemudian tempelkan daun jarak pada punggung, dada atau perut bayi. 

  1. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh bayi. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak kepala pada daun jarak. Setelah itu panggang daun jarak hingga layu. Ketika daun jarak telah layu, maka tempelkan daun jarak pada perut bayi hingga diare mulai mereda. 

  1. Mengatasi Lidah Putih

Manfaat daun jarak pada bayi yang terakhir yaitu dapat mengatasi lidah putih. Kondisi ini umumnya terjadi karena sisa ASI yang menempel pada lidah. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan getah daun  jarak. Caranya yaitu dengan meneteskan getah daun jarak pada lidah bayi. Nantinya bayi akan mengeluarkan air liur bersamaan dengan keputihan pada lidah bayi. 

Nah itulah beberapa manfaat daun jarak untuk bayi yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat bahwa beberapa manfaat daun jarak ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Apabila Anda ingin menggunakan daun jarak pada bayi, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengetahui Macam-Macam Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Parenting Healthy Babies. 2015. Health Benefits of Castor Oil for Babies. https://parentinghealthybabies.com/health-benefits-castor-oil-babies/

Mrunal. 2019. Is Castor Oil Safe for Babies?. https://parenting.firstcry.com/articles/castor-oil-for-babies-benefits-precautions-and-risks/

Kuete, Victor. 2014. Ricinus communis. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/ricinus-communis

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang