Bantuan
Free Tele x

Covid Varian Beta: Ketahui Pengertian, Gejala, Pencegahan dan Cara Penyembuhannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Covid Varian Beta: Gejala, Pencegahan & Cara Penyembuhannya

Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah memuncak seperti saat ini, mungkin Anda sering mendengar istilah Covid varian Beta dari berbagai media atau informasi lainnya. Benar saja, saat ini Covid-19 telah memiliki beberapa jenis atau varian yang telah menyebar diseluruh dunia, salah satunya yaitu varian Beta.

Namun, apakah sebenarnya Covid varian Beta tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian, gejala, pencegahan dan juga cara penyembuhannya. 

Covid Varian Beta

Covid varian Beta merupakan mutasi yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada akhir tahun 2020. Hingga saat ini setidaknya telah tersebar di lebih dari 80 negara.

Selain itu, Covid varian Beta juga dipercaya mampu menghindari sistem kekebalan tubuh. Sehingga, beberapa vaksin tertentu hanya mampu memberikan perlindungan sekitar 10% terhadap gejala ringan dan sedang.

Baca Juga: Bermutasi Menjadi Varian Baru, Kenali Perbedaan Covid Varian Alfa, Beta, Gamma, dan Delta

Gejala Covid Varian Beta

Gejala yang ditimbulkan dari Covid varian Beta kurang lebih sama dengan Covid-19 pada umumnya. Beberapa gejala yang bisa timbul yaitu, sakit kepala, sakit perut, sakit tenggorokan, demam, dan hilangnya indra penciuman. Apabila Anda merasakan gejala tersebut, bisa segera untuk melakukan pemeriksaan agar bisa ditangani lebih cepat. 

Cara Mencegah Covid Varian Beta

Lantas, bagaimana cara mencegah penyebaran varian baru ini? Cara mencegah Covid varian Beta ini, sebenarnya sama seperti mencegah Covid-19 pada umumnya yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini paling efektif dalam mencegah karena dapat memutus rantai penyebaran virus. Berikut ini protokol kesehatan 5M yang perlu Anda lakukan untuk mencegah Covid varian baru ini menginfeksi Anda.

  1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan berguna untuk menghilangkan kuman, bakteri dan virus yang menempel pada tangan agar tidak berpindah ke dalam tubuh. Sebaiknya mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik atau menggunakan antiseptik. 

  1. Menggunakan Masker

Apabila di awal pandemi, Anda dianjurkan menggunakan masker. Akan tetapi, saat ini Anda disarankan untuk menggunakan masker dua lapis, yaitu masker medis pada bagian dalam dan masker kain pada bagian luar. 

  1. Menjaga Jarak

Menjaga jarak bertujuan untuk menghindari droplets yang dikeluarkan ketika bicara, bersin, dan batuk. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga jarak paling minimal 1 meter. 

  1. Menjauhi Kerumunan

Sama halnya dengan menjaga jarak, menjauhi kerumunan juga bertujuan agar virus dari orang lain tidak berpindah ke Anda. Anda tidak tahu di dalam kerumunan tersebut siapa yang bebas dari virus ataupun siapa yang membawa virus di tubuhnya. 

  1. Mengurangi Mobilitas

Apabila Anda tidak memiliki keperluan yang sangat mendesak, sebaiknya Anda berdiam diri di rumah dan tidak kemana-mana. Karena virus bisa berada di mana saja, jangan sampai Anda membawa virus ke keluarga di rumah. 

Selain menerapkan protokol kesehatan 5M tersebut, vaksin merupakan salah satu cara untuk mencegah Anda terinfeksi Covid varian baru. Walaupun vaksin Covid tidak mampu mencegah secara maksimal, akan tetapi tetap bisa untuk meminimalisir infeksi yang terjadi. 

Vaksin yang memiliki efektifitas lebih tinggi terhadap Covid varian baru ini yaitu vaksin Novavax. Vaksin novavax memiliki tingkat efektifitas hingga 60%. Sedangkan untuk vaksin AstraZeneca hanya memiliki tingkat efektifitas sebesar 10%. 

Cara Penyembuhan Covid Varian Beta

Lantas bagaimana cara penyembuhan Covid varian Beta? Penyembuhan Covid varian Beta tidak jauh berbeda dengan Covid lainnya, karena hingga ini belum ada obat untuk Covid-19.

Orang yang positif Covid varian Beta, apabila mengalami gejala yang cukup berat, maka akan dirawat di rumah sakit oleh tim dokter dan diberikan obat untuk meredakan gejalanya. Untuk orang-orang yang tidak mengalami gejala, maka dianjurkan untuk isolasi mandiri dan diberikan suplemen dan vitamin untuk dikonsumsi. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Covid varian Beta yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi mengenai Covid varian Beta ini bisa bermanfaat bagi Anda. Mari ajak keluarga dan orang-orang terdekat Anda untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus, serta menerapkan pola hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh selalu baik. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cegah Infeksi Virus Dengan 5M Covid Berikut Ini!

 

Sumber:

1. Available At: http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-di-indonesia.html.

3. What are the Covid-19 variants and how do Alpha, Beta and Delta differ? (2021)

4. Alpha, Beta, Delta, Gamma: What’s important to know about SARS-CoV-2 variants of concern? (2021)

5. Schulman, Jill Seladi. How Many New Coronavirus Variants Are There? (2021)

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami