Bantuan

Ciri-Ciri Hamil yang Penting untuk Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Feb 2022

Bagikan

ciri-ciri hamil

Ciri-ciri hamil yang paling umum dan diketahui oleh banyak orang ialah telat haid. Akan tetapi, ciri-ciri hamil tidaklah sebatas itu, masih banyak lagi ciri-ciri hamil yang perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang mengalami siklus haid yang tidak teratur tentu sulit mengetahui kehamilan

Untuk mengetahui kehamilan sebenarnya bisa menggunakan alat tes kehamilan seperti test pack. Namun, ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda lihat dari apa yang Anda rasakan. Simak beberapa ciri-ciri hamil yang perlu Anda ketahui di bawah ini. 

Baca juga: Waspadai, Berikut Ini Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

  1. Telat haid

Ciri-ciri hamil yang pertama dan sudah umum diketahui, yaitu telat haid. Apabila setelah berhubungan seksual tidak kunjung haid maka ada kemungkinan pembuahan sedang berlangsung. Apabila benar terjadi pembuahan maka akan berkembang menjadi janin dan bayi. Namun, apabila tidak terjadi pembuahan maka nantinya sel telur akan luruh dan terjadi haid. 

  1. Mual dan muntah

Selain telat haid, salah satu ciri-ciri hamil yang paling umum diketahui selanjutnya, yaitu mual dan muntah. Umumnya mual dan muntah ini sering terjadi di pagi hari sehingga disebut juga dengan morning sickness. Sekitar 80% wanita hamil akan merasakan morning sickness ini pada awal-awal kehamilan. Akan tetapi, ciri-ciri ini tidak hanya dirasakan di pagi hari, terkadang juga bisa di sore hari, siang hari maupun malam hari. 

  1. Payudara membengkak

Ciri-ciri hamil yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yaitu payudara membengkak. Hal ini merupakan suatu yang wajar karena payudara mulai terisi ASI untuk persiapkan menyusui setelah melahirkan. Selain itu, wanita hamil juga akan mengalami payudara yang menjadi lebih sensitif. Tidak hanya itu, warna puting juga akan mengalami perubahan, yaitu berwarna kemerahan atau menjadi lebih hitam dari biasanya. 

  1. Kram dan muncul bercak darah

Pada usia kehamilan 1 hingga 4 minggu umumnya akan muncul ciri-ciri hamil berupa kram dan muncul bercak darah. Mungkin ciri-ciri hamil ini sering keliru karena dianggap sebagai haid. Padahal hal ini bisa jadi merupakan salah satu tanda kehamilan. Oleh karena itu, apabila bila Anda telah telat haid dan kemudian merasakan kram dan muncul bercak darah maka bisa segera konsultasi ke dokter. 

  1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri hamil yang selanjutnya, yaitu sering buang air kecil. Hal ini bisa terjadi karena adanya peningkatan hormon human chorionic gonadotropin. Hormon ini merupakan hormon yang dapat menyebabkan aliran darah ke ginjal meningkat sehingga produksi urin pun meningkat. Tidak hanya itu, usia kehamilan yang semakin membesar juga bisa menyebabkan kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga Anda akan merasa ingin  buang air kecil terus menerus. 

  1. Indra penciuman menjadi sensitif

Indra penciuman menjadi lebih sensitif merupakan salah satu ciri-ciri hamil yang biasanya dialami oleh wanita hamil. Hal inilah yang membuat beberapa wanita hamil akan merasakan pusing hingga perubahan suasana hati ketika mencium aroma tertentu. Walaupun sebelumnya, ketika mencium aroma tersebut ibu hamil tidak mempermasalahkan, bahkan beberapa ibu hamil juga akan mengalami perubahan selera makan karena mencium aroma makanan tertentu. 

  1. kelelahan

Ciri-ciri hamil yang selanjutnya, yaitu kelelahan atau merasa tubuh menjadi lemah. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron secara drastis selama kehamilan. Selain itu, melemahnya sistem imun agar embrio dapat menetap dan melekat pada rahim merupakan salah satu penyebab kelelahan yang dialami wanita hamil. Tidak hanya itu, darah yang banyak menuju rahim juga menjadi penyebab ibu hamil cepat merasa lelah. 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hamil yang biasanya muncul di awal kehamilan. Apabila Anda mengalami ciri-ciri kehamilan tersebut, Anda bisa segera melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, lakukan tes menggunakan test pack di pagi hari saat Anda kencing pertama di pagi hari. Untuk lebih menyakinkan lagi, Anda bisa memeriksakannya ke dokter. Apabila benar Anda positif hamil, maka sebaiknya untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter untuk memantau perkembangan janin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda yang Seringkali Tidak Disadari Berikut Ini

Referensi

NIH. 2017. What are some common signs of pregnancy?. https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/signs

Mayo Clinic. 2019. Getting Pregnant. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Bagikan artikel ini