Bantuan

Ini Dia Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit yang Bisa Anda Gunakan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Mar 2022

Bagikan

lulur alami

Sudahkah Anda tahu apa saja lulur alami memutihkan kulit? Memiliki kulit putih bersih merupakan impian hampir sebagian besar wanita. Akan tetapi, untuk mendapatkan kulit putih bersih dibutuhkan berbagai macam skincare yang tidak murah harganya. 

Namun bagi Anda yang merasa enggan mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk skincare yang mahal, tetapi tetap ini memiliki kulit yang putih  tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada berbagai macam bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit. 

Lulur Alami Untuk Memutihkan Kulit

Lantas apa saja bahan alami yang bisa dijadikan lulur alami tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai lulur.

  1. Lidah buaya

Bahan alami yang bisa Anda jadikan lulur untuk memutihkan kulit yang pertama lidah buaya. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit salah satunya yaitu sebagai lulur alami. Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan aloesin yang berfungsi menghambat pertumbuhan melanin kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke bagian  kulit. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

Baca juga: Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

  1. Kopi

Tidak hanya enak untuk diseduh, ternyata kopi juga bermanfaat sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit. Menggunakan kopi sebagai lulur alami dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan juga mengecilkan pori-pori. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan bubuk kopi yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan bubuk kopi tersebut untuk lulur pada kulit Anda layaknya menggunakan lulur pada umumnya. Jika sudah, maka bilaslah dengan air bersih. 

Baca juga: Mari Ketahui Beragam Manfaat Masker Kopi untuk Kesehatan Kulit

  1. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C yang dapat menjaga kulit tetap cerah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C ini juga dapat merangsang kulit untuk beregenerasi. Oleh karena itu, banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan pemutih kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan memarut bengkoang kemudian peras seperti memeras santan. Setelah itu gunakan sari bengkoang sebagai lulur. 

  1. Air Beras

Bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai lulur alami selanjutnya yaitu air beras. Hal ini karena air beras memiliki kandungan asam ferulic dan juga allantoin. Kedua kandungan ini dapat melindungi kulit dan memutihkan kulit. Cara menggunakannya yaitu, cucilah beras terlebih dahulu.  Setelah itu, biarkan air bekas cucian beras tersebut selama beberapa saat agar mengendap. Setelah itu, gunakan endapan air beras tersebut sebagai lulur untuk memutihkan kulit Anda. 

  1. Tomat

Tomat memiliki kandungan senyawa antioksidan lycpine yang telah terbukti dapat menangkal paparan radikal bebas sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Tidak hanya itu, tomat juga dapat berfungsi sebagai tabir surya yang dapat memperbaiki kerusakan kuit akibat paparan sinar UV. Cara menggunakannya yaitu dengan menimbuk tomat hingga halus. Setelah itu, oleskan pada permukaan kulit dan diamkan selama 30 menit. 

  1. Jeruk nipis

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit selanjutnya. Hal ini karena jeruk nipis memiliki senyawa yang dapat mencerahkan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan ,memotong jeruk nipis kemudian peras. Perasan jeruk nipis ini perlu Anda oleskan pada permukaan kulit secara merata, lalu diamkan selama 30 menit. 

  1. Susu murni

Bahan alami yang bisa Anda gunakan terakhir sebagai lulur untuk memutihkan kulit yaitu susu murni. Hal ini karena susu memiliki kandungan asam laktat yang berguna untuk mencerahkan kulit kusam dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan kapas pada susu. Setelah itu oleskan pada kulit yang gelap dengan sedikit memberi tekanan. Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilang menggunakan air bersih. 

Nah itulah dia beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit. Perlu diperhatikan, mungkin beberapa bahan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes alergi terlebih dahulu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Styli Brightening. DIY Brightening Scrub. https://lighterskin.shop/2020/02/24/diy-brightening-scrub-skin-lightening/

Price, Dori. 2020. 8 Best DIY Natural Face Scrubs for Glowing Skin. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/g32711085/diy-face-scrubs/

Syeda, Arshiya. 2021. 10 Simple Homemade Body Scrubs For Gorgeous, Glowing Skin. https://www.stylecraze.com/articles/2-simple-diy-body-scrubs-for-gorgeous-glowing-skin/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang