Bantuan

Rekomendasi Jenis Obat Totol Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan di Drugstore

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

obat totol jerawat

Berbicara tentang obat totol, tentu tidak terlepas dari masalah jerawat pada kulit wajah. Munculnya jerawat di area wajah adalah hal yang lumrah bagi sebagian orang, meski seringkali dianggap juga sebagai hal yang mengganggu. Makanya, tak heran kalau Anda mencari segala cara untuk menghilangkan jerawat dari kulit wajah. 

Bila Anda membutuhkan rekomendasi obat yang bagus untuk mengatasi masalah jerawat Anda, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa referensi berikut. Dengan begitu, jerawat yang muncul di wajah bisa segera terawat dan terobati. 

Kandungan Zat Obat Totol Jerawat Terbaik

Seberapa sering jerawat muncul di area wajah Anda? Munculnya jerawat di wajah ini ternyata berhubungan erat dengan kondisi pori-pori wajah Anda. Jika pori-pori wajah Anda kotor dan memproduksi minyak berlebih, maka bisa memicu munculnya bakteri. 

Bakteri-bakteri inilah yang akan membuat wajah Anda menjadi berjerawat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kalau disusul dengan munculnya masalah-masalah kulit lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan seperti berikut ini. 

1. Alpha Hydroxy Acids

Saat ingin mengobati kulit wajah Anda dari masalah jerawat, coba lakukan pengecekan ulang pada bahan-bahan yang dipakai dalam obat tersebut. Pastikan bahwa ada bahan bernama Alpha Hydroxy Acids yang menjadi salah satu zat aktif di obat yang Anda pakai tersebut. 

Secara umum, zat Alpha Hydroxy Acids ini bisa mencegah munculnya jerawat. Lalu, pori-pori wajah Anda yang lebar pun sedikit demi sedikit bisa mengecil. Sel-sel kulit mati dan meradang akibat terjadinya hiperpigmentasi sengatan sinar UV pun bisa berkurang apabila Anda melakukan perawatan ini secara rutin. 

2. Azelaic Acid

Zat lain yang wajib ada di obat totol Anda adalah Azelaic Acid. Zat ini terbukti bisa membantu mengurangi munculnya jerawat di area wajah. Selain itu, hiperpigmentasi yang terjadi pasca jerawat pun akan jauh lebih berkurang daripada saat Anda tidak mengaplikasikan zat ini di obat yang Anda pakai. 

Karena alasan itulah, zat ini menjadi salah satu pilihan terbaik buat Anda yang mengalami jerawat, terutama orang-orang yang mengalami rosacea. Jika wajah Anda sudah menunjukkan kondisi berjerawat dengan tingkat inflamasi ringan hingga parah, segeralah cari obat berbahan Azelaic Acid sebagai pertolongan pertama. 

3. Benzoyl Peroxide

Inilah salah satu zat aktif yang handal dan dipercaya bisa membunuh bakteri-bakteri penyebab munculnya jerawat. Faktanya, Benzoyl Peroxide memang menjadi salah satu zat yang paling manjur untuk mengatasi problem di wajah Anda, khususnya jerawat. 

Jika jerawat yang muncul menunjukkan tingkat inflamasi parah, pakailah obat dengan kandungan Benzoyl Peroxide yang aktif. Dengan begitu, permasalahan kulit wajah Anda bisa segera teratasi. 

4. Niacinamide

Zat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para pemburu skincare. Bagaimana tidak, Niacinamide memang sering sekali dipakai menjadi salah satu bahan untuk mencerahkan dan menutrisi kulit wajah. Namun, tahukah Anda bahwa zat ini juga ampuh digunakan sebagai bahan obat totol untuk jerawat? 

Sebagai salah satu bahan yang umum dipakai dalam serum maupun lotion wajah, Niacinamide terbukti memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi proses perawatan wajah. Selain untuk mengatur produksi minyak wajah yang berlebih, zat ini sangat bagus untuk mengurangi terjadinya peradangan akibat jerawat. 

5. Zinc

Rekomendasi kandungan zat untuk obat jerawat adalah Zinc. Zat aktif satu ini memiliki fungsi sebagai zat anti inflamasi. Artinya, Zinc mampu membantu mengurangi munculnya bakteri penyebab jerawat serta menekan jumlah sebum yang berlebih. 

Bagi Anda yang selama ini berkutat dengan masalah komedo dan inflamasi, menggunakan zat Zinc adalah pilihan yang tepat. Sebagai salah satu zat yang memiliki banyak fungsi baik untuk wajah, tentu Anda harus mempetimbangkan zat ini ke dalam salah satu bahan yang wajib ada di obat jerawat Anda. 

Itulah sedikit ulasan mengenai rekomendasi jenis obat totol yang bisa Anda beli di apotek. Jika Anda mengalami kesulitan saat mencari obatnya, berkonsultasilah dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Berbagai Tipe Jerawat dan Bagaimana Cara Menanganinya Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Wightman, Clare. 2021. Pimple Probs? The 18 Best Acne Treatments for Every Skin Type. https://greatist.com/health/best-acne-treatment 

Holland, Theresa. 2021. Hands Down, These Are the 15 Best Night Creams You Can Find at the Drugstore. https://www.byrdie.com/best-drugstore-night-creams-4587568 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang