Bantuan

Deretan Manfaat Kopi untuk Wajah Jika digunakan Sebagai Masker Wajah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

manfaat kopi untuk wajah

Tahukah Anda apa saja manfaat kopi untuk wajah? Pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan kelezatan minuman berkafein yang satu ini. Pada umumnya, kopi digunakan sebagai penambah energi dan juga menghilangkan rasa kantuk agar konsentrasi ketika bekerja menjadi lebih maksimal. Namun ternyata, kopi juga bisa memberikan manfaat bagi wajah.

Manfaat kopi untuk wajah

Kopi memiliki vitamin dan nutrisi yang dapat menyerap ke dalam kulit. Berkat hal tersebut, kopi mampu membersihkan pori-pori hingga mencerahkan kulit. Lantas apa saja manfaat lain dari masker kopi untuk wajah?  Berikut akan dijelaskan jawaban dari pertanyaan tersebut. 

  1. Menenangkan kulit wajah

Manfaat pertama kopi untuk wajah yang bisa Anda dapatkan yaitu menenangkan kulit wajah. Hal ini karena, kopi memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut akan menyerap ke dalam kulit sehingga dapat menenangkan kulti karena iritasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ataupun penggunaan produk tertentu. 

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Selain dapat menenangkan kulit, masker kopi juga bermanfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi, bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Walaupun begitu, Anda tetap sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya ketika berpergian di luar ruangan terutama di bawah sinar matahari. 

  1. Membuat wajah tampak awet muda

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang awet muda? Dengan menggunakan masker kopi, Anda bisa mewujudkan mimpi setiap wanita ini. Hal ini karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Apabila kulit mendapatkan paparan radikal bebas yang berlebih, maka akan memunculkan berbagai tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan ini juga mampu mencegah terjadinya penurunan kadar kolagen serta meningkatkan produksi elastin. 

  1. Mengurangi selulit

Selulit merupakan timbunan lemak yang berada di bawah kullit yang dapat menggangu penampilan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi selulit ini yaitu dengan menggunakan kopi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan kopi dengan air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada selulit dan gosoklah secara perlahan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan cara ini dengan rutin. 

  1. Mengurangi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering kali membuat banyak orang frustasi karena tidak kunjung selesai. Namun, dengan menggunakan kopi sebagai masker wajah, maka masalah yang satu ini pun dapat teratasi. Hal ini berkat kandungan chlorogenic acid pada kopi memiliki sifat anti peradangan dan juga antibakteri sehingga membuat kulit terhindar dari bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Tidak hanya itu, kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. 

  1. Menyamarkan mata panda 

Tidak hanya jerawat, mata panda juga merupakan salah satu permasalahan yang membuat banyak orang tidak percaya diri, terutama para wanita. Namun ternyata, Anda bisa menyamarkan mata panda tersebut menggunakan kopi. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat memperlebar peredaran darah pada area mata. Dengan begitu, lingkaran hitam yang ada area mata karena penyempitan aliran darah akan tersamarkan. 

  1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kopi untuk wajah yang terakhir yaitu mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Sel kulit mati itu sendiri merupakan salah satu penyebab kulit Anda menjadi kusam. Salah satu cara mengangkat sel kulit mati ini yaitu dengan menggunakan scrub yang berbahan alami salah satunya yaitu kopi. Hal ini karena kopi memiliki kandungan asam sehingga mampu melancarkan aliran darah dan juga meningkatkan sel-sel kulit mati, sehingga wajah Anda akan tampak lebih cerah. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat kopi untuk wajah yang perlu Anda ketahui. Walaupun memiliki banyak manfaat, Anda tidak boleh hanya bergantung pada masker kopi untuk perawatan kulit wajah. Anda tetap membutuhkan beberapa produk perawatan lain untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan apakah kulit cocok dengan masker kopi atau tidak.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Minum Obat Setelah Minum Kopi, Amankah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cherney, Kristeen. 2018. Does Coffee Have Any Benefits for Your Skin?. https://www.healthline.com/health/coffee-benefits-for-skin#benefits.

Johnson, Jon. 2018. Eight ways to use coffee on the skin, scalp, and hair. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322875

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang