Bantuan

Rekomendasi Makanan Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

makanan asam folat

Asam folat untuk ibu hamil merupakan nutrisi yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain itu, asam folat juga akan membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Oleh karena itu, ibu hamil sering dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. 

Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi asam folat dapat menurunkan risiko autis pada bayi sebanyak 40% apabila dikonsumsi 4 minggu sebelum kehamilan dan 8 minggu selama kehamilan. Tidak hanya itu saja, asam folat untuk ibu hamil juga dapat mengoptimalkan perkembangan saraf janin untuk membentuk sumsum tulang belakang dan juga sel darah merah. 

Makanan Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Pada beberapa ibu hamil mungkin tidak tahu apa saja makanan yang mengandung asam folat. Namun sebenarnya, terdapat banyak makanan yang mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas apa saja makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil tersebut? Berikut ini akan disajikan rekomendasi makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. 

  1. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil pertama yaitu sayuran hijau seperti seledri, lobak, kangkung dan bayam. Bahkan dalam satu cangkir bayam yang setara dengan 30 gram memiliki kandungan asam folat sebanyak 58,2 mikrogram. Tidak hanya memiliki kandungan asam folat, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin K dan juga serat yang baik untuk ibu hamil. 

Baca juga: Adakah Sayuran Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil? Mari Ketahui Di Bawah Ini

  1. Alpukat

Pada setengah bagian buah alpukat terdapat kandungan asam folat sebanyak 80 hingga 90 mikrogram. Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, alpukat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Akan tetapi, Anda tidak dapat mengonsumsinya secara berlebihan karena alpukat memiliki kandungan lemak. 

  1. Asparagus

Dalam setengah cangkir asparagus yang setara dengan 90 gram memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi yaitu 134 mikrogram. Selain kaya dengan asam folat, asparagus juga kaya dengan kandungan antioksidan, antiradang dan antibakteri. Tidak hanya itu, asparagus juga memiliki kandungan serat yang dapat memenuhi 7% kebutuhan harian Anda.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kacang polong hingga walnut ternyata memiliki kandungan asam folat. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein antioksidan, zat besi, serat dan magnesium yang baik. Akan tetapi Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan penimbunan lemak di dalam tubuh. 

  1. Brokoli

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu brokoli. Tidak hanya memiliki kandungan asam folat, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C dan kaya akan antioksidan yang berguna dalam kesehatan ibu hamil. Anda juga tidak perlu khawatir mengonsumsi brokoli, pasalnya sayur ini aman dikonsumsi secara rutin. 

  1. Telur

Makanan yang sangat mudah ditemukan yang satu ini ternyata memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Dalam satu butir telur setidaknya terdapat kandungan asam folat sebanyak 23,5 mikrogram. Namun perlu diperhatikan, ketika mengonsumsi telur sebaiknya diolah hingga matang sempurna. Pasalnya telur setengah matang memiliki kandungan bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. 

  1. Buah-Buahan

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil yang terakhir yaitu buah-buahan. Salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi yaitu pepaya. Untuk buah jeruk seperti jeruk bali memiliki kandungan asam folat sekitar 30 hingga 40 mikrogram.  Untuk secangkir stroberi memiliki kandungan asam folat sekitar 15 hingga 25 mikrogram. 

Baca juga: Apa Saja Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Demikianlah penjelasan mengenai makanan mengandung asam folat untuk ibu hamil. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal Anda perlu memenuhi kebutuhan harian asam folat untuk ibu hamil sebesar 600 mikrogram. Disarankan juga Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selain mengonsumsi asam folat, ibu hamil juga perlu melakukan pemeriksaan kandungan  secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan jann yang sedang Anda kandung.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ingin Anak Cerdas? Konsumsi Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mother & Baby. 9 healthy foods that are high in folic acid. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy/health/nutrition/folic-acid-foods-pregnancy

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang