Bantuan

Berikut Ini Berbagai Manfaat Sayur Gambas (Oyong) yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 May 2022

Bagikan

Berikut Ini Berbagai Manfaat Sayur Gambas (Oyong) yang Perlu Anda Ketahui

Tahukah Anda, ternyata manfaat sayur gambas bagi kesehatan begitu luar biasa. Sayur gambas atau lebih dikenal dengan oyong ini mungkin tidak sepopuler dengan sayuran lainnya. Akan tetapi, sayur gambas yang memiliki bentuk yang panjang dan mirip timun ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh. 

Kandungan Sayur Gambas

Berbagai manfaat sayur oyong dipercaya berasal dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Setidaknya dalam 100 gram sayur gambas atau oyong memiliki kandungan nutrisi sebagai seperti berikut ini. 

  • Kalori: 20

  • Karbohidrat: 4,35 gram

  • Protein: 1,20 gram

  • Lemak: 0,2 gram

  • Folat 

  • Niacin: 0,0 mg

  • Thiamin: 0,05 mg

  • Riboflavin: 0,60 mg

  • Vitamin A

  • Vitamin C: 12 mg

  • Kalsium: 20 mg

  • Zat besoi: 0,36 mg

  • Magnesium: 14 mg

  • Zinc: 0,07 mg

  • Fosfor: 32 mg

Manfaat Sayur Gambas

Melihat begitu banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki sayur gambas, bukan hal mustahil lagi apabila sayur gambas memiliki manfaat yang luar biasa. Lalu apa saja manfaat dari sayur gambas ini? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur gambas yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan vitamin A dalam sayur gambas. Vitamin A ini dapat mencegah terjadinya berbagai permasalah mata seperti degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi vitamin A, vitamin  C, dan vitamin E mampu menurunkan risiko degenerasi makula hingga 25%. 

  1. Mengatasi Asam Urat

Selain menyehatkan mata, sayur gambas juga merupakan salah satu sayuran alami yang dapat mengatasi asam urat. Hal ini karena sayur gambas memiliki kandungan vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang dapat mengatasi peradangan. Hal ini tentunya dapat meredakan nyeri otot dan sendi yang disebabkan oleh asam urat yang berlebih. 

  1. Mengatasi Alergi

Dalam beberapa studi dijelaskan bahwa kandungan ekstrak sayur gambas seperti, histamin, sulfur, dan galphimia glauca dalam semprotan hidung homeopati dapat mengatasi berbagai gejala rhinitis alergi. Dalam penelitian tersebut, para partisipan akan menggunakan semprotan hidung homeopati sebanyak 4 kali selama 42 hari. 

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat sayur gambas atau oyong yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah diabetes. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mangan dalam sayur gambas yang dapat memproduksi enzim pencernaan yang akan memproses glukoneogenesis di dalam tubuh. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa kandungan mangan dapat berfungsi untuk sekresi insulin, mengurangi peroksida lipid, dan juga meningkatkan fungsi mitokondria.

Baca juga: Menjalani Pola Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes

  1. Mengurangi Artritis

Arthritis merupakan peradangan pada persendian yang disertai dengan kekakuan, pembengkakan, rasa sakit, dan juga keterbatasan gerak. Dalam hal ini,  sayur gambas mampu mengurangi gejala dari artritis ini. Manfaat ini berkat kandungan tembaga yang dapat memberikan sifat antiinflamasi. Hal ini dapat meredakan kekakuan dan juga nyeri yang disebabkan oleh arthritis. 

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat sayur gambas lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu menjaga fungsi otak. Pasalnya, di dalam sayur gambas atau oyong terdapat kandungan zat besi yang penting untuk otak. Zat besi sangat berperan penting di dalam otak karena saat kekurangan zat besi dapat menyebabkan oksigen di dalam otak berkurang sehingga menurunkan produktivitas. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mudah tersinggung, gelisah, dan juga mudah lupa. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur gambas yang perlu Anda ketahui terakhir, yaitu dapat menurunkan berat badan.  Hal ini karena gambas memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, kalori yang rendah, dan juga kolesterol yang rendah. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam sayur gambas juga mampu membuat rasa lapar bertahan lebih lama. Kondisi ini mampu menahan nafsu makan yang berlebih sehingga dapat mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat sayur gambas yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, sebaiknya tidak mengkonsumsi sayur gambas secara berlebihan. Pasalnya, sayur gambas dapat memperburuk masalah asam lambung yang Anda miliki. 

Punya pertanyaan tentang kesehatan? Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Nutrition And You. Luffa (Ridge gourd) Nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/luffa.html

Health Benefits Times. Luffa facts and health benefits. https://www.healthbenefitstimes.com/luffa/

WebMD. Luffa. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-194/luffa

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang