Bantuan
Free Tele x

Kenali Tanda dan Gejala Serangan Jantung

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 05 Sep 2022

Bagikan

Kenali Tanda dan Gejala Serangan Jantung

Serangan jantung atau infark miokard terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung terhenti. Aliran yang terhenti secara total akan menyebabkan kerusakan pada otot jantung. Kenali tanda dan gejala serangan jantung untuk mendapatkan pertolongan segera.

 

Otot jantung Anda membutuhkan pasokan darah yang kaya oksigen secara konstan melalui arteri koroner. Saat terjadi sumbatan pada arteri koroner, aliran darah ke menjadi terhambat. Ketika suplai darah Anda tersumbat, Anda dapat mengalami serangan jantung. 

 

Sumbatan ini diawali dengan lemak, kalsium, protein, dan sel-sel inflamasi yang mengendap dan membentuk plak di dalam arteri koroner. Endapan plak ini keras di luar dan lunak di dalam. Ketika plak retak dan terlepas tubuh Anda akan berusaha menambal luka di dalam arteri tersebut. Tambalan ini dapat menghambat aliran darah secara total, sehingga otot jantung Anda menjadi kurang oksigen. 

 

Kenali Tanda Serangan Jantung Lebih Awal

1. Rasa tidak nyaman di dada

Sebagian besar serangan jantung memiliki gejala tidak nyaman di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit, yang mungkin hilang dan muncul kembali. Rasanya seperti tertindih, diremas, terasa penuh atau nyeri. Gejala nyeri ulu hati juga dapat timbul bila seseorang mengalami serangan jantung bagian belakang.

2. Rasa tidak nyaman di tubuh bagian atas

Gejalanya bisa berupa rasa nyeri atau tidak nyaman yang menjalar pada satu atau kedua lengan (terutama lengan kiri), punggung, leher, rahang atau perut. 

3. Sesak napas

Sesak napas bisa terjadi dengan atau tanpa rasa tidak nyaman di dada. 

4. Tanda-tanda lainnya

Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk keluarnya keringat dingin, mual atau pusing.



Gejala bervariasi antara pria dan wanita 

Seperti pada pria, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada (angina) atau rasa tidak nyaman. Akan tetapi, wanita agak lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, seperti sesak napas, mual, muntah, dan nyeri punggung atau rahang.

 

Segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Bertindak secara cepat dapat menyelamatkan hidup Anda. Semakin lama suplai oksigen ke otot jantung terhenti, semakin banyak kerusakan yang terjadi pada otot jantung. 

 

Demikian informasi mengenai tanda dan gejala serangan jantung yang dapat tim aido sampaikan, semoga bermanfaat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Jantung

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

  1. Heart.org. Warning Signs of a Heart Attack. Diakses pada 2022.

  2. WebMD. Heart Attack. Diakses pada 2022.

  3. CDC. Heart Attack Symptoms, Risk, and Recovery. Diakses pada 2022.

  4. NIH. What Is a Heart Attack? Diakses pada 2022.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Jantung

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami