Berhati-hatilah, Efek Samping Suntik Insulin Tidak Bisa dianggap Remeh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Berhati-hatilah, Efek Samping Suntik Insulin Tidak Bisa dianggap Remeh

Sudahkah Anda mengetahui apa efek samping suntik insulin? Suntik insulin seringkali digunakan oleh para penderita diabetes untuk dapat mengontrol kadar gula darah. Akan tetapi, terdapat beberapa potensi efek samping suntik insulin yang mengincar. 

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh yang berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Pada orang normal, insulin akan diproduksi secara alami. Akan tetapi pada penderita diabetes, produksi insulin tidak mencukupi. Oleh karena itu, penderita diabetes menggunakan cara suntik insulin untuk membantu mengubah glukosa. 

Akan tetapi, dosis dan penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan beberapa efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang tidak boleh Anda anggap remeh. 

Efek Samping Insulin

  1. Alergi

Efek samping suntik insulin yang pertama yaitu menyebabkan reaksi alergi. Tanda-tanda Anda telah mengalami alergi yaitu kulit yang memerah dan terasa gatal. Dalam beberapa kasus bisa terjadi pembengkakan yang disertai rasa nyeri. Pada kasus yang lebih parah, alergi yang disebabkan efek samping suntik insulin menyebabkan sesak dada, pusing, pingsan, dan sesak napas. Hal ini dapat terjadi karena jarum yang digunakan tidak tajam sehingga melukai kulit. 

  1. Hipoglikemia

Efek samping suntik insulin yang selanjutnya ini paling umum dan serius yaitu menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia merupakan kondisi pada saat kadar gula darah terlalu rendah atau di bawah 70 mg/dL. Walaupun insulin bertugas dapat menurunkan glukosa darah, akan tetapi insulin melalui suntikan juga tidak baik bagi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penurunan gula darah secara drastis. Pada saat kadar gula darah terlalu rendah, maka akan menyebabkan otot dan sel-sel hati mengambil glukosa dari darah. 

  1. Lipodistrofi

Suntik insulin juga dapat menimbulkan efek samping lipodistrofi pada area kulit yang disuntik. Lipodistrofi ini dapat terjadi karena terlalu sering mendapatkan suntikan pada bagian yang sama. Hal ini akhirnya menyebabkan lemak pada lapisan kulit menjadi hilang dan mengubah tampilan kulit. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya efek samping yang satu ini yaitu dengan sering mengubah lokasi suntikan. 

Baca Juga: Mengenal Seputar Resistensi Insulin

  1. Resistensi insulin

Resistensi insulin merupakan salah satu efek samping suntik insulin yang mungkin terjadi. Apabila setelah mendapatkan suntikan insulin, namun kadar gula darah tidak turun melainkan melonjak naik. Mungkin hal tersebut disebabkan resistensi insulin. Pada umumnya, resistensi insulin ini terjadi apabila telah mendapatkan suntik insulin dalam jangka panjang. Apabila Anda mengalami resistensi insulin, maka harus mendapatkan dosis yang lebih besar agar dapat menstabilkan kadar gula darah.  

  1. Overdosis insulin

Efek samping suntik insulin yang terakhir yaitu overdosis insulin. Hal ini dapat terjadi apabila kadar insulin yang disuntikan ke dalam tubuh melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila terjadi kelebihan insulin, maka kadar gula darah akan turun secara drastis dan menyebabkan syok insulin. Pada saat Anda mengalami syok insulin, maka akan mengalami hal-hal seperti gelisah, resah, lemak, sulit berdiri tegak, kram otot, pening di kepala, detak jantung yang tidak beraturan, hingga sesak napas. 

Tips menggunakan suntik insulin

Sebelumnya Anda telah melihat bahwa suntik insulin juga berisiko menyebabkan beberapa efek samping yang tidak boleh dianggap remeh. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana tips aman dalam menggunakan suntik insulin. 

Apabila Anda menggunakan suntik insulin, pastikan Anda menyimpannya di dalam kulkas dan tunggu hingga suhunya  berubah sama dengan suhu ruang sebelum digunakan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jarum yang digunakan. Sebaiknya, jarum hanya digunakan untuk sekali pemakaian. 

Selain itu, apabila Anda menggunakan suntik insulin jangan sampai lupa untuk menyuntikkannya. Apabila Anda lupa menyuntikkan insulin, maka akan terjadi hiperglikemia dan memperparah diabetes yang sedang Anda alami. Tidak hanya itu, menggunakan suntik insulin dalam waktu yang sangat dekat akan berisiko juga menyebabkan hipoglikemia. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai efek samping suntik insulin dan tips aman menggunakannya yang tidak boleh dianggap remeh. Apabila Anda ingin menggunakan insulin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mari Mengenal Insulin: Substansi “Sakral” Penderita Diabetes

 

Sumber:

Ogbru, Omudhome. 2019. Insulin for Diabetes Treatment (Types, Side Effects, and Preparations).  

Drug.com. Insulin Side Effects.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi