Bantuan

Tips Ramadhan untuk Pola Hidup yang Lebih Sehat selama di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Apr 2022

Bagikan

pola hidup sehat

Untuk menjaga pola hidup tetap sehat, mengetahui beberapa tips Ramadhan tentu sangatlah penting. Melalui tips-tips ini, kita dapat mempertahankan kebiasaan-kebiasaan lama maupun membuat kebiasaan baru yang baik bagi kesehatan. Dengan kesehatan tubuh yang terjaga, tentunya beribadah di bulan Ramadhan akan terasa lebih khusyuk dan khidmat, bukan?

Lantas apa saja tips Ramadhan yang bagus untuk pola hidup yang lebih sehat? Tanpa ribet dan mudah dilakukan, mari simak terus pembahasan selanjutnya untuk mengetahui tips-tips ini.

Tips Ramadhan untuk Tubuh Sehat 

Tubuh yang tetap sehat dan bugar sepanjang bulan Ramadhan merupakan harapan setiap umat Muslim, karena hal ini dapat mendukung setiap aktivitas ibadah yang dijalani. Adapun beberapa tips yang dapat diterapkan sebagai bagian dari pola hidup yang lebih sehat selama bulan Ramadhan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Minum air 8 gelas per hari

Tips Ramadhan yang pertama dan paling utama, yang oleh karenanya tidak bisa dilewatkan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Hal ini penting karena saat menjalani puasa, tubuh Anda memiliki potensi lebih tinggi mengalami dehidrasi. 

Untuk itu, jangan pernah lupa untuk minum air yang cukup pada saat sahur dan berbuka, minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari. Meskipun begitu, sejatinya kebutuhan cairan tubuh antara pribadi yang satu dengan lainnya dapat berbeda-beda. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sendiri.

Baca juga: Minum Air Putih Sehari Berapa Liter? Berikut Ini Jawabannya

  1. Mengonsumsi kurma saat berbuka

Kurma adalah salah satu buah yang cukup populer selama bulan Ramadhan. Hal ini karena buah manis yang satu ini merupakan takjil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka. Rasanya, tidak lengkap berbuka jika belum ditemani oleh buah yang memiliki banyak manfaat ini.

Manfaat kurma bagi tubuh yang paling utama adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit tertentu, meningkatkan fungsi otak, hingga baik bagi kesehatan tulang. Hal ini karena kurma memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, tinggi serat, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Baca juga: Tidak Hanya Kurma, Ini Dia Berbagai Buah yang Bagus untuk Buka Puasa

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Banyak yang melewatkan rutinitas berolahraga selama bulan Ramadhan karena dianggap menguras banyak energi. Hal ini tentu tidak ada salahnya, namun juga tidak sepenuhnya benar, karena berolahraga selama bulan Ramadhan bisa disiasati agar tidak mengganggu ibadah puasa. 

Dalam hal ini, Anda dapat berolahraga di waktu-waktu tertentu seperti sebelum sahur, setelah berbuka, atau setelah isya. Anda juga dapat memilih jenis olahraga dengan intensitas yang rendah, seperti yoga, dan bersepeda atau berjalan santai di sore hari sambil “ngabuburit”. 
Baca juga: Pilihan Olahraga di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Bugar Menjalani Ibadah

  1. Mencukupi waktu istirahat

Pola tidur yang sehat juga dapat diperoleh dengan mencukupi kebutuhan istirahat, termasuk saat berpuasa. Setiap harinya kita membutuhkan paling tidak 8 jam waktu tidur setiap malam. Dengan mencukupi kebutuhan istirahat ini, sistem imun tubuh dapat bekerja dengan baik, serta suasana hati juga akan semakin membaik. 

Manfaat lainnya dari beristirahat dengan cukup adalah meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, berpikir, bahkan hingga performa fisik sekalipun. Dengan ini, Anda tidak akan cepat merasa lelah dan lesu selama beribadah atau menjalankan aktivitas lainnya di bulan Ramadhan. 

  1. Mengonsumsi buah-buahan 

Tips Ramadhan berikutnya yang dapat terapkan adalah mengonsumsi buah-buahan, terutama yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air ini mampu membantu terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Pada akhirnya, tips yang satu ini akan mampu mencegah beberapa kondisi yang mengganggu, seperti terjadinya sakit kepala, kelelahan, masalah kulit, hingga keram otot selama berpuasa. Adapun beberapa buah-buahan yang bisa Anda sediakan saat sahur atau berbuka adalah jeruk, semangka, buah persik, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai tips Ramadhan yang dapat Anda andalkan untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat bersama keluarga di rumah. Dengan berbekalkan tips ini, semoga Anda dan keluarga dapat menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan sehat dan lancar, tanpa ada satu halangan apapun. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Cara Memulai Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

Referensi

British Council Foundation. 7 Tips to Stay Motivated at Work during Ramadan. https://www.britishcouncilfoundation.id/en/english/articles/stay-motivated-ramadan

Cleveland Clinic Abu Dhabi. TOP TIPS FOR HEALTHY EATING DURING RAMADAN. https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/top-tips-for-ramadan-healthy-eating.aspx

Bagikan artikel ini