Bantuan

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety? Coba Lakukan Beberapa Hal Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

anxiety

Mengingat gejalanya yang cukup mengganggu, banyak orang kemudian bertanya-tanya mengenai cara mengatasi anxiety. Anxiety sendiri merupakan kecemasan yang normal dirasakan oleh siapa saja, terutama ketika Ia menghadapi situasi yang mengkhawatirkan.

Meskipun begitu, kecemasan ini perlu diwaspadai apabila telah berkembang menjadi semakin intens dan sulit dikendalikan. Berkaitan dengan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi anxiety. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu mengenai gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Overview Anxiety Disorder

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, rasa cemas sejatinya merupakan hal yang normal dirasakan, terutama ketika menghadapi situasi yang mengancam, mengkhawatirkan, dan menakutkan. Kecemasan ini dapat timbul juga ketika seseorang menemui kondisi yang mampu menyebabkan stres. 

Sejatinya, ini merupakan hal yang sepenuhnya normal, bahkan dalam beberapa kesempatan dapat menjadi pendorong atau mampu memotivasi seseorang untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin demi menghadapi kondisi dan situasi tersebut.

Namun, ketika kecemasan tersebut menjadi semakin tak terkendali, Ia akan berkembang menjadi anxiety disorder yang dalam hal ini merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan mental. Tanda-tanda kecemasan yang sudah buruk atau mungkin telah berkembang menjadi anxiety disorder adalah ketika rasa cemas yang dialami tetap muncul dan bertahap, meskipun faktor pemicunya telah tiada. 

Bahkan, dalam situasi normal dan tanpa alasan, gangguan kecemasan ini timbul secara tiba-tiba hingga mengganggu aktivitas. Ketika sudah menjumpai kondisi ini, Anda dapat mencurigai kemungkinan adanya anxiety disorder.

Cara Mengatasi Anxiety

Agar tidak semakin berkembang menjadi lebih parah, ada beberapa tips mengenai cara mengatasi anxiety atau kecemasan yang dapat Anda terapkan. Adapun beberapa cara mengatasi anxiety tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tariklah napas yang dalam

Ketika rasa cemas menyerang, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mulai mengendalikannya. Untuk berhasil dalam hal ini, Anda perlu menarik napas dalam-dalam, hingga beberapa saat. Dengan cara ini, tubuh akan menjadi lebih rileks dan aktivitas saraf di otak penyebab stres juga dapat menjadi lebih tenang.

  1. Pusatkan pikiran

Setelah berhasil mengatur napas, selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan cara memusatkan pikiran. Sadari dan terima bahwa Anda tengah mengalami rasa cemas dan bahwa hal tersebut adalah normal dan tidak perlu ditepiskan. Yakini bahwa Anda memiliki kendali terhadap perasaan dan reaksi Anda terhadap rasa cemas tersebut. Setelah itu, mulailah memikirkan hal-hal yang menyenangkan atau Anda juga bisa diam saja tanpa melakukan atau memikirkan apapun. 

  1. Berikan waktu untuk diri sendiri

Setelah sedikit tenang, Anda bisa mulai menyediakan waktu untuk diri sendiri, baik itu untuk bersantai, melakukan teknik relaksasi, mendapatkan pijatan, berendam di air hangat, ataupun melakukan aktivitas menyenangkan lainnya versi Anda sendiri. Dengan hal ini, Anda dapat menjadi lebih tenang dan rasa cemas mungkin akan segera mereda.

  1. Aturlah pola makan dan istirahat

Setelah rasa cemas menghilang, Anda dapat melakukan beberapa tindakan antisipasi demi mencegah rasa cemas ini kembali datang dan menjadi tak terkendali. Dalam hal ini, Anda bisa mulai mengatur pola makan dan istirahat. Makanlah makanan sehat dan beristirahatlah ketika sudah waktunya. Dalam jangka panjang, hal ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat, baik secara fisik maupun psikis.

  1. Berolahraga

Telah banyak sekali studi yang membuktikan betapa olahraga mampu mengurangi gejala-gejala berbagai jenis gangguan kesehatan mental, termasuk anxiety disorder. Dengan demikian, cara mengatasi anxiety sekaligus mengantisipasinya dapat dilakukan dengan berolahraga. Dalam hal ini, olahraga mampu melepaskan bahan kimia yang mampu membuat diri merasa lebih rileks dan bahagia. Selain itu, olahraga juga dapat menjadi pengalih yang bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi anxiety yang perlu Anda ketahui. Apabila cara mengatasi anxiety di atas belum cukup, Anda bisa segera meminta bantuan tenaga profesional, baik itu melalui psikolog ataupun psikiater. Dalam hal ini, Anda dapat memperoleh diagnosis yang tepat, serta solusi terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Anxiety depression: Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Depresi dan Gangguan Kecemasan Menyerang

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic Health System. 2021. 11 tips for coping with an anxiety disorder. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/11-tips-for-coping-with-an-anxiety-disorder

Hirschlag, Ally. 2018. Do You Live with Anxiety? Here Are 11 Ways to Cope. https://www.healthline.com/health/mental-health/how-to-cope-with-anxiety

ADAA. Tips to Manage Anxiety and Stress. https://adaa.org/tips

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang