Bantuan
Free Tele x

Apakah Penyintas Covid Boleh Di Vaksin? Simak Penjelasannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Apakah Penyintas Covid Boleh Di Vaksin? Simak Penjelasannya

Penyintas Covid merupakan mereka yang pernah terinfeksi Covid-19 dan telah sembuh. Para penyintas Covid-19 ini dianggap telah memiliki antibodi yang akan melawan virus Corona.

Seperti yang diketahui, bahwa pemerintah sedang menggalakkan vaksinasi Covid-19 agar herd immunity berhasil tercipta dan mengakhiri pandemi Covid-19 ini. Akan tetapi, apakah penyintas Covid boleh di vaksin? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyintas Covid-19

Sebelum membahas apakah penyintas Covid-19 boleh di vaksin, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa itu penyintas Covid-19 terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan di atas, penyintas Covid-19 merupakan mereka yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Akan tetapi, kapan seseorang bisa dikatakan sembuh dari Covid-19?

Secara umum, seseorang dikatakan sembuh apabila tidak menunjukkan gejala lagi. Akan tetapi untuk lebih memastikan terkadang diperlukan tes PCR kembali. Selain itu, ada kriteria seseorang bisa dikatakan sembuh yaitu

 Pasien tanpa gejala yang telah melewati masa isolasi selama 10 hari setelah dinyatakan positif Covid-19.

 Pasien dengan gejala ringan hingga sedang telah melewati masa isolasi minimal 10 hari dan ditambah 3 hari tidak menunjukkan gejala.

 Pasien dengan gejala berat telah melewati masa isolasi selama 10 hari dan tidak menunjukkan gejala selama 3 hari. Selain itu, diperlukan tes PCR kembali.

Apabila selama 10 hari masih menunjukkan gejala, maka masa isolasi harus diperpanjang hingga gejala hilang dan ditambah 3 hari tanpa gejala.

Apakah Penyintas Covid Boleh Divaksin?

Setelah mengetahui apa itu penyintas Covid, saat ini masuk ke dalam pertanyaan utama. Jawaban dari pertanyaan apakah penyintas Covid boleh divaksin? Jawabannya adalah boleh. Akan tetapi, para penyintas Covid baru bisa mendapatkan vaksin apabila telah sembuh minimal 3 bulan sebelumnya. Hal ini merujuk kepada surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan.

Peraturan ini juga berlaku bagi siapapun yang terinfeksi Covid-19 setelah menerima vaksin pertama. Orang yang terinfeksi Covid-19 setelah menerima dosis pertama akan mendapatkan dosis kedua 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Mengapa harus dilakukan 3 bulan setelah sembuh? Hal ini karena, jeda waktu 3 bulan merupakan waktu yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pembentukan antibodi sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat melawan virus Corona.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Penyintas Covid-19 Perlu Vaksin

Tidak hanya boleh, penyintas Covid-19 juga perlu vaksin dan diwajibkan sama seperti yang lainnya. Walaupun penyintas Covid memiliki antibodi yang dapat melawan virus Corona. Akan tetapi, tidak diketahui secara pasti apakah antibodi yang dimiliki mampu bertahan lama untuk melindungi tubuh.

Pada sebuah studi menyatakan bahwa antibodi yang dimiliki oleh penyintas Covid-19 dapat bertahan hingga 8 bulan setelah dinyatakan sembuh, tetapi perlu penelitian lebih lanjut. Selain itu, ada kemungkinan bahwa penyintas Covid-19 dapat terinfeksi virus Corona kembali.

Hal itulah yang menyebabkan penyintas Covid-19 juga perlu untuk divaksin. Vaksin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko terinfeksi virus Corona.

Manfaat Vaksin Covid

Selain membahas mengenai apakah penyintas Covid boleh divaksin, sebaiknya Anda juga perlu tahu apa manfaat vaksin. Manfaat vaksin tidak hanya mencegah Anda terinfeksi virus Corona, namun ada manfaat lainnya. Berikut ini manfaat vaksin yang perlu Anda ketahui.

  1. Melindungi Diri Sendiri

Manfaat vaksin pertama yaitu melindungi diri dari terkena Covid-19 atau meminimalkan timbulnya gejala Covid-19 yang berat. Walaupun vaksin tidak mampu melindungi 100% dari virus Corona, namun dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

  1. Melindungi Orang Lain

Selain melindungi diri sendiri, vaksin juga mampu melindungi orang lain. Ketika jumlah orang yang divaksin sudah dalam cakupan yang luas, maka dapat tercipta herd immunity.

  1. Menghentikan Penyebaran Virus

Pada dasarnya, pemberian vaksin bukan untuk memutus penyebaran virus. Akan tetapi, dalam jangka panjang diharapkan vaksin dapat menghentikan penyebaran virus atau memusnahkan Covid-19.

Nah, itulah informasi mengenai penyintas Covid-19 dan jawaban dari pertanyaan apakah penyintas Covid boleh divaksin. Jadi kesimpulannya adalah penyintas Covid-19 boleh divaksin dan perlu untuk divaksin sama seperti orang pada umumnya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Vaksin Online Dan Persiapannya

 

Sumber:

1. Coronavirus disease (COVID-19): Vaccines (2020)

2. Eldred, Sheila Mulrooney. Coronavirus FAQ: I Had COVID. Should I Get The Vaccine? (2021)

3. Criteria for releasing COVID-19 patients from isolation (2020)

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami