Bantuan

Rapid Test Antigen dan Antibodi Untuk Tes Penyaringan Covid-19

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 22 Apr 2021

Bagikan

Rapid Test Antigen & Antibodi Untuk Tes Penyaringan Covid-19

Tes penyaringan (screening) untuk mengontrol penyebaran COVID-19, yang saat ini umum dilakukan adalah rapid test antigen dan rapid test antibodi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, tes penyaring yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi dan perjalanan penyakit dari Covid-19.

Definisi Rapid Tes Antigen

Rapid test antigen mempunyai nama lain lateral flow immunoassay adalah tes cepat yang mendeteksi bagian dari virus. Di sisi lain rapid tes antibodi adalah tes cepat yang mendeteksi antibodi dalam darah. 

Cara Kerja dan Sampel Rapid Test Antigen

Antigen merupakan suatu protein bagian dari virus. Virus SARS-CoV-2 awalnya menyerang saluran bagian napas atas. Oleh karena itu antigen SARS-CoV-2 diambil dari saluran bagian napas atas, yakni dengan swab nasofaring (bagian hidung yang berbatasan dengan kerongkongan) atau sampel lain dari saluran pernapasan atas. 

Jika terdapat antigen SARS-CoV-2 yang terdeteksi, orang tersebut kemungkinan besar sedang terinfeksi oleh SARS-CoV-2. Namun swab antigen dapat menimbulkan kesalahan terutama jika hasil negatif. Hasil negatif pada rapid tes antigen tidak menjamin seseorang bebas dari infeksi covid-19. 

Indikasi Melakukan Rapid Tes Antigen

Beberapa indikasi rapid tes antigen adalah

  • Gejala yang sesuai dengan gejala covid-19, seperti demam, batuk, sesak napas, dan kelemahan

  • Memiliki riwayat kontak erat dengan curiga atau terkonfirmasi covid-19. Kontak erat dideskripsikan dengan berjarak 6 kaki (1,8 meter) selama setidaknya 15 menit

  • Melakukan kegiatan yang berisiko terkena covid-19

  • Dirujuk oleh dokter

Sebaiknya tes cept antigen dilaksanakan kurang dari 5 – 7 hari setelah gejala muncul.

Baca Juga: Rapid Test Antibodi vs Rapid Test Antigen, Mana Yang Lebih Efektif?

Pengambilan Spesimen Rapid Test Antigen

Sebelum melakukan tes, pakai alat pelindung diri serta selalu mentaati protokol kesehatan. Pengambilan sampel umumnya dilakukan di nasofaring, yakni batasan hidung dan mulut. Petugas pengambilan sampel akan memasukkan suatu stik tipis dan fleksibel ke dalam hidung sampai menyentuh nasofaring. Prosedur pengambilan sampel ini menimbulkan ketidaknyamanan. 

Selain nasofaring, lokasi lain untuk rapid tes antigen adalah 

  • Orofaring, yakni batasan antara mulut dan tenggorok

  • Hidung bagian depan

  • Saliva

Pengambilan sampel dilakukan sesuai instruksi alat rapid tes. Berdasarkan pedoman CDC (Badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat) pengambilan spesimen dapat dilakukan di fasilitas kesehatan atau dirumah dibawah pengawasan tenaga kesehatan. 

Hasil Rapid Test Antigen

Sesuai dengan namanya, tes cepat antigen dapat menunjukkan hasil yang cepat kurang < 1 jam. Hasil positif mengindikasikan sedang terjadi infeksi virus SARS-CoV-2. Disisi lain hasil negatif berarti tidak terjadi infeksi virus SARS-CoV-2 dengan catatan hasil ini dapat salah.

Jika negatif, bisa saja sudah terdapat infeksi virus SARS-CoV-2 tetapi antigen sudah tidak dapat terdeteksi lagi karena waktu pengambilan tes yang tidak sesuai. Oleh karena itu, selalu patuhi protokol kesehatan walaupun hasil tes antigen negatif.

Langkah berikutnya jika seseorang mendapatkan hasil positif pada pemeriksaan antigen adalah isolasi mandiri. Isolasi mandiri dilakukan sampai gejala membaik, sudah 3 hari bebas demam, dan setidaknya dilakukan 10 hari terhitung dari hari pertama munculnya gejala. Jika tidak ada gejala, isolasi mandiri dilakukan 10 hari terhitung dari hari setelah dilakukannya tes. 

Tempat dan Biaya Rapid Test

Rapid tes antigen dapat dilakukan di berbagai tempat yang menyediakan fasilitas tes ini. Namun perlu diperhatikan pengambilan spesimen rapid test umumnya memerlukan keahlian. Jika tidak memiliki keahlian, hasil tes ini dapat keliru. Tes cepat juga dapat dilakukan di rumah tetapi hanya dalam supervisi tenaga kesehatan. Di rumah sakit siloam, rapid antigen berkisar dari Rp 249.000 yang terdiri dari tes swab antigen serta surat keterangan hasil. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Itu Reaktif COVID? Tidak Perlu Bingung, Simak Penjelasannya di Sini

 

Referensi:

  1. Mayo Clinic Staff. Covid 19 diagnostic testing [Internet]. Minnesota: Mayo Clinic; 2021. [Cited 6 Feb 2021].

  2. CDC. Specimen collection [Internet]. Atlanta: CDC; 2021. [Cited 6 February 2021].

  3. Siloam Hospitals. Paket tes covid-19 siloam hospitals group [Internet]. Tangerang: Siloam Hospitals Group; 2021. [Cited 6 February 2021].

Bagikan artikel ini