Bantuan

Kenali Ciri-Ciri Omicron, Varian COVID-19 Terbaru dengan Gejala Tak Biasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Apr 2022

Bagikan

ciri ciri omicron

Sudahkah Anda mengetahui apa saja ciri-ciri Omicron yang merupakan varian terbaru dari virus COVID-19? Varian Omicron awalnya ditemukan di Afrika Selatan, lalu kemudian menyebar ke beberapa negara. Sejak awal kemunculannya, para dokter dan ilmuwan di Afrika Selatan mengemukakan bahwa varian ini memiliki ciri yang sedikit berbeda dari varian sebelumnya, yang tergolong ringan.

Salah satu negara yang mengalami imbas dari varian baru ini adalah Indonesia. Hingga kini, kasus Omicron di Indonesia masih mengalami peningkatan. Sebagai tindakan memutus rantai penyebarannya, ada baiknya Anda memahami lebih dalam mengenai ciri-ciri Omicron agar dapat mengambil tindakan pencegahan penularan dan penanganan sesegera mungkin. 

Ciri-Ciri Omicron

Varian Omicron memang terbilang memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan varian-varian COVID-19 sebelumnya. Namun ini tidak berarti kita bisa abai dan melonggarkan protokol kesehatan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah ciri-ciri Omicron yang sering dikeluhkan oleh para penderitanya. 

  1. Sakit Kepala

Sebagian besar pasien positif COVID-19 mengeluhkan adanya gejala berupa sakit kepala. Ternyata, gejala yang satu ini terbilang cukup umum dan termasuk dalam gejala tahap awal infeksi Omicron. Adapun intensitas dari rasa sakit kepala akibat Omicron ini cenderung dalam bentuk sakit kepala yang sedang hingga berat.

Tidak hanya itu saja, pasien juga mengeluhkan kepala yang berdenyut-denyut dan seperti tengah ditekan dari kedua sisi kepala. Pada beberapa kasus sakit kepala ini timbul dengan lebih intens hingga mampu menimbulkan sensasi yang cukup menusuk dan menyakitkan.

  1. Kelelahan

Ciri-ciri Omicron berikutnya yang cenderung mudah teridentifikasi atau mudah diamati adalah gejala kelelahan. Dalam hal ini, penderita yang terkonfirmasi positif COVID-19 akan mengalami penurunan energi dengan cukup drastis. 

Selain itu, pasien juga cenderung merasa lebih mudah lelah, sehingga memiliki keinginan untuk beristirahat terus-menerus. Apabila tidak segera ditangani, tentu saja gejala yang satu ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

  1. Bersin

Seseorang yang mengalami bersin belum tentu terinfeksi varian Omicron. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa bersin ini bisa saja mengindikasikan masalah kesehatan lainnya, seperti alergi ataupun pilek. 

Meskipun begitu, salah satu ciri-ciri Omicron adalah bersin. Umumnya, gejala bersin ini terjadi pada mereka yang sebelumnya telah menerima vaksin COVID-19. Gejala ini juga terbilang tidak cukup umum di antara kalangan para penderita positif COVID-19 varian Omicron, namun tentu perlu untuk terus diwaspadai.

  1. Berkeringat di Malam Hari

Sering mengalami kondisi berkeringat secara berlebihan di malam hari? Jangan langsung mengambil kesimpulan, sejatinya hal ini bisa juga disebabkan oleh banyak hal, terutama berkaitan dengan suasana dan kondisi kamar, tempat tidur, maupun pakaian yang digunakan saat tidur.

Pada pasien yang terinfeksi Omicron, berkeringat di malam hari adalah salah satu gejala yang beberapa kali ditemui. Dalam hal ini, pasien akan berkeringat dalam jumlah yang cukup banyak, bahkan hingga pakaian dan tempat tidurnya basah, meskipun dalam kondisi ruangan yang sejuk. 

  1. Mual dan Mudah Bersendawa

Ciri-ciri Omicron yang terakhir yaitu merasakan mual dan kerap bersendawa. Gejala yang selanjutnya ini dapat dipicu oleh kondisi perut kembung atau diare yang juga merupakan ciri-ciri terinfeksi virus COVID-19. 

Mengingat gejalanya yang cukup ringan, perasaan mual dan sering bersendawa ini kerap disepelekan atau bahkan tidak disadari sebagai salah satu ciri Omicron. Untuk dapat memastikannya, ada baiknya Anda segera melakukan tes COVID-19 jika mengalami gejala ini. 

Itulah dia penjelasan mengenai ciri-ciri Omicron yang perlu Anda ketahui. Agar penyebaran varian baru COVID-19 ini dapat diminimalisir, jangan pernah lupakan penerapan protokol kesehatan yang mencakup beberapa kebiasaan.

Poin-poin penting protokol kesehatan dalam meminimalisir penularan COVID-19 tersebut di antaranya adalah menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak antar sesama, menghindari area yang ramai ataupun ruangan dengan ventilasi yang buruk. Selain itu, jangan lupa juga untuk segera mendaftarkan diri untuk menerima vaksin COVID-19 yang bisa Anda dapatkan dengan mudah pada beberapa titik lokasi di tempat Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Disebut Lebih Cepat Penyebarannya, Adakah Vaksin untuk Omicron?

Referensi

UC Davis Health. 2022. Omicron variant: What we know so far about this COVID-19 strain. https://health.ucdavis.edu/coronavirus/covid-19-information/omicron-variant#:~:text=All%20of%20the%20variants%2C%20including,require%20treatment%20in%20the%20hospital.

WHO. 2021. Update on Omicron. https://www.who.int/news/item/28-11-2021-update-on-omicron

Bagikan artikel ini