Bantuan

Manfaat dan Risiko Tidur Miring Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Jun 2022

Bagikan

Manfaat dan Risiko Tidur Miring Bagi Kesehatan Tubuh

Apa sebenarnya manfaat dan risiko tidur miring bagi kesehatan tubuh seseorang? Tentu saja setiap orang mempunyai posisi tidur nyaman yang berbeda satu dengan lainnya. Mungkin ada orang yang nyaman tidur tengkurap namun ada yang tidak, ada yang nyaman tidur tengkurap dan ada yang tidak, begitu pula ada yang senang tidur miring namun ada juga yang tidak. Diketahui bahwa tidur miring menjadi posisi pilihan banyak orang dewasa. Bahkan, disebut posisi miring merupakan posisi tidur yang paling menyehatkan bagi tubuh. Benarkah hal ini?

Manfaat dan Risiko Tidur Miring

Terdapat manfaat dan risiko tidur miring yang mana harus Anda ketahui, apa sajakah itu? Perhatikan penjelasan di bawah ini.

  1. Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring

Jangan sepelekan manfaat dan risiko tidur miring, sebab sangat memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan tidur miring adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesehatan usus, Anda perlu tahu bahwa posisi tubuh bisa memengaruhi kinerja sistem pencernaan. Ketika tidur terlentang, maka gas dalam pencernaan tidak bisa pergi dengan cepat. Maka dari itu, orang yang menderita gangguan pencernaan seperti kembung, konstipasi, dan nyeri ulu hati mungkin akan merasa lebih nyaman dan lega ketika tidur dalam posisi miring. 

  • Meredakan sakit punggung, nyeri kronis yang Anda alami di punggung bagian bawah bisa meningkat ketika tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini karena meningkatnya jumlah tekanan pada tulang belakang. Sehingga, saat bangun Anda akan merasakan rasa sakit. Disebutkan bahwa tidur miring bisa membantu meredakan nyeri punggung yang Anda alami tersebut.

  • Meningkatnya kesehatan otak, otak membuang limbah lebih banyak ketika Anda tidur di malam hari. Diketahui bahwa tidur dengan posisi miring akan memungkinkan pembuangan limbah otak, menjadi lebih cepat dibandingkan tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap.

  • Sehat untuk kehamilan, bagi ibu hamil posisi miring saat tidur menjadi pilihan yang sangat dianjurkan. Hal ini disebabkan jantung yang akan lebih mudah dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Posisi tidur miring ini juga bisa mencegah bayi memberi tekanan yang berlebihan pada pembuluh vena. Dimana membawa darah kembali dari kaki ibu ke jantung, bukan hanya itu posisi ini juga dipercaya lebih aman saat ibu dalam masa kehamilan.

Baca juga: ​​Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

 

  1. Risiko tidur dengan posisi miring

Mengetahui manfaat dan risiko tidur miring tentu akan membuat Anda tahu apakah selama ini posisi ini cocok untuk Anda. Setelah mengetahui manfaat tidur miring, di bawah ini adalah risiko jika Anda tidur dengan posisi miring.

  • Rahang tidak nyaman, yang mana bila Anda mempunyai rahang kencang, maka tidur dengan posisi miring bisa memberi tekanan lebih banyak. Sehingga, pada pagi hari saat Anda bangun, akan terasa sakit. 

  • Kerutan wajah, tahukah Anda bahwa tidur dengan posisi miring bisa mengakibatkan kerutan. Hal ini bisa terjadi karena tekanan kulit wajah yang terjadi dalam waktu yang lama. Guna mengurangi risiko ini, maka Anda disarankan untuk menggunakan bantal dengan bahan sutra atau satin.

  • Sakit pinggul dan bahu, tidur dengan posisi miring yang cukup lama bisa mengakibatkan sakit pinggul dan juga bahu. Bila ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya Anda segera beralih ke sisi yang berlawanan. 

  • Parastesia, ini merupakan kondisi dimana sebagian aliran darah dalam tubuh menjadi terhambat dalam waktu yang cukup lama. Sehingga, akan terasa mati rasa, terbakar, dan kesemutan. Parastesia bisa dialami mereka yang lengannya mengalami tekanan pada malam hari. 

Dengan mengetahui manfaat dan risiko tidur miring, Anda diharapkan bisa dengan bijak menentukan apakah posisi tidur ini cocok untuk Anda terapkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, mengenai posisi tidur mana yang cocok dan aman diterapkan. Posisi tidur yang tepat tentu akan memengaruhi kualitas tidur, sehingga tentu saja juga akan berpengaruh pada aktivitas atau kegiatan yang dilakukan sehari-hari. 

Bila Anda mempunyai gangguan atau masalah tidur dengan kondisi medis tertentu, maka Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Hal ini guna bantu menentukan seperti apa posisi atau sikap tidur miring yang benar. Kemudian, posisi tidur mana yang sebenarnya cocok untuk Anda. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: 6 Rahasia Tidur Cepat dan Ampuh Bagi Penderita Insomnia

Tag :
Referensi

https://www.sleepfoundation.org/sleeping-positions/side-sleeping

https://www.healthline.com/health/side-sleeper

https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/sleep-effects-digestion#side-sleeping

https://www.sleepadvisor.org/how-to-sleep-on-your-side/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-side-should-you-sleep-on#sleeping-tips

Bagikan artikel ini