Bantuan

Apa Saja Metode Tes Buta Warna & Jenis Buta Warna? Mari Cari Tahu di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Tes Buta Warna

Tahukah Anda, ternyata metode tes buta warna dan jenis buta warna ada berbagai macam. Mungkin banyak dari Anda yang hanya mengenal istilah buta warna dan tidak mengetahui apa itu buta warna dan apa saja jenisnya. 

Selain itu, mungkin juga banyak dari Anda pernah mengikuti tes buta sederhana di media sosial yang diminta menebak angka yang berada di dalam lingkaran yang dipenuhi titik-titik. Sebenarnya hal tersebut hanya salah satu contoh dari metode tes berbagai macam tes buta. 

Overview buta warna

Buta warna merupakan kondisi dimana terjadi penurunan kemampuan mata dalam membedakan warna-warna seperti hijau, biru, merah, atau campuran ketiganya. Mengapa hal ini  bisa terjadi? Hal ini terjadi karena salah satu atau lebih sel kerucut di retina mata tidak berfungsi dengan optimal. 

Sel kerucut bertugas mendeteksi warna dan terdiri dari tiga jenis sel, yaitu hijau, biru, dan merah. Seseorang dapat menentukan warna karena menerima input dari sel kerucut ini. Oleh karena itu, tidak berfungsinya salah satu atau lebih sel kerucut ini membuat seseorang mengalami buta warna karena tidak berhasil mendeteksi warna dengan benar. 

Metode tes buta warna

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah Anda mengalami buta warna atau tidak? Untuk dapat mengetahui Anda mengalami buta warna atau tidak bisa dilakukan dengan metode tes buta warna di bawah ini.

  1. Tes Ishihara

Metode tes buta warna Ishihara merupakan salah satu metode buta warna yang paling umum dan sering digunakan. Mungkin Anda juga sudah sering menemukannya. Tes buta warna Ishihara ini memanfaatkan lingkaran yang memiliki banyak titik-titik berwarna dengan ukuran yang berbeda-beda. Di dalam lingkaran tersebut akan terbentuk sebuah Angka yang perlu Anda identifikasi. 

  1. Tes penyusunan

Metode tes buta warna yang selanjutnya, yaitu tes penyusunan. Sesuai dengan namanya, metode buta warna yang satu ini meminta Anda untuk menyusun suatu objek berdasarkan gradasi warna. Sebagai contoh, yaitu menyusun balok dari warna biru muda hingga ke biru tua atau sebaliknya. 

  1. Tes Farnsworth Munsell

Metode tes buta warna Farnsworth Munsell memanfaatkan lingkaran yang memiliki gradasi yang tipis. Sama seperti tes penyusunan sebelumnya, tujuan dari tes Farnsworth Munsell ini, yaitu mengetahui apakah Anda bisa membedakan perubahan warna yang sangat tipis. 

  1. Tes Cambridge

Tes Cambridge pada dasarnya mirip seperti tes buta warna Ishihara. Perbedaan antara tes buta warna Cambridge dan Ishihara, yaitu Anda diminta untuk mencari huruf “C’ di lingkaran yang telah tersedia. 

  1. Tes Anomaloscope

Metode tes buta warna yang terakhir, yaitu Anomaloscope. Metode tes buta warna yang satu ini membutuhkan alat yang menyerupai mikroskop. Nantinya Anda akan diminta melihat sebuah lingkaran yang telah dibagi menjadi dua warna. Anda perlu menekan sebuah tombol hingga seluruh lingkaran memiliki warna yang sama. 

Jenis - jenis buta warna

Setelah Anda mengetahui berbagai metode tes buta warna, saat Anda mengetahui apa saja jenis buta warna. Pada dasarnya, jenis buta warna hanya terbagi menjadi dua, yaitu buta warna parsial dan buta warna total. Berikut ini akan dijelaskan lebih mendetail mengenai keduanya. 

  1. Buta warna parsial

Buta warna parsial atau buta warna sebagian, yaitu kondisi di mana seseorang tidak dapat mendeteksi suatu warna tertentu. Pada buta warna parsial ini dibagi menjadi beberapa kategori tergantung warna yang tidak dapat diidentifikasi. Sebagai contoh, tritanopia merupakan kesulitan mengidentifikasi warna kuning dan biru. 

  1. Buta warna total

Apabila buta warna parsial hanya tidak dapat mengidentifikasi warna tertentu maka pada buta warna total tidak dapat mengidentifikasi semua warna yang dilihat. Penderita buta warna total hanya bisa melihat warna hitam dan putih. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai metode tes buta warna & jenis buta warna yang perlu Anda kenali. Semoga informasi ini dapat membantu menambah wawasan Anda mengenai metode tes buta warna & jenis buta warna. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Tes Buta Warna? Ketahui Caranya Di Sini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

NIH. 2019. Types of Color Blindness. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/eye-conditions-and-diseases/color-blindness/types-color-blindness

Brennan, Dan. 2020. What You Need to Know About Color Blindness Tests. https://www.webmd.com/eye-health/what-you-need-to-know-about-color-blindness-tests

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang