Bantuan

Kembali Tampil Percaya Diri, Ini Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan kerutan di bawah mata? Bagi sebagian orang, kerutan di bawah mata merupakan masalah karena mengganggu penampilan bahkan bisa mengurangi rasa kepercayaan diri. Oleh karena itu, mungkin beberapa dari Anda rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik agar kerutan di bawah mata ini hilang dan bisa kembali percaya diri. 

Namun, bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik bisa melakukan alternatif lainnya. Pasalnya di artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang mudah untuk dilakukan. Jadi, simak terus penjelasan yang ada di bawah ini. 

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Kerutan di bawah mata ini sebenarnya merupakan tanda-tanda penuaan dini. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kebiasan merokok, paparan sinar uv yang berlebihan, dan bertambahnya usia. Akan tetapi, Anda bisa menghilangkan kerutan di bawah mata ini dengan melakukan beberapa cara mudah. Simak beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata berikut ini. 

  1. Menggunakan pelembap

Salah satu cara yang penting untuk dilakukan agar kerutan di bawah mata hilang yaitu menggunakan pelembap. Pasalnya, kulit yang tidak terjaga kelembapannya dapat meningkatkan risiko kerutan di bawah mata menjadi lebih terlihat. Dengan menggunakan pelembap ini, maka sirkulasi darah akan meningkat sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. 

  1. Mengoleskan minyak zaitun

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada kerutan.  Minyak zaitun sudah sangat dikenal dengan manfaatnya untuk kecantikan karena mengandung vitamin E dan K yang baik untuk kulit. Dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun ke sekitar mata, maka akan membantu menjaga kulit tetap lembap. 

  1. Menggunakan krim mata

Sebelum Anda tidur, sebaiknya gunakan krim mata untuk menghilangkan kerutan yang ada di bawah mata. Namun, Anda perlu memerhatikan kandungan yang sebaiknya ada di krim mata yang hendak digunakan. Sebaiknya pilih krim mata yang tidak mengandung wewangian agar tidak menyebabkan iritasi serta pilih krim mata dengan kandungan retinol atau retinoid dan vitamin C. 

  1. Mengoleskan gel lidah buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk kecantikan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan lidah buaya ini untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Caranya, yaitu dengan memotong lidah buaya lalu oleskan bagian gelnya ke area mata. Dengan cara ini, maka kulit menjadi kenyal dan tetap terhidrasi. 

  1. Menggunakan masker putih telur

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakan masker putih telur. Hal ini karena putih memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan putih telur langsung ke wajah lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Untuk kulit berminyak bisa ditambahkan perasan lemon dan kulit kering bisa mencampurkan buah anggur yang dihaluskan. 

  1. Mengatur posisi tidur

Mengatur posisi tidur merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Pasalnya, posisi tidur ini juga berpengaruh pada munculnya kerutan di bawah mata. Oleh karena itu, saat tidur sebaiknya tidurlah dalam kondisi telentang. Jika Anda tidur dengan posisi miring dan tengkurap maka risiko kerutan di bawah mata akan semakin meningkat. 

  1. Menempelkan timun

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu menempelkan timun di mata. Sebelum Anda menempelkan timun, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas. Setelah itu iris timun dan tempelkan di mata selama 15 menit. Dengan begitu, kulit maka akan menjadi lembap dan kerutan dapat teratasi. 

Itulah dia beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan. Selain melakukan beberapa cara tersebut Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang menyebabkan kerutan di bawah mata semakin terlihat dengan cara menghindari rokok, hindari paparan sinar matahari, dan konsumsi makan bernutrisi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Mata Panda agar Anda Kembali Percaya Diri

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Konstantinovsky, Michele. 219. 8 All-Natural Ingredients That Work for Eye Puffiness and Wrinkles. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/make-eyes-look-more-awake

Watson, Kathryn. 2021. How to Prevent Fine Lines Under Your Eyes. https://www.healthline.com/health/lines-under-eyes#causes 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang