Bantuan

Tidak Hanya Baik Untuk Pencernaan, Berikut Ini Manfaat Wedang Uwuh Lainnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Ketahui Beragam Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

Wedang uwuh merupakan minuman rempah yang berasal dari Yogyakarta dan memiliki khasiat yang tinggi. Tahukah Anda manfaat wedang uwuh?

Jika dilihat dari namanya yang berarti sampah, mungkin akan terkesan jorok, namun jangan salah, ketika Anda mencicipi wedang satu ini dan merasakan khasiatnya, Anda mungkin akan tertarik menjadikan wedang uwuh sebagai minuman sehari-hari. 

Manfaat Wedang Uwuh

Berikut manfaat wedang uwuh yang perlu Anda ketahui:

  1. Antimikroba

Selain baik untuk pencernaan, salah satu manfaat wedang uwuh yaitu sebagai antimikroba. Rempah serai yang terdapat di dalam wedang uwuh bisa membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang karena sifat antimikroba yang dimiliki serai. Tidak hanya serai, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rempah kayu secang wedang uwuh juga memiliki sifat antimikroba, karena direbus dengan air panas.

Kayu mengandung metanol yang bisa menghambat methicillin atau bakteri Staphylococcus aureus resisten, yang menyebabkan infeksi kulit, infeksi sendi dan keracunan makanan.

  1. Kesehatan Jantung

Manfaat wedang uwuh selanjutnya ialah untuk menjaga kesehatan jantung. Air dengan rempah dari kayu secang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Pigmen merah yang terdapat pada kayu secang memiliki efek bagus bagi kesehatan jantung. Tidak hanya dari kayu secang, tetapi juga kayu manis dari wedang uwuh dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Kayu manis telah terbukti mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Jika digabungkan, semua manfaat dari rempah-rempah ini bisa secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui

  1. Anti Alergi

Wedang uwuh juga bermanfaat sebagai anti alergi. Kayu secang yang terdapat  pada wedang uwuh, sangat baik bagi Anda, yang memiliki masalah alergi.

Berdasarkan beberapa penelitian, menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam kayu secang, terutama secang chalcone, mempunyai sifat anti alergi yang kuat. Sehingga wedang uwuh ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi alergi.

  1. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat wedang uwuh selanjutnya yaitu untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Cuaca dingin bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk batuk dan sakit tenggorokan. Gula batu dalam wedang uwuh diyakini memiliki khasiat dan nutrisi penting yang membantu meringankan kondisi ini.

Anda bisa mengkonsumsi wedang uwuh pada malam hari dalam keadaan hangat. Dengan mencampuran rempah dari wedang uwuh ini, akan membantu mengeluarkan lendir yang mengganggu tenggorokan dan pernapasan Anda.

  1. Menstabilkan Hemoglobin

Kandungan hemoglobin yang rendah di dalam tubuh bisa menyebabkan masalah seperti anemia, pusing, lemah,  kulit pucat, dan kelelahan. Bagi Anda yang mengalami kondisi ini, bisa mengkonsumsi wedang uwuh karena gula batu dalam wedang uwuh bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan juga meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

  1. Antioksidan

Manfaat wedang uwuh yang bisa juga Anda rasakan yaitu sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa mengurangi stres oksidatif dan bermanfaat pada perkembangan penyakit kronis.

Cengkeh yang terdapat dalam wedang uwuh mengandung eugenol yang telah terbukti berfungsi sebagai antioksidan alami. Memasukkan cengkeh ke dalam makanan atau minuman bersama dengan makanan yang mengandung antioksidan lainnya bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda dan keluarga. 

  1. Tetap Terhidrasi

Kombinasi air dan jahe dalam wedang uwuh memberikan manfaat hidrasi bagi tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Segelas wedang uwuh setiap hari bisa membantu Anda sekeluarga tetap terhidrasi, sehingga terhindar dari kekurangan cairan di dalam tubuh.

  1. Kesehatan Tulang

Wedang uwuh juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Massa tulang yang rendah bisa menyebabkan osteoporosis, sehingga bisa meningkatkan risiko patah tulang. Beberapa senyawa yang terdapat dalam cengkeh yang terdapat dalam wedang uwuh, telah terbukti membantu menjaga massa tulang.

Itulah beberapa manfaat wedang uwuh yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memulai mengkonsumsi wedang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Wedang uwuh sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat dan cuaca dingin. Wedang uwuh bisa Anda temui dalam bentuk instan, salah satunya bentuk celup.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

 

Sumber:

1. Rahmawati, Fitri. 2011. Kajian Potensi Wedang Uwuh Sebagai Minuman Fungsional. Seminar Nasional 2011 Wonderfull Indonesia.

2. Leech, Joe. 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger.

Bagikan artikel ini