Bantuan

Apa Saja Makanan yang Baik untuk Asam Lambung? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Feb 2022

Bagikan

Pisang

Bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung seperti GERD, tentunya akan selalu bertanya-tanya apa saja makanan yang baik untuk asam lambung? Hal ini karena penderita penyakit asam lambung yang salah memilih makanan dapat menyebabkan penyakitnya kambuh.

Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dikenal juga dengan GERD (Gastroesophogeal reflux disease) merupakan penyakit yang menimbulkan sensasi terbakar pada dada yang disebabkan oleh asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan. Kondisi ini bisa terjadi karena otot LES atau otot kerongkongan bagian bawah melemah. Seharusnya otot LES ini akan menutup saluran ke kerongkongan apabila makanan telah turun ke lambung. Akan tetapi, Otot LES yang melemah akan tetap terbuka sehingga asam lambung akan naik ke kerongkongan.

Makanan yang Baik untuk Asam Lambung

Untuk menghindari penyakit asam lambung kambuh atau meringankan gejalanya, para penderita harus menerapkan pola makan yang sehat dan memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk asam lambung.

  1. Pisang

Makanan yang baik untuk asam lambung pertama, yaitu pisang. Hal ini karena, pisang memiliki pH yang mendekati netral sehingga bisa meringankan gejala penyakit asam lambung. Selain itu, pisang memiliki tekstur yang lumat sehingga dapat membantu membentuk lapisan pelindung kerongkongan yang mengalami iritasi. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam pisang juga dapat mencegah sembelit dan melancarkan kerja usus. 

  1. Oatmeal

Berkat kandungan serat dalam oatmeal membuatnya menjadi makanan yang baik bagi asam lambung. Serat dalam oatmeal dapat meringankan gejala penyakit asam lambung karena dapat menyerap asam lambung. Tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan mineral, antioksidan dan vitamin  yang dapat mengurangi kadar gula dan kolesterol, menurunkankan berat badan, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Perlu diperhatikan, sebaiknya hindari mengonsumsi oatmeal dengan susu kental dan menggantinya dengan susu rendah lemak. 
Baca juga: Sayang untuk Dilewatkan, Berikut Ini Adalah Ragam Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

  1. Pepaya

Mungkin banyak dari Anda yang sering mendengar bahwa pepaya sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Namun ternyata, pepaya juga sangat baik untuk penderita penyakit asam lambung. Hal ini berkat kandungan enzim papain yang ada di pepaya. Enzim papain ini akan mempermudah proses pemecahan protein sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan kata lain, secara tidak langsung enzim papain dalam pepaya dapat meredakan gejala penyakit asam lambung. 

  1. Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk asam lambung yang selanjutnya, yaitu sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, brokoli, kangkung, sawi, dan selada. Hal ini karena sayuran hijau memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah sehingga akan mengurangi peningkatan asam lambung. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga sangat mudah dicerna sehingga pengosongan lambung cepat terjadi. Dengan begitu, kemungkinan asam lambung untuk kembali ke kerongkong akan semakin kecil. 

  1. Daging tanpa lemak

Pada umumnya, daging dapat memicu munculnya gejala penyakit asam lambung karena banyak mengandung minyak. Akan tetapi, Anda tetap bisa mengonsumsi daging asalkan mengandung lemak yang rendah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengolah daging ayam atau sapi dengan cara di kukus atau dipanggang. Selain itu,  Anda juga bisa mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan alpukat. 

Makanan yang Perlu Dihindari

Bagi Anda penderita penyakit asam lambung sebaiknya menghindari beberapa makanan yang dalam memicu kambuhnya penyakit asam lambung. Beberapa pemicu penyakit asam lambung, yaitu tomat, bawang merah, bawang putih, dan makanan pedas. Tidak hanya itu, beberapa buah-buahan juga perlu dihindari terutama buah yang memiliki rasa asam, seperti jeruk dan lemon. 

Demikianlah informasi mengenai makanan yang baik untuk asam lambung yang perlu Anda perhatikan. Walaupun makanan tersebut dapat mencegah kambuhnya asam lambung, tetapi perlu didukung juga dengan beberapa kebiasan yang sehat seperti menjauhi minuman alkohol, tidak merokok, dan rajin berolahraga. Selain itu, sangat disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil, tetapi sering daripada dalam porsi yang besar namun sedikit.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play. 

Baca juga: Waspadai, Berikut Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diperhatikan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Emling Shelley. 2017. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2017/foods-help-acid-reflux-fd.html

Madell, Robin. 2020. 7 Foods to Help Your Acid Reflux. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#helpful-foods

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang