Yuk, Jaga Kebersihan Tangan Untuk Hadapi Covid-19

07 Oct 2020 • Tips Kesehatan

Sejak adanya pandemi Covid-19, kebiasaan untuk menjaga kebersihan tangan semakin digalakkan, terlebih setelah World Health Organization (WHO) mengkampanyekan gerakan menjaga kebersihan tangan global yang bertajuk “Save Lives: Clean Your Hands”.

Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat global agar membiasakan diri untuk membersihkan tangan, terutama yang berada di fasilitas kesehatan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19.

Bagaimana cuci tangan berperan dalam mencegah Covid-19?

Penyakit Covid-19 disebabkan oleh virus SARS-CoV2. Virus ini terkonfirmasi menyebar melalui droplet dan bertransmisi melalui kontak langsung yang berarti transmisi ini menyebar dengan menyentuh orang yang terinfeksi atau objek serta permukaan yang terkontaminasi.

Hal ini berarti tangan yang terkontaminasi dapat menyebarkan virus ke permukaan lain atau bahkan ke diri sendiri. Dengan menjaga kebersihan tangan, kita turut membantu dalam membatasi transmisi Covid-19 dan tentunya melindungi diri dari Covid-19.

Bagaimana membersihkan tangan yang tepat?

Membicarakan cara menjaga kebersihan tangan yang tepat mencakup tiga hal utama, yaitu waktu, produk yang digunakan, dan langkah-langkah mencuci tangan.

Mencuci tangan perlu dilakukan:

  • Setelah batuk atau bersin
  • Ketika merawat orang sakit
  • Sebelum, ketika, dan setelah menyiapkan makanan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Ketika tangan terlihat kotor
  • Setelah menyentuh hewan atau membersihkan kotoran hewan
  • Dan setelah menyentuh sampah atau permukaan yang kotor.

Anda juga sebaiknya membersihkan tangan sebelum menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut.

Menjaga kebersihan tangan idealnya dilakukan menggunakan sabun dan air. Sabun dan air lebih efektif dalam membersihkan kuman pada tangan, termasuk Covid-19 dibandingkan dengan hand-sanitizers.

Selain itu, hand-sanitizers juga tidak efektif apabila digunakan saat tangan kotor atau berminyak dan tidak efektif dalam membersihkan zat-zat berbahaya seperti pestisida dan logam berat dari tangan.

Akan tetapi, hand-sanitizers dapat menjadi pengganti apabila tidak terdapat air dan sabun serta tangan tidak terlihat kotor ataupun berminyak. Pastikan hand-sanitizers mengandung setidaknya alkohol 60% dan tersertifikasi.

Agar efektif dalam mencegah transmisi kuman, mencuci tangan perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah dalam membersihkan tangan:

  1. Basahi tangan dengan air dan ambil sabun sebanyak yang dibutuhkan untuk membersihkan permukaan tangan (atau cairan hand-sanitizers)
  2. Ratakan sabun pada telapak tangan
  3. Selanjutnya, letakkan telapak kanan di atas punggung tangan kiri dengan sela-sela jari yang saling bertautan dan sebaliknya
  4. Hadapkan kedua telapak tangan dengan jari yang saling bertautan
  5. Bersihkan buku-buku jari dengan jari-jari dari masing-masing tangan diletakkan pada ruas jari tangan lainnya dengan saling menggenggam
  6. Genggam jempol dengan telapak tangan lainnya secara bergantian
  7. Rotasikan kuku tangan satu ke tangan lainnya
  8. Bilas dengan air
  9. Keringkan menggunakan tissue
  10. Gunakan tissue untuk menutup keran


Langkah-langkah mencuci tangan. Sumber gambar : https://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/

Sebagai tambahan, membersihkan tangan sebaiknya dilakukan dalam durasi 20-30 detik apabila mengguakan hand sanitizersi dan 40-60 detik apabila menggunakan air dan sabun.

Membiasakan cuci tangan tidak hanya melindungi diri dari Covid-19, namun juga dari penyakit-penyakit lainnya dan dapat mencegah transmisi dari penyakit. Oleh karena itu, mari membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Referensi:

  1. WHO Save Lives: Clean Your Hands in the context of Covid-19 [internet]. WHO; [cited 2020 Jul 23]. Available from: https://www.who.int/infection-prevention/campaigns/clean-hands/WHO_HH-Community-Campaign_finalv3.pdf?ua=1
  2. Clean care is safer care [internet]. WHO; [cited 2020 Jul 23]. Available from: https://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/
  3. Hand hygiene [internet]. CDC; [updated 2020 May 17; cited 2020 Jul 23]. Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/hcp/hand-hygiene.html
  4. Water, sanitation & environmentally-related hygiene [internet]. CDC; [cited 2020 Jul 23]. Available from: https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/hand/handwashing.html