Alasan Mengapa Virus Corona COVID-19 Itu Berbahaya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Alasan Mengapa Virus Corona COVID-19 Itu Berbahaya

Tahukah Anda alasan mengapa virus Corona COVID-19 itu berbahaya? Telah merenggut jutaan jiwa di seluruh dunia, virus corona penyebab COVID-19 bisa dikatakan berbahaya dan bahkan mampu mengancam nyawa. Virus Corona penyebab COVID-19 dalam hal ini telah menyebabkan terjadinya pandemi yang melanda seluruh wilayah di dunia.

Lantas apa alasan mengapa virus Corona COVID-19 itu berbahaya? Namun sebelum membahas mengenai alasan-alasan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui seberapa besar bahaya yang bisa ditimbulkan oleh virus yang satu ini. Untuk itu, simak penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya virus Corona di bawah ini.

Seberapa berbahayanya virus Corona?

Banyak yang menganggap bahwa virus Corona penyebab COVID-19 ini merupakan virus yang mematikan di dunia, ada pula yang beranggapan sebaliknya dan oleh karenanya kerap mengabaikan protokol kesehatan. Kedua anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, virus Corona penyebab COVID-19 bukanlah jenis virus paling mematikan di dunia. Dalam hal ini, virus yang terbilang lebih berbahaya dan oleh karenanya cukup mematikan adalah virus Ebola yang bisa membunuh sekitar lebih dari 50% orang yang terinfeksi. Virus Corona penyebab COVID-19 juga tidak bisa dikatakan merupakan virus yang paling mudah menular di dunia, karena setiap 1 orang yang tertular virus ini mampu menularkan sekitar 2-3 orang, sedangkan jika dibandingkan dengan campak dan cacar air, setiap satu orang mampu membuat 12-18 orang tertular. 

Alasan mengapa virus Corona COVID-19 itu berbahaya

Meskipun bukan merupakan jenis virus paling berbahaya di dunia, infeksi virus Corona penyebab COVID-19 tidak bisa disepelekan. Dalam hal ini, virus Corona penyebab COVID-19 telah menyebabkan sekitar 4,04 juta kasus meninggal dunia, dan total sekitar 187 juta kasus positif di seluruh dunia. Berkaitan dengan hal ini, virus Corona penyebab COVID-19 dianggap 10 kali lebih mematikan dibanding flu biasa, karena memiliki kemungkinan sekitar 0,1% mengancam jiwa yang terinfeksi. 

Bagi sebagian besar orang yang terinfeksi COVID-19, gejala yang dirasakan mungkin terbilang ringan atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Selain itu, seseorang yang terinfeksi juga tidak akan langsung merasakan gejala, dan baru mulai merasakannya sekitar 5 bahkan sampai 2 minggu kemudian.

Akan tetapi justru hal inilah yang menyebabkan virus Corona penyebab COVID-19 berbahaya. Selama periode di mana seseorang yang telah terinfeksi tidak menunjukkan gejala atau mengalami gejala ringan ini, virus dapat menular dengan mudahnya karena kita tidak menyadari kehadiran virus Corona penyebab COVID-19 itu sendiri. Penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 itu sendiri, yakni melalui droplet yang dihasilkan dari batuk ataupun bersin, dapat mengenai siapa saja ataupun permukaan benda mana saja tanpa diketahui.

Selain itu, alasan mengapa virus Corona COVID-19 itu berbahaya lainnya adalah bahwa virus yang satu ini mampu bermutasi, yang mana beberapa varian baru yang ditemukan di Inggris dan India, dinyatakan lebih berbahaya karena mampu menyebar dengan cukup mudah di antara populasi masyarakat. Bahkan, beberapa strain baru ini juga dikatakan mungkin tidak merespon vaksin COVID-19 yang saat ini tengah didistribusikan.

Apa yang terjadi ketika seseorang terinfeksi virus Corona?

Begitu seseorang terinfeksi, virus Corona akan berkembang biak pada saluran pernapasan bagian bawah. Pada saat ini, gejala pun semakin berkembang, yang diawali dengan demam dan batuk. Bagi kebanyakan orang, gejala ini tergolong cukup ringan dan bisa pulih hanya dalam beberapa hari saja.

Akan tetapi, bagi sebagian lainnya, gejala ini justru akan semakin berkembang menjadi lebih parah, menyebabkan terjadinya pneumonia serius terutama ketika paru-paru mulai mengalami peradangan. Pada kasus ini, pasien COVID-19 membutuhkan alat bantu pernapasan untuk bisa bernapas. Adapun pada kasus lainnya yang lebih parah, dapat terjadi badai sitokin, yakni komplikasi yang menyerang sistem kekebalan tubuh, dan dapat berujung pada kematian.

Itulah dia penjelasan mengenai alasan mengapa virus Corona COVID-19 itu berbahaya. Untuk dapat menghindari bahaya dari virus ini, terus taati protokol kesehatan, jaga kesehatan dan kebersihan tubuh dan lingkungan, serta hindari keramaian. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

WebMD. Coronavirus and COVID-19: What You Should Know. 

Kumar, Karthik. 2021. How Dangerous Is The Coronavirus Disease. 

UCI Wealth. Why is COVID-19 so dangerous?.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi