Ketahui Seluk-Beluk Penyakit Asam Lambung Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Seluk-Beluk Penyakit Asam Lambung Berikut Ini

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi baik di dunia medis, maupun di masyarakat. Karena penyakit asam lambung adalah penyakit yang umum dan sudah sering dialami oleh banyak orang di berbagai usia. Apakah Anda termasuk orang yang pernah mengalaminya?

Jika Anda mengalami penyakit asam lambung mungkin sesekali Anda mengabaikannya. Tetapi jika dibiarkan terus menerus dan tidak ditangani maka penyakit asam lambung tersebut bisa tiba-tiba kambuh dan mengganggu setiap aktivitas yang Anda lakukan kapan saja.

Apa Itu Asam Lambung?

Penyakit asam lambung atau dalam istilah medisnya dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu penyakit yang dirasakan ketika asam lambung sering mengalir kembali pada kerongkongan yang menghubungkan mulut dan perut. Sehingga ketika kondisi tersebut terjadi, orang yang mengalaminya akan merasakan mual hingga merasa seperti ingin muntah dan membuat perut tidak nyaman. Asam lambung yang naik akan mengiritasi lapisan kerongkongan Anda.

Penyebab Asam Lambung

Penyebab utama penyakit asam lambung yaitu karena asam lambung yang kering. Saat Anda makan dan menelan makanan tersebut, pita otot yang melingkar dan terbuka di sekitar bagian bawah kerongkongan Anda akan membantu makanan dan minuman agar mengalir ke perut Anda.

Kemudian setelah itu katup otot (sfingter) akan menutup lagi. Jika katup otot Anda melemah atau dalam kondisi tidak normal, maka asam lambung bisa mengalir kembali ke kerongkongan Anda. Pencucian asam yang terjadi secara terus menerus inilah yang akan mengiritasi lapisan kerongkongan hingga bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada kerongkongan. 

Asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh beragam faktor. Faktor-faktor yang memperburuk penyakit asam lambung diantaranya seperti kebiasaan merokok, makan dalam porsi terlalu besar atau makan pada larut malam, kebiasaan makan makanan berlemak, sering minum alkohol atau kopi, konsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin, serta komplikasi.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Bahaya Asam Lambung Yang Tidak Ditangani

Gejala Asam Lambung

Gejala asam lambung terdiri dari berbagai gejala yang sering dirasakan oleh penderitanya setiap saat. Mulai dari gejala ringan, gejala sedang, hingga gejala berat. Jangka waktu dari gejala tersebut pun berbeda-beda, tergantung pada seberapa parah penyakit asam lambung yang Anda alami. Terdapat beberapa gejala yang umum dirasakan oleh orang yang mengalami penyakit asam lambung, di antaranya sebagai berikut:

  1. Sakit pada Dada

Salah satu gejala penyakit asam lambung yaitu adanya rasa nyeri pada dada Anda. Bahkan rasa sakit dada tersebut bisa menimbulkan sensasi seperti rasa terbakar. Biasanya gejala ini akan semakin memuncak dan sering terjadi setelah Anda makan. Kondisi tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan ingin segera berbaring.

  1. Kesulitan Menelan 

Ketika Anda mengalami penyakit asam lambung, Anda bisa merasakan sulitnya menelan atau sakit saat menelan. Saat Anda makan, tenggorokan Anda akan terasa berat untuk menelan makanan tersebut. Gejala penyakit asam lambung ini mungkin akan terasa sangat mengganggu Anda saat makan dan menyebabkan Anda jadi kehilangan selera makan.

  1. Regurgitasi Makanan atau Cairan Asam

Gejala lain yang bisa Anda rasakan ketika mengalami penyakit asam lambung adalah regurgitasi makanan atau cairan asam. Gejala ini terjadi ketika makanan atau minuman yang Anda minum kembali ke kerongkongan atau mulut saat belum dicerna. Makanan dan minuman tersebut bercampur dengan cairan asam yang berasal dari lambung. Gejala regurgitasi ini hampir mirip dengan gejala muntah. 

  1. Batuk Kronis

Batuk kering ataupun batuk kronis menjadi salah satu gejala dari penyakit asam lambung. Gejala ini sering dirasakan pada malam hari pada saat tidur. Sehingga Anda akan merasa sangat tidak nyaman dan tidur Anda menjadi terganggu sepanjang malam. Gejala batuk kronis ini dapat disertai dengan rasa sakit pada tenggorokan Anda.

Sebagian besar orang mengatasi penyakit asam lambung dengan beberapa cara. Ada yang melakukannya dengan perubahan pola hidup serta ada yang menanganinya dengan obat-obatan, baik yang dijual bebas maupun obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Namun pada beberapa kasus pada orang dengan penyakit asam lambung yang parah mungkin memerlukan pengobatan serius dan perlu diberikan penanganan lebih lanjut seperti melalui operasi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

 

Sumber: 

1. Mayo Clinic: Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). 2020.

2. Bhargava, Hansa: GERD. 2020.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi