Bantuan

Wajib Diketahui, Ini Pantangan Asam Lambung yang Perlu Anda Hindari

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Mar 2022

Bagikan

caffein

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung tentunya memiliki pantangan asam lambung yang perlu dihindari. Pasalnya, ketika Anda nekat mengonsumsi makanan pantangan ini, maka akan menyebabkan rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. 

Pantangan Asam Lambung

Lantas apa saja pantangan asam lambung tersebut? Sebenarnya pada dokter masih terjadi perdebatan mengenai makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung. Akan tetapi, pada beberapa penelitian telah dibuktikan beberapa makanan memiliki pengaruh terhadap naiknya asam lambung. Berikut ini beberapa makanan yang perlu Anda hindari jika memiliki masalah dengan asam lambung. 

  1. Kafein

Pantangan asam lambung yang pertama yaitu kafein. Bagi Anda yang memiliki maag, mungkin sudah sering mendengar anjuran ini. Pasalnya kafein dapat menyebabkan melemahnya otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Tidak hanya itu kafein juga dapat menyebabkan terjadinya sekresi asam yang akhirnya menyebabkan peningkatan hormon gastrin. Hormon gastrin itu sendiri merupakan hormon yang berfungsi dalam menghasilkan asam lambung. Oleh karena itu, kafein menjadi salah satu pantangan bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. 

  1. Makanan Tinggi Lemak

Pada dasarnya, lemak dibutuhkan oleh tubuh apabila dalam jumlah yang wajar. Akan tetapi, makanan yang mengandung lemak yang tinggi menjadi berbahaya apabila dikonsumsi oleh Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Hal ini terjadi karena lemak melemahkan esofagus atau otot pada kerongkongan bagian bawah. Tentunya kondisi seperti ini menyebabkan kerongkongan menjadi mudah terbuka sehingga asam lambung pun akan naik ke kerongkongan. 

  1. Makanan Asin

Pantangan asam lambung yang selanjutnya yaitu makanan asin. Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa makanan yang mengandung banyak garam atau natrium dapat memicu refluks asam. Akan tetapi hal ini mungkin saja disebabkan oleh kombinasi antara makanan asin dengan gorengan dan makanan berlemak. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai asupan garam terhadap naiknya asam lambung. Satu hal yang perlu ditekankan, mengonsumsi makan asin dalam batas wajar masih dapat ditolerir. 

  1. Makanan Pedas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan pedas sering kali menyebabkan berbagai masalah seperti sakit perut, mules, dan diare. Namun tidak hanya itu saja, makanan pedas pun menjadi pantangan bagi mereka yang memiliki masalah pada asam lambung. Hal ini karena, cabai mengandung zat yang bernama capsaicin yang memberikan rasa pedas. Akan tetapi, zat tersebut juga dapat menyebabkan sistem pencernaan berjalan lambat. Apabila kondisi seperti ini terjadi pada penderita maag tentunya akan memperburuk gejala yang sedang dialami. 

  1. Bawang putih

Ternyata bawang putih dapat menyebabkan otot pada kerongkongan bagian bawah menjadi lemah. Oleh karena itu, asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. Selain itu, bawang juga memiliki zat yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pencernaan seperti sendawa yang terlalu sering. Tidak hanya itu, para penderita asam lambung juga sering merasa nyeri pada ulu hati setelah mengonsumsi bawang putih terutama dalam kondisi mentah. 

  1. Coklat

Walaupun enak, ternyata coklat masuk ke dalam pantangan asam lambung yang harus Anda hindari. Hal ini karena coklat memiliki kandungan methylxanthine yang akan melemahkan otot bagian bawah atau esofagus. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. 

  1. Makanan Kolesterol Tinggi

Pantangan asam lambung yang perlu Anda hindari yang terakhir yaitu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa para peneliti menemukan orang yang rentan mengalami gejala asam lambung adalah orang yang  mengonsumsi lebih banyak kolesterol. 

Nah demikianlah beberapa penjelasan mengenai pantangan asam lambung yang perlu dihindari. Apabila Anda tidak ingin gejala asam lambung naik, maka wajib menghindari beberapa pantangan asam lambung di atas. 

Apabila Anda mengalami gejala asam lambung dan tidak segera hilang, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.  Nantinya dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi yang Anda alami untuk dapat meredakan gejala asam lambung.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Aman dikonsumsi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

About Gerd. Diet Changes for GERD. https://aboutgerd.org/treatment/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd/

Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#lifestyle-tips

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang