Vitamin Untuk Covid yang Perlu Dikonsumsi Selama Masa Pandemi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Vitamin Untuk Covid yang Perlu Dikonsumsi Selama Masa Pandemi

Vitamin untuk Covid merupakan satu dari beberapa banyak hal yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga selama pandemi ini. Baik bagi mereka yang masih sehat dan bugar, hingga bagi para pasien COVID-19. Vitamin untuk Covid dalam hal ini dibutuhkan untuk menjaga kondisi imun tubuh dalam melawan infeksi virus, selain dari makanan dan minuman sehat, serta obat-obatan bagi para pasien.

Lantas apa saja jenis-jenis vitamin untuk Covid yang bagus untuk dikonsumsi selama masa pandemi ini? Simak terus penjelasan berikut ini.

  1. Vitamin C

Secara umum, vitamin C memiliki peranan yang sangat penting dalam memerangi gejala-gejala yang mengarahkan Anda pada kondisi sakit. Sebagai antioksidan, vitamin C dalam hal ini dapat membantu mengurangi inflamasi, begitu pun dengan inflamasi paru-paru yang merupakan salah satu gejala COVID-19 yang cukup parah. Untuk itu, bagi Anda yang masih berada dalam kondisi sehat, mengonsumsi vitamin C ini tentu tidak ada salahnya. Bagi pasien COVID-19 pun, vitamin C ini sangat dibutuhkan karena mampu memperbarui sel-sel dalam tubuh, yang pada akhirnya akan membuat pasien pulih dengan cepat. Konsumsi vitamin C ini disarankan kurang lebih sekitar 250 sampai 1000 mg untuk setiap harinya. Hindari mengonsumsi lebih dari 2000 mg vitamin C, demi terhindar dari efek samping. 

  1. Vitamin D

Jenis vitamin Covid lainnya yang bisa Anda konsumsi selama masa pandemi adalah vitamin D. Vitamin D dalam hal ini merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan dan juga baik bagi sistem imun tubuh karena dapat meningkatkan sel darah putih di tubuh. Selain itu, vitamin D juga dapat melindungi tubuh Anda dari infeksi saluran pernapasan. Dengan memenuhi asupan vitamin D, respons tubuh terhadap pengobatan untuk antivirus hepatitis C dan juga HIV dapat lebih efektif. Lantas berapa dosis harian dari vitamin Covid yang satu ini? Untuk sehari-hari, biasanya seseorang membutuhkan sekitar 1000 sampai 4000 IU. Apabila konsumsi harian ini tidak tercukupi seseorang akan memiliki risiko terhadap infeksi pada saluran pernapasan.

  1. Vitamin B Kompleks

Kondisi daya tahan tubuh yang prima bisa diperoleh dengan mengonsumsi vitamin B6 dan juga B12. Dalam hal ini, vitamin B kompleks berperan penting dalam proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Vitamin B kompleks dalam hal ini juga membantu aktivasi respons imun tubuh yang lebih adaptif terhadap virus, mengurangi tingkat sitokin pro-inflamasi, hingga meningkatkan fungsi pernapasan. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan akan vitamin B6 dan B12 ini setiap harinya dengan cukup, sebagai bagian dari diet Anda selama masa pandemi. Vitamin B kompleks ini dapat Anda temui dengan mudah pada makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari, seperti telur, daging, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, gandum, hingga produk susu. 

  1. Vitamin E

Jenis vitamin untuk Covid berikutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah vitamin E, yang sangat penting bagi sistem imun tubuh. Vitamin yang larut dalam lemak ini selain dapat memelihara daya tahan tubuh, juga dapat menjaga kesehatan organ tubuh seperti organ reproduksi, mata, otak, kulit, hingga darah. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, virus penyebab COVID-19 dapat menyerang sel darah tubuh kita, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah. Dalam hal ini, vitamin E hadir untuk menjaga agar pembuluh darah ini tetap terlindungi dari ancaman virus. Nah untuk mendapatkan manfaat vitamin E ini, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan kaya akan vitamin E seperti, kacang hazelnut, biji bunga matahari, biji labu, kacang almond, mangga, alpukat, brokoli, dll. 

Itulah dia penjelasan mengenai vitamin untuk Covid yang perlu Anda ketahui. Selain vitamin, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sumber mineral yang juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi COVID-19, seperti zinc, selenium, curcumin, dan echinacea. Jangan lupa pula untuk tetap taat menerapkan protokol kesehatan, terus rutin berolahraga di rumah, dan jaga waktu istirahat Anda dan keluarga selama di rumah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Hei Bunda, Ini Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk yang Perlu Anda Ketahui


Sumber: 

MedicineNet. 2021. 20 Vitamins and Supplements to Boost Immune Health for COVID-19. 

Cheriyedath, Susha. 2021. Which vitamins and minerals help with COVID?. 

Shakoor, Hira & Jack Feehan et. Al. 2021. Immune-boosting role of vitamins D, C, E, Zinc, Selenium and Omega 3 Fatty Acids: Could they help against COVID-19?.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi