Telapak Tangan Sering Berkeringat? Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Telapak Tangan Sering Berkeringat? Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apakah Anda pernah mengalami telapak tangan sering berkeringat? Pada umumnya, telapak tangan yang berkeringat disebabkan oleh aktivitas yang berat, kepanasan, cemas ataupun sedang tertekan. Akan tetapi, pada beberapa orang, tangan sering berkeringat bisa disebabkan oleh hal lain. Lantas, apa yang menyebabkan tangan sering berkeringat tersebut? Simak penjelasan mengenai penyebab tangan sering berkeringat dan cara mengatasinya di bawah ini.

Tangan sering berkeringat

Di dalam medis, kondisi keringat yang berlebihan disebut dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis itu sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu primary focal hyperhidrosis dan secondary hyperhidrosis. Jenis yang paling sering menyebabkan produksi keringat pada telapak tangan dan kaki adalah primary focal hyperhidrosis yang belum diketahui penyebabnya dan bisa diturunkan secara genetik. Sedangkan untuk secondary hyperhidrosis, merupakan produksi keringat secara berlebihan yang disebabkan oleh terjadinya kondisi medis tertentu. Kondisi ini bisa menyebabkan telapak tangan sering berkeringat, walaupun jarang ditemukan. 

Penyebab tangan sering berkeringat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa telapak tangan basah bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Berikut ini beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab tangan Anda sering berkeringat.

  1. Diabetes

Kondisi medis yang bisa menyebabkan telapak tangan sering basah pertama yaitu diabetes. Hal ini bisa terjadi apabila penderita diabetes telah mengalami gangguan saraf yang mengontrol kelenjar keringat. Tidak hanya itu, ketika gula darah turun secara drastis yang disebabkan efek samping obat diabetes, maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin. 

  1. Penyakit jantung

Kondisi medis yang dapat menyebabkan telapak tangan sering berkeringat selanjutnya yaitu penyakit jantung. Hal ini karena, penderita penyakit jantung akan mengalami penurunan fungsi jantung dalam menjaga suplai darah di dalam tubuh. Kondisi itu tentunya mendorong tubuh untuk melakukan adaptasi dengan membuat jantung memompa darah lebih ekstra. Hal inilah yang menyebabkan keringat muncul secara berlebihan karena aktifnya sistem saraf tertentu. 

  1. Gangguan kelenjar tiroid

Telapak tangan yang sering berkeringat juga bisa disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid itu sendiri merupakan bagian tubuh yang memiliki peran dalam memproduksi hormon tiroid. Apabila terjadi gangguan pada kelenjar tiroid, maka dapat menyebabkan produksi hormon yang berlebihan. Produksi hormon yang berlebihan ini dapat membuat detak jantung meningkat dan produksi keringat berlebihan. 

Cara mengatasi tangan sering berkeringat

Apabila Anda mengalami telapak tangan berkeringat secara berlebihan, maka tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi telapak tangan sering berkeringat.  

  1. Menggunakan produk antiperspiran

Cara mengatasi pertama Anda bisa menggunakan produk yang mengandung antiperspiran. Pada umumnya, zat kimia ini bisa Anda temukan pada deodorant yang berfungsi untuk mengatasi keringat berlebih. Anda bisa mendapatkan produk yang mengandung antiperspiran di toko terdekat. Setelah itu, cukup aplikasikan pada telapak tangan yang sering berkeringat.  

  1. Menjalani terapi

Apabila keringat berlebihan pada tangan Anda tidak kunjung membaik, mungkin dokter akan merekomendasikan untuk menjalani terapi iontophoresis. Terapi ini mampu mengurangi produksi keringat yang berlebihan sebanyak 81%. Pada umumnya, terapi ini dilakukan apabila antiperspiran tidak mampu membuahkan hasil. 

  1. Mengonsumsi obat-obatan

Terkadang dokter juga akan memberikan resep obat-obatan yang perlu Anda konsumsi. Obat yang digunakan pada umumnya yaitu obat antikolinergik. Obat ini mampu memengaruhi kinerja saraf di kelenjar keringat. Dengan begitu, maka produksi keringat yang berlebihan dapat menurun. 

  1. Menjalani operasi

Cara mengatasi keringat berlebihan pada telapak tangan terakhir yaitu dengan operasi. Cara ini sangat jarang terjadi dan hanya dilakukan apabila semua cara tidak mampu mengurangi produksi keringat. Operasi berlangsung dengan cara memotong saraf yang dapat memberikan sinyal produksi keringat di telapak tangan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan juga cara mengatasi telapak tangan sering berkeringat. Apabila Anda sedang mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar kondisi yang sedang Anda alami bisa diketahui secara pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Delgado, Amanda. Hyperhidrosis Disorder (Excessive Sweating) (2020) 

Hyperhidrosis (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi