Teknologi dalam Diabetes. Tentang Pompa Insulin.

22 Oct 2019 • Diabetes

Ditulis oleh: dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh: dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES

Insulin merupakan senyawa dalam tubuh kita yang berperan dalam penyakit diabetes. Untuk diabetes tipe 1 mutlak diperlukan insulin untuk menunjang hidupnya. Sedangkan tidak semua diabetes tipe 2 memerlukan insulin ini. Namun terdapat anggapan bahwa penggunaan insulin ini akan membuat hidup penderita lebih repot karena harus melakukan penyuntikan insulin. Sekarang ini sudah terdapat teknologi untuk mengurangi kerepotan melakukan pemberian insulin yang bernama pompa insulin.

Pompa insulin adalah alat kecil yang berfungsi untuk mendistribusi insulin ke lapisan lemak yang berada di bawah kulit atau bernama jaringan subkutan.

Pompa insulin ini relatif baru di dalam dunia kedokteran, ditemukan pada tahun 1970an meskipun pengembangan prototipenya sudah dilakukan sejak tahun 1963. Pompa insulin ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak awal ditemukan dan pada saat ini alatnya sudah lebih kecil dan lebih akurat. Namun di Indonesia ini tidak banyak masyarakat awam yang mengetahui ada alat yang bernama pompa insulin yang dapat menggantikan penyuntikan insulin konvensional dan dapat dilakukan lebih tepat.

Pompa insulin ini dapat menjadi salah satu alternatif yang lebih baik dalam metode pemberian insulin karena dapat meminimalkan penyuntikan insulin yang dilakukan sehari-hari dan memberikan kemampuan lebih terhadap pengguna untuk lebih mengontrol kadar gula darah, dan penderita menjadi lebih percaya diri karena tidak harus pergi ke suatu tempat untuk menyuntikan insulin. Semakin berkembangnya waktu, pompa insulin semakin banyak digunakan oleh penderita diabetes tipe 1 dari berbagai umur dan beberapa individu dengan diabetes tipe 2.

Tipe pompa insulin yang tersedia (open and closed loop)

Saat ini terdapat 2 jenis pompa insulin yaitu open loop dan closed loop. Yang membedakan antara open loop dan closed loop adalah pada open loop, pengguna mengatur sendiri kebutuhan insulin bolus yang diperlukan pada saat pengguna tersebut ingin makan sedangkan pada  pengguna tidak perlu mengatur jumlah insulin bolus yang akan diberikan jika ingin makan karena pada closed loop ini sudah terdapat alat untuk mengecek kadar gula darah pengguna dan langsung mengirim info tersebut ke pompa insulin.

Siapa saja yang cocok untuk menggunakan pompa insulin?

Diabetes tipe 1 adalah yang memerlukan insulin mutlak. Pada pasien ini sangat baik memakai pompa insulin. Kandidat lain yang cocok untuk mendapatkan terapi pompa insulin ini adalah pada pasien yang memiliki motivasi untuk bisa mengontrol kadar gula darah lebih baik. Selain itu pasien tersebut harus memiliki pengetahuan tentang perawatan diabetes untuk dirinya dan juga dengan teknologi yang akan digunakannya.

Beberapa kondisi dimana dapat menggunakan pompa insulin:

  • Mengontrol kadar gula darah tanpa harus melakukan suntikan berkali-kali
  • Dewasa muda yang menginginkan fleksibilitas
  • Diabetes tipe 2 dengan mengalami kejenuhan untuk meminum bermacam-macam obat
  • Diabetes tipe 2 yang telah memakai insulin dengan dosis yang tinggi
  • Kerja shift dan jadwal harian yang tidak menentu


Pro dan kontra pompa insulin

Ketika ingin menggunakan pompa insulin, hendaknya harus selalu mempertimbangkan adanya pro dan kontra dalam penggunaan pompa insulin ini.


Namun demikian, hendaknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda sebelum menggunakan alat ini dikarenakan masih banyaknya pro dan kontra dan juga agar anda mendapatkan pengobatan yang terbaik untuk mengontrol kadar gula darah.

 

Referensi:

McAdams, B. and Rizvi, A; Journal of Clinical Medicine 2016

Richardson A.E.; Journal of Nursing Diabetes 2019

Heinemann L, Fleming G.A., Petrie J.R.; Diabetes Care 2015

https://www.diabetes.co.uk/insulin/insulin-pumps.html Akses terakhir tanggal 16 September 2019

Download https://bit.ly/2BENnni dan nikmati cara baru mendapatkan layanan kesehatan profesional di rumahmu.