Tangkal Stres dengan Mindfulness

18 Aug 2020 • Tips Kesehatan

Masalah tentunya sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Berbagai masalah yang terjadi dapat menimbulkan beban bagi psikis manusia dan menimbulkan berbagai macam warna emosi.

Ketangguhan psikologis menjadi salah satu faktor yang menentukan bagaimana seseorang merespons terhadap tekanan dan seberapa tingkat stres psikologis yang muncul.

Stres muncul ketika seseorang dihadapkan pada tekanan yang berada pada batas kemampuan psikologisnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap stres psikologis dan berbagai dampak buruknya di kehidupan sehari-hari juga berimbas pada semakin meningkatnya angka penelitian terkait pencegahan dan penanganan stres.

Salah satu hal yang paling banyak di teliti akhir-akhir ini terkait dengan penanganan stres psikologis adalah mindfulness-based stress reduction (MBSR).

Mindfulness merupakan sebuah proses atau keadaan mental yang melibatkan penggunaan perhatian secara sadar dan dengan tujuan tertentu terhadap momen saat ini tanpa melibatkan penilaian apapun terhadap situasi saat itu.

Definisinya yang kompleks seringkali mengintimidasi pemula yang tertarik terhadap mindfulness. Namun sesungguhnya, secara praktis mindfulness melibatkan kesadaran dan penerimaan terhadap pikiran dan perasaan tanpa bereaksi atau bersifat judgemental.

MBSR merupakan semua kegiatan melibatkan mindfulness yang bertujuan untuk mengurangi tingkat stres, dan istilah ini sering digunakan sebagai program tatalaksana oleh psikolog dan psikiater untuk mengurangi stres secara sistematis.

Berbagai hal yang bisa dilakukan terkait mindfulness. Salah satu bentuk penerapan mindfulness yang paling banyak digunakan dan paling mudah diterapkan adalah melalui meditasi mindfulness.

Meditasi mindfulness merupakan salah satu variasi dari meditasi, dimana partisipan dilatih untuk mengobservasi pikiran dan perasaan serta pengalaman yang dirasakannya pada saat itu juga.

Pada meditasi mindfulness, beberapa teknik yang sering diajarkan adalah mengibaratkan pikiran dan perasaan yang dirasakan setiap detik sebagai awan yang terus berlalu yang hanya dapat diamati saja.

Teknik ini bertujuan menjaga fokus untuk mengamati fluktuasi pikiran dan perasaannya pada setiap detiknya tanpa melibatkan penilaian apapun atau bahkan terlibat dengan pikiran dan perasaan tersebut.

Berbagai penelitian telah menemukan ragam dampak positif yang dapat ditimbulkan dari mindfulness. Penerapan mindfulness secara teratur dan berkala dapat membantu mengurangi munculnya pikiran yang mendistraksi, sehingga meningkatkan kemampuan untuk fokus.

Selain itu, mindfulness juga ditemukan dapat membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengatur emosi yang dirasakannya.

Manfaat lain yang dirasakan meliputi peningkatan rasa sehat secara keseluruhan, meningkatnya kemampuan untuk beradaptasi terhadap tekanan dari lingkungan pekerjaan, dan mengurangi risiko penyakit jiwa secara keseluruhan.

REFERENSI

  1. Fredrickson BL, Boulton AJ, Firestine AM, Van Cappellen P, Algoe SB, Brantley MM, et al. Positive Emotion Correlates of Meditation Practice: a Comparison of Mindfulness Meditation and Loving-Kindness Meditation. Mindfulness. 2017 Dec 1;8(6):1623–33.
  2. Tang Y-Y, Tang R, Posner MI. Mindfulness meditation improves emotion regulation and reduces drug abuse. Drug Alcohol Depend. 2016 Jun 1;163:S13–8.
  3. Keng S-L, Looi PS, Tan ELY, Yim O-S, Lai PS, Chew SH, et al. Effects of Mindfulness-Based Stress Reduction on Psychological Symptoms and Telomere Length: A Randomized Active-Controlled Trial. Behav Ther. 2020 Jan;S0005789420300137.