Bantuan

Sering Dikaitkan dengan Kemarahan, Apa Efek Psikologis Warna Merah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

efek psikologis warna merah

Apa sebenarnya efek psikologis warna merah pada seseorang? Psikologi warna itu sendiri merupakan teori yang mana digunakan, guna menjelaskan pengaruh warna tersebut pada emosi, perasaaan, suasana hati, dan juga perilaku manusia. Umumnya, persepsi manusia pada warna itu berbeda-beda tetapi terdapat jenis-jenis warna yang mempunyai arti sama atau universal untuk kebanyakan orang. Di Indonesia warna merah sering kali menjadi sebuah lambang keberanian, sedangkan di Cina warna merah menjadi simbol keberuntungan. Ini membuktikan bahwa warna merah mempunyai interpretasi yang berbeda di setiap negara. 

Warna merah umumnya dikenal sebagai warna hangat dan membangkitkan emosi. Warna merah juga dapat memberikan perasaan hangat, nyaman, serta perasaan marah dan juga kebencian. Tak hanya itu, warna merah juga biasanya memberikan gambaran kekuatan, kemarahan, gairah, dan cinta. Warna cerah dari merah juga memberi gambaran akan semangat, dan sering kali dianggap sebagai warna yang kuat, sama seperti hitam. 

Sama hal nya dengan telinga yang memberi keseimbangan pada tubuh manusia, mata juga menjalankan dua fungsi yang berbeda. Dimana sel sensitif cahaya pada mata, yang mana dikenal sebagai kerucut di retina. Pada bagian belakang, untuk mengirim sinyal ke area otak. Ini dikenal sebagai korteks atau tempat dibentuknya gambar visual yang anda lihat. Beberapa sel ganglion pada retina bertugas untuk merespons cahaya, yakni dengan mengirim sinyal ke hipotalamus atau pusat otak. Perlu anda ketahui bahwa kondisi ini, tidaklah berperan pada pembentukan gambar visual. 

Pengaruh dari warna terhadap psikologis pada setiap orang tentu akan berbeda. Sama halnya dengan efek psikologis warna merah, akan berbeda kesannya pada masing-masing orang. Efek psikologis warna merah atau pun warna lainnya bisa dipengaruhi banyak faktor misalnya seperti, jenis kelamin, selera, usia, pengalaman, sampai budaya setiap orang. Pakaian yang digunakan dan pewarnaan rumah juga

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Very well mind, color psychology

Very well mins, the color psychology of red

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang