Ketahui Seluk Beluk Keselamatan Kerja dan Tujuannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Ketahui Seluk Beluk Keselamatan Kerja dan Tujuannya

Keselamatan kerja menjadi suatu hal yang kerap disuarakan oleh berbagai pihak dalam setiap kesempatan. Hal ini didorong oleh masih tingginya tingkat kecelakaan saat kerja itu sendiri di Indonesia. Menanggapi hal ini, pemerintah Indonesia bahkan telah mengatur tentang Keselamatan Kerja ini dalam UU No 1 Tahun 1970. 

Ternyata, penegasan mengenai pentingnya keselamatan kerja ini bukanlah tanpa alasan. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang menjadikan keselamatan kerja itu suatu hal yang penting. Nah, untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai keselamatan kerja dan tujuannya, berikut ini akan dijelaskan secara lebih lanjut. 


Pengertian Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja jika dibedah berasal dari dua kata, yakni keselamatan yang berarti terhindar atau terbebas dari kecelakaan, sedangkan kerja berarti suatu upaya yang dilakukan demi mendapatkan hasil. Dengan demikian, arti dari keselamatan kerja adalah suatu hal yang dapat menjamin terbebasnya para pekerja dari kecelakaan ketika tengah menjalankan profesi atau pekerjaannya. 

Timbulnya konsep keselamatan kerja ini sejatinya bermula dari adanya ancaman-ancaman yang mungkin timbul ketika seseorang berada di daerah kerjanya. Ancaman-ancaman ini adalah suatu hal yang berpotensi dalam menimbulkan kecacatan atau gangguan, bahkan menyebabkan kematian dalam prosesnya, baik karena alat yang rusak, atau hal lainnya.


Pentingnya Keselamatan Kerja

Pentingnya penerapan keselamatan kerja dapat dilihat dari 3 faktor pendorongnya. Berikut ini 3 faktor pendorong yang menjadikan keselamatan kerja menjadi  penting untuk diterapkan. 

  1. Kemanusian

Penerapan keselamatan kerja menjadi penting karena alasan kemanusiaan. Dalam hal ini, perusahaan akan melakukan berbagai cara agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta menjadi keselamatan setiap karyawan. Dengan begitu, dapat mengurangi terjadinya risiko luka atau sakit yang timbul pada saat melakukan pekerjaan. 

  1. Mematuhi peraturan

Alasan selanjutnya penerapan keselamatan kerja menjadi penting yaitu karena peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah telah menetapkan hukum yang mencakup pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja dalam setiap kegiatan usaha. Tentu saja perusahaan yang tidak mematuhi peraturan akan mendapatkan sanksi. 

  1. Ekonomi 

Alasan terakhir penerapan keselamatan penting yaitu faktor ekonomi. Pada saat terjadinya kecelakaan kerja,  maka perusahaan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penerapan keselamatan kerja secara tidak langsung dapat menghindari pengeluaran yang besar. 


Tujuan Keselamatan Kerja

Selain karena alasan-alasan yang telah dijabarkan sebelumnya, penerapan keselamatan kerja oleh perusahan memiliki beberapa tujuan. Berikut ini beberapa tujuan yang diharapkan dari penerapan keselamatan kerja. 

  • Menjamin setiap pekerja atau karyawan dalam hal keselamatan dan kesehatan baik secara fisik, psikologis dan sosial. 

  • Meningkatkan keserasian kerja, partisipasi kerja, dan kegairahan. 

  • Menghindarkan dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan kerja. 

  • Setiap karyawan mendapatkan perasaan aman dan terlindungi selama bekerja. 

  • Membuat setiap perlengkapan dan peralatan kerja dapat digunakan dengan seefektif mungkin. 

  • Membuat adanya jaminan atas peningkatan gizi setiap karyawan. 


Tips Menjaga Keselamatan Kerja

Setelah mengetahui seluk beluk mengenai keselamatan kerja beserta tujuannya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjamin keselamatan saat bekerja. Meskipun setiap perusahaan telah memiliki standar dan aturannya masing-masing berkaitan dengan prosedur keselamatan kerja ini, namun tentu tidak ada salahnya untuk mengambil tindakan pencegahan dari diri sendiri, bukan? Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips menjaga keselamatan kerja yang perlu diketahui. 

  • Berdoa sebelum bekerja

  • Menaati setiap aturan di tempat kerja

  • Memegang prinsip keselamatan yang utama (safety first)

  • Selalu memastikan keamanan alat kerja sebelum digunakan

  • Terus mengingat sesama setiap ada bahaya atau potensi bahaya

  • Tetap fokus dan konsentrasi ketika bekerja

Demikianlah penjelasan mengenai keselamatan kerja yang perlu Anda ketahui. Selain menjaga keselamatan kerja, Anda juga diharuskan untuk menjaga kesehatan kerja. Dalam hal ini, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) telah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Demi menjaga kesehatan kerja ini, pastikan Anda terus menjaga kebugaran tubuh, memastikan kebersihan tempat kerja dan diri sendiri, serta tidak lupa pula untuk mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi harian. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Universitas Pasir Pengaraian. Tujuan Keselamatan dan Kesehatan

Bastion Safety Solutions. Top 10 Reasons Why Workplace Safety is Important?. 

United States Department of Labor. A Safe Workplace is Sound Business.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi