Bantuan

Mengganggu Penampilan, Begini Cara Menghilangkan Retak di Kaki

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Jan 2022

Bagikan

Mengganggu Penampilan, Begini Cara Menghilangkan Retak di Kaki

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan retak di kaki? Retak di kaki atau  kaki pecah-pecah seringkali mengurangi  kepercayaan diri karena kaki menjadi  kurang enak dilihat. Kondisi ini disebabkan karena sel-sel kulit menumpuk pada tumit dan menebal serta mengeras. Ketika Anda berjalan, maka akan menghasilkan tekanan pada sel-sel  kulit mati yang mengeras kemudian pecah atau retak. 

Pada dasarnya, kondisi ini tidaklah berbahaya. Namun, pada beberapa kasus retakan ini bisa terjadi lebih dalam dan berdarah serta menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui cara menghilangkan retak di kaki. 

Baca Juga: Beberapa Kondisi Kesehatan Ini Berhubungan Dengan Titik Refleksi Kaki

Cara Menghilangkan Retak di Kaki

Lantas bagaimanakah cara menghilangkan retak di kaki ini? Tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

  1. Menggunakan pelembap

Cara yang bisa Anda lakukan pertama untuk menghilangkan retak di kaki yaitu menggunakan pelembap. Pasalnya, kulit kering menjadi salah satu penyebab retakan di kaki muncul. Jadi, dengan melembapkan kaki maka retakkan di kaki ini dapat dicegah dan diatasi. Namun, untuk pelembap yang akan digunakan sebaiknya gunakan pelembap yang kental, lengket, dan berminyak. Tidak hanya itu, gunakan juga pelembap yang memiliki kandungan gel lidah buaya, shea butter dan petroleum jelly

  1. Menggosokkan tumit dengan batu apung

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan retak di kaki yaitu dengan menggosokkan tumit dengan batu apung. Menggosokkan batu apung ini bertujuan untuk merontokkan sel-sel kulit mati dan juga mengurangi kulit yang mengeras. Untuk kulit yang keras dan menebal jangan pernah gunakan silet dan gunting untuk menghilangkannya. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan pelembap pada kaki sebelum menggosokkan batu apung ini. 

  1. Menggunakan alas kaki yang tepat

Menggunakan alas kaki yang tepat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan retak di kaki. Hindari menggunakan alas kaki seperti sepatu  yang tidak pas baik kekecilan ataupun  kebesaran. Selain Itu, pastikan juga bantalan sepatu mampu melindungi tumit dengan baik. Selain itu, jika Anda berjalan dengan waktu yang lama, sebaiknya jangan gunakan sandal karena dapat membuat kulit kaki menjadi kering dan kotor.

  1. Menggunakan lulur oatmeal

Tahukah Anda, ternyata oatmeal yang sering dijadikan makanan alternatif bisa digunakan untuk menghilangkan retak di kaki. Pasalnya, oatmeal mengandung hidrokoloid yang bisa menahan kelembapan pada kaki. Tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki lemak yang merangsang aktivitas emolien untuk meredakan gatal dan kering pada kulit. Cara menggunakannya pun mudah yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan oatmeal dengan minyak zaitun atau minyak almon. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke tumit yang retak dan diamkan selama 30 menit. 

Baca Juga: 4 Zona Titik Refleksi Kaki Kiri Dan Kanan, Serta Manfaatnya Yang Berbeda

  1. Memijat kaki dengan minyak

Anda juga bisa memijat kaki menggunakan minyak untuk menghilangkan retak di kaki. Pasalnya minyak lebih cepat menyerap ke dalam kulit dibanding lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk minyak yang Anda gunakan, bisa menggunakan minyak apapun mulai dari minyak zaitun, minyak almon hingga minyak kelapa. Oleskan minyak ke kaki sambil memijatnya agar lebih cepat penyembuhan pada kulit kaki. 

  1. Mengoleskan senyawa keratolitik

Cara menghilangkan retak kaki pada yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengoleskan senyawa keratolitik. Senyawa keratolitik itu sendiri merupakan zat yang dapat menipiskan kulit yang menebal. Cara kerjanya yaitu dengan membuat lapisan kulit terluar mengendur dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

  1. Menggunakan kaos kaki berbahan katun

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan kaos kaki berbahan katun. Pasalnya, kaos kaki berbahan katun dapat menjaga kelembapan kulit dan melindungi tumit sehingga tumit retak pun akan teratasi. Anda juga bisa menggunakan kaus kaki ini untuk membungkus kaki dengan pelembap semalam.

Nah, itulah dia beberapa cara menghilangkan retak kaki yang bisa Anda lakukan. Selain melakukan beberapa cara menghilangkan retak kaki di atas, Anda juga perlu menghindari beberapa penyebabnya seperti berjalan tanpa alas kaki, berdiri dalam waktu yang lama, sering berendam di air panas dan masih banyak lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Nichols, Hannah. 2020. Six fixes for cracked heels. https://www.medicalnewstoday.com/articles/316572#home-remedies
  2. McDermott, Annette. 2019. How to Fix Cracked Heels at Home. https://www.healthline.com/health/cracked-heel-heal#_noHeaderPrefixedContent
Bagikan artikel ini