Bantuan
Free Tele x

Kenali Macam-macam Lesung Pipi Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

lesung pipi

Sudahkah Anda mengetahui macam-macam lesung pipi? Walaupun sepintas terlihat serupa pada orang-orang yang memilikinya, ternyata ada berbagai tipe yang memberi perbedaan. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka tulisan ini adalah pilihan yang tepat untuk disimak hingga tuntas.

Lesung pipi dapat dikatakan sebagai salah satu ciri khas yang memberikan penekanan atau karakteristik tertentu pada seseorang. Bahkan tidak jarang jika lesung pipi dijadikan sebagai tanda pengenal ketika mengidentifikasi orang tertentu. Oleh karena itu, perluaslah wawasan Anda mengenai lesung pipi melalui ulasan singkat berikut ini.

Pengertian

Apakah lesung pipi dimiliki oleh semua orang? Jawabannya adalah tidak. Walaupun tulisan ini mengulas perihal macam-macam lesung pipi, Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa tidak semua orang memilikinya. Jika pun tidak memilikinya, maka itu bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan.

Pada dasarnya, lesung pipi adalah lekukan kecil yang muncul pada kulit di sekitar mulut. Jumlahnya pun tidak selalu 2, ada pula banyak orang yang hanya memiliki satu lesung pipi saja. Adapun lesung pipi akan tampak jika mulut dalam kondisi tertarik (biasanya pada saat tersenyum).

Lantas mengapa lesung pipi tidak dimiliki oleh semua orang? Penyebabnya adalah perbedaan yang terdapat pada otot dan kulit wajah. Ada perbedaan mendasar pada cara kerja otot antara orang yang memiliki lesung pipi dengan orang yang tidak memilikinya. 

Di bawah kulit wajah, ada otot yang bernama zygomaticus mayor. Otot inilah yang berperan dalam membentuk ekspresi wajah, khususnya membantu mengangkat sudut mulut saat Anda tersenyum. Oleh karena itu, macam-macam lesung pipi terbentuk berkat zygomaticus mayor yang membelah menjadi 2 kumpulan otot terpisah dalam perjalanannya ke mulut.

Satu bundel terhubung di sudut mulut. Sedangkan bundel lainnya terhubung di bawah sudut mulut dan juga ditambatkan ke kulit di atasnya. Proses inilah yang kemudian memicu gerakan kulit di atas zygomaticus mayor dan menyebabkan lesung pipi terbentuk.

Sedangkan pada orang tanpa lesung pipi, zygomaticus mayor biasanya dimulai pada tulang di pipi (zygomatic) yang kemudian mengalir ke bawah dan terhubung ke sudut mulut. Karena tidak terbelah menjadi 2, maka gerakan kulit di atas zygomaticus mayor terlihat biasa saja tanpa ada lesung pipi yang terbentuk.

Macam-macam Lesung Pipi

Di dunia ini, ada macam-macam lesung pipi yang bisa muncul pada wajah manusia. Adapun lesung pipi cenderung terlihat lebih menonjol saat orang tersenyum. Umumnya, lesung pipi muncul berkat faktor genetik atau keturunan. Namun kini Anda juga bisa memilikinya melalui metode bedah plastik.

Berdasarkan jumlahnya, ada yang hanya memiliki satu saja, ada yang memiliki 2 lesung simetris, bahkan ada juga yang memilikinya hingga 3 atau lebih. Jika hanya ada satu, maka disebut sebagai lesung pipi unilateral. Sedangkan jika berjumlah 2 (masing-masing satu di setiap pipi) maka disebut sebagai lesung pipi bilateral. 

Ada juga tiga jenis lesung pipit yang bisa terbentuk di sekitar mulut, yaitu para-angle bawah, para-angle, dan para-angle atas. Para-angle bawah adalah lesung pipit yang terbentuk di bawah mulut dan bibir. Sedangkan para-angle atas terbentuk di atas mulut dan bibir Anda. Adapun tipe para-angle terbentuk di sekitar sudut mulut.

Selain jumlah, masih ada poin kesimetrisan yang perlu Anda pahami. Kebanyakan orang akan mengembangkan satu lesung pipi yang sedikit di tengah atau 2 lesung pipi yang simetris sempurna. Dengan demikian, faktor kesimetrisan juga menjadi salah satu hal yang membedakan lesung pipi pada tiap orang. 

Jika Anda memutuskan ingin memiliki lesung pipi buatan, maka sangat disarankan agar Anda melakukan riset terlebih dahulu. Berkonsultasilah dengan ahli yang terpercaya agar memperoleh hasil maksimal dan Anda dapat mengembangkan senyum menawan kapan pun diinginkan.

Demikianlah macam-macam lesung pipi pada manusia yang dapat Anda pahami. Setelah membaca tulisan ini, Anda dapat langsung menerka atau bahkan menentukan tipe lesung pipi mana yang Anda miliki. Bahkan Anda pun bisa menjadikannya sebagai bahan obrolan yang hangat bersama keluarga dan kawan-kawan terdekat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Riley, C. (2021). The Wonders of Cheek Dimples: Questions You’ve Had, Answered. https://www.usarx.com/blog/dimples#:%7E:text=There%20are%20also%20three%20types,the%20angle%20of%20the%20mouth. 

Seladi-Schulman, J.. (2019). Why Do Some People Have Cheek Dimples? https://www.healthline.com/health/cheek-dimples#takeaway 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami