Ampuh dan Efektif, Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Benar

Apakah Anda sedang mencari cara mengecilkan pori-pori wajah? Jika iya, berarti saat ini Anda berada di artikel yang tepat. Pasalnya, di dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah yang benar. 

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Masalah pori-pori wajah yang besar, mungkin banyak menjadi permasalahan terutama kaum wanita. Kondisi ini akan membuat menampilkan menjadi terganggu sehingga tidak percaya diri. Lalu bagaimana cara untuk mengecilkan pori-pori yang tersumbat? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

  1. Gunakan Sunscreen

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang benar pertama yaitu dengan menggunakan sunscreen. Hal ini karena, paparan sinar matahari memiliki radiasi ultraviolet yang bisa membuat kulit menjadi kering dan pori-pori menjadi lebih besar. Tidak hanya itu, paparan radiasi ultraviolet ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan kulit, keriput bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena  itu, Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

  1. Gunakan Pelembab

Selain menggunakan sunscreen, Anda juga perlu menggunakan pelembap untuk dapat mengecilkan pori-pori yang membesar. Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki masalah kulit berminyak akan menghindari pelembap karena dapat meningkatkan produksi minyak. Padahal, penggunaan pelembap ini dapat membantu minyak alami bisa masuk lebih dalam lapisan kulit sehingga produksi minyak yang berlebih dapat berkurang dan kulit menjadi lebih  sehat. 

  1. Gunakan Retinol

Pori-pori besar lebih rentan dialami oleh orang yang memiliki masalah kulit berminyak atau berjerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit yang terdapat kandungan retinol. Akan tetapi, mungkin pada beberapa orang kandungan ini dapat menyebabkan iritasi ketika dioleskan ke kulit. Untuk mengatasinya, Ada bisa menggunakan retinol 3 menit setelah mencuci muka.

  1. Pilih Produk Berbahan Dasar Air

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengecilkan pori-pori yaitu dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Salah satu produk yang perlu Anda gunakan yaitu produk perawatan kulit yang berbahan dasar air. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, maka produk perawatan kulit berbahan dasar air ini merupakan pilihan tepat.

Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar minyak karena dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan pori-pori wajah menjadi lebih besar.

Baca Juga: Pengaruh Suhu Air Terhadap Pori-Pori Wajah 

  1. Rutin Cuci Muka

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang benar selanjutnya yaitu dengan rutin membersihkan wajah atau cuci muka. Dengan rutin membersihkan wajah, maka minyak dan sumbatan pada pori-pori yang menyebabkan pori-pori membesar akan hilang.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk rutin membersihkan muka sebanyak 2 kali dalam sehari terutama ketika hendak tidur atau habis dari beraktivitas di luar ruangan. Perlu diingat juga, ketika mencuci muka jangan gosok wajah terlalu keras karena dapat menyebabkan timbulnya iritasi. 

  1. Rutin Eksfoliasi Wajah

Salah satu kunci dalam perawatan berbagai masalah pada kulit yaitu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati. Dengan pengurangan sel kulit mati ini, maka sumbatan pada pori-pori akan menghilang sehingga ukuran pori-pori pun  tidak akan  membesar. Apabila Anda menginginkan hasil yang maksimal, maka gunakanlah produk eksfoliasi yang cocok dengan kulit. Dan perlu diingat, cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari, cukup 2 hingga 3 kali saja dalam satu minggu. 

  1. Hapus Make-Up Sebelum Tidur

Cara yang mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan menghapus make-up sebelum tidur. Apabila Anda tidur dengan kondisi make-up belum terhapus, maka pori-pori akan tersumbat dengan kotoran, minyak hingga bakteri sehingga pori-pori akan  membesar. Oleh karena itu, membersihkan make-up sebelum tidur merupakan salah satu cara yang wajib untuk diterapkan.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai cara mengecilkan pori-pori dengan benar yang bisa Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasilnya, dibutuhkan kesabaran dan konsisten untuk melakukan berbagai cara yang telah dijelaskan. Apabila berbagai cara yang dilakukan tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah

 

Sumber:

1. Burgess, Lana. 2020. What are the best ways to get rid of large pores?

2. Cherney, Kristeen. 2020. Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi